Yahoo Ganti Nama Menjadi Altaba, Ada Apa Gerangan?

Yahoo dijual – Ada yang tak kenal dengan Yahoo? Siapapun kenal dengan perbisnisan ini. Hingga sekarang, kita juga lebih prefer ke Yahoo untuk layanan email. Karena pendaftarannya relatif lebih mudah dibanding Google. Nah berita tekno kali ini merupakan tentang pengmenggantian nama Yahoo menjadi Altaba.

Kembali ke pertengahan tahun lalu, tepatnya pada bulan Juli 2019, operator selular Verizon akhirnya menyetujui untuk mengakuisisi perbisnisan raksasa digital Yahoo lewat sebuah kesepakatan. Kabarnya akhuisisi ini mencapai nominal sekitar 5 miliar US dollar.

Bagi yang sudah malang melintang di dunia digital cukup sudah tak asing lagi dengan nama besar Verizon. Namun yang belum, maka kita akan coba bahas sedikit saja.

Verizon merupakan sebuah perbisnisan telekomunikasi ( penyedia layanan telepon, broadband internet, televisi digital ), IT Global Provider, Entertainment Services, dan Global Security Solutions Provider. Tercatat pada September 2014, mereka merupakan salah satu dari yang terbesar di Amerika Serikat. Perbisnisan ini berbasis di Avenue of the Americas, Midtown Manhattan, New York.

 kita juga lebih prefer ke Yahoo untuk layanan email Yahoo Ganti Nama Menjadi Altaba, Ada Apa Gerangan?

Verizon sendiri awalnya berdiri dengan nama Bell Atlantic, sebuah anak perbisnisan dari Bell Operating Company. Bell Company sendiri terdapat 7 anak perbisnisan yakni :
  • Ameritech
  • Bell Atlantic
  • BellSouth
  • NYNEX
  • Pacific Telesis
  • Southwestern Bell
  • dan US West

Nah Yahoo sendiri merupakan sebuah perbisnisan Internet multinasional yang didirikan pada 2 Maret 1995 dan berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Perbisnisan ini terkenal sebab portal webnya, serta mesin pencari, Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, Yahoo!

Dari perjanjian jual beli tersebut, 15% saham milik Alibaba dan 35,5% saham merupakan milik Yahoo Jepang akan jatuh ke tangan Verizon.

Kabar yang beredar, kesepakatan ini juga menyisakan saham Yahoo yang tak dijual akan bermengganti nama menjadi Altaba. Hal tersebut terungkap dalam pengajuan penawaran yang diserahkan Yahoo ke Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (disingkat SEC).

Perbisnisan ini harus rela bermengganti nama sebab telah kehilangan aset utamanya. Disisi lain, branding Yahoo yang sudah begitu kuat akan tetap dipertahankan, namun sebagai bagian dari Verizon.

Dengan demikian, pemilik baru perbisnisan ini sepertinya tetap ingin mempertahankan brand Yahoo yang sudah terlanjur akrab dan populer untukdi masyarakat global.

Baca juga Pendiri Google Siapkan Mobil Terbang

Selain mengmengganti nama, dewan direksi Yahoo; Tor Braham, Eric Brandt, Catherine Friedman, Thomas McInerney dan Jeffrey Smith, saat ini diusulkan menempati kursi direktur di Altaba. Sementara itu Marissa Mayer selaku SEO Yahoo, dikabarkan akan mundur dari perbisnisan.

Bagaimana menurut teman-teman tentang Altaba hasil dari pengmenggantian nama Yahoo? Setuju atau masa bodohkah? Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih sudah berkungjung dan sampai ketemu di posting selanjutnya!
Comments