Tutorial Setting dan Menggunakan VPN di Android Tanpa Root

Cara Konek VPN di HP Android – Bagi teman-teman yang akrab dengan dunia digital cukup sudah paham tentang apa itu VPN, sekaligus cara setting VPN gratis di smartphone Android keadminngan sobat semua. Tapi bagi yang belum tahu, maka kita akan berikan tutorial Android sekompleks yang kami dapat.

VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network, sebuah teknologi jaringan pribadi yang menggunakan media umum seperti internet. Hubungan ini dibangun denfan tunnel atau terowongan virtual.

Pengguna VPN akan seolah-olah lagi mengakses jaringan lokalnya, padahal menggunakan jaringan public. Disebut virtual sebab memang tak ada bentuk fisiknya, dan lalu lintas data dihandle oleh sebuah VPN server.

teman yang akrab dengan dunia digital cukup sudah paham tentang apa itu VPN Tutorial Setting dan Menggunakan VPN di Android Tanpa Root

IP yang client tergantung dari server IP. Misalkan kita browsing dari Indonesia, kemudian menggunakan VPN server US, maka seolah-olah kita browsing di US.

Ada bermacam macam protokol jaringan yang akan membantu kerja VPN untuk memproses otentikasi. Protokol tersebut diantaranya seperti :
  1. IP security (IPSec)
  2. Secure Sockets Layer (SSL) dan Transport Layer Security (TLS)
  3. Point-To-Point Tunneling Protocol (PPTP)
  4. Layer 2 Tunneling Protocol (L2TP)

Untuk penterangannya, teman-teman dapat Googling sendiri. Baik kita lanjut ke poin selanjutnya.

VPN Untuk Internet Gratis

Apakah VPN dapat untuk internet gratisan no kuota? Jawabannya dapat, selama celah atau bug operator tersebut belum diperbaiki.

Operator seluler biasanya menggunakan port tertentu untuk billing dan perhitungan data yang terkapai oleh user. Nah celah inilah yang dimanfaatkan.

Baca juga :

Singkatnya dengan menggunakan akses port tertentu ke VPN server. Jika kita tak melewati port untuk perhitungan billing maka charge dan count data tak dihitung.

VPN juga dapat digunakan untuk mengunjungi website yang diblokir pemerintah dan internet positif.

Cara Setting VPN di Android

Sampailah kita dipoint utama posting ini. Sebagaimana yang kita katakan diatas, kita akan setting VPN Android tanpa root, lewat pengaturan bawaan saja. Jadi tak perlu install aplikasi VPN yang kaya bertebaran di Google Play.

Dengan demikian, tentunya dapat lebih hemat memori smarpthone keadminngan kita. Cara ini cukup mudah kok! Nah berikut langkah-langkah menggunakan VPN di HP Andrioid :

Step 1 – Buka menu Setting pada HP teman-teman

Step 2 – Pada kategori Wireless & Network akan ada sedikit pilihan kan? Pilih More

Step 3 – Disana akan ada Airplane mode, Default SMS app, Terthering, VPN, Cellular Network, dan lain-lain menyesuaikan dengan ponsel yang teman-teman gunakan. Pilih menu VPN untuk masuk langkah selanjutnya.

Step 4 – Jika sobat semua belum pernah mengaturnya, maka hanya akan menjumpai halaman kosong di tahap ini. Pilih 3 titik yang ada di pojok kanan atas.

teman yang akrab dengan dunia digital cukup sudah paham tentang apa itu VPN Tutorial Setting dan Menggunakan VPN di Android Tanpa Root

Setelah itu pilih Add VPN Profile untuk menambahkan pengaturan VPN ke Android.

Step 5 – Selanjutnya isi form yang ada dengan data seperti dibawah ini :
  • Name : VPNGratis
  • Type : PPTP
  • Server Address : us1.vpnbook.com

VPN Server Address List

Diatas kita menggunakan server Amerika, namun juga dapat dimengganti dengan lokasi lainnya. Berikut daftarnya :
  • euro217.vpnbook.com ( Europe )
  • euro214.vpnbook.com ( Europe )
  • us1.vpnbook.com ( US ) *
  • us2.vpnbook.com ( US ) *
  • ca1.vpnbook.com ( Canada ) *
  • de233.vpnbook.com ( Gemarny ) *

Tanda bintang ( * ) diatas sengaja kita berikan berdasarkan keterangan pada website resmi yang mana ini menandakan server yang direkomendasikan oleh pihak penyedia layanan.

teman yang akrab dengan dunia digital cukup sudah paham tentang apa itu VPN Tutorial Setting dan Menggunakan VPN di Android Tanpa Root

Pengaturan ini dapat teman-teman sesuaikan dengan VPN service yang digunakan. Kebetulan disini kita menggunakan vpn service free yang disediakan oleh vpnbook

Optional

Jika dibutuhkan kita juga dapat mengisi DNS search domains, DNS Servers, Fowarding routes dengan memberikan ceklis pada Show Advance Options yang letaknya tepat dibawah PPP Encryption (MPPE).

Step 6 – Tap tombol Save untuk menyimpan konfigurasi apabila sudah terisi.

Cara Mengkoneksikan VPN di Android

Sampai disini kita sudah selesai untuk urusan pengaturan. Sekarang waktunya untuk mengetes hasilnya. Langsung saja ikuti langkah berikut :

Step 1 – Masuk ke VPN seperti pada langkah nomor 4 sebelumnya diatas. Nanti akan tampil profil yang sebelumnya kita buat.

Step 2 – Tap pada profil tersebut lalu masukan username dan password VPN pada form yang tersedia. Perhatikan screenshot dibawah ini :

teman yang akrab dengan dunia digital cukup sudah paham tentang apa itu VPN Tutorial Setting dan Menggunakan VPN di Android Tanpa Root

Untuk mendapat free vpn account dalam hal ini untuk username dan password. Tenang saja, tak perlu registrasi kok. Silahkan sobat semua kunjungi http://www.vpnbook.com/freevpn.

Scroll ke bawah, pada bagian Free OpenVPN and PPTP VPN, lalu pilih tab PPTP nanti akan ada keteragannya disana :

teman yang akrab dengan dunia digital cukup sudah paham tentang apa itu VPN Tutorial Setting dan Menggunakan VPN di Android Tanpa Root

Silahkan lihat pada gambar screenshot diatas saja apabila bingung.

Step 3 – Tunggu sampai terhubung ke server. Jika sudah terhubung maka akan ada tulisan Connected disertai dengan icon kunci pada statusbar Android.

Selesai! Smartphone Android kita sudah teknokeksi dengan VPN dan siap digunakan untuk browsing dan berselancar di dunia maya.

Bagaimana Cara Disconnect?

Sebagaimana sebelumnya, untuk memutuskan sambunga juga kurang lebihnya sama saja :

  • Masuk ke Settings
  • Pilih More
  • Masuk ke VPN
  • Tap pada daftar VPN service yang lagi kita gunakan
  • Kemudian pilih Disconnect

Mudah sekali kan cara setting dan konek VPN di Android? Jika artikel ini bermanfaat, bantu kami dengan share artikel ini. Selamat mencoba, semoga berhasil!
Comments