Home / Komputer / Tutorial Menurunkan CPU Usage yang Tinggi

Tutorial Menurunkan CPU Usage yang Tinggi

 CPU Usage merupakan gragik yang menunjukkan prosesor lagi dalam keadaan bekerja Tutorial Menurunkan CPU Usage yang Tinggi

CPU Usage merupakan gragik yang menunjukkan prosesor lagi dalam keadaan bekerja. Ditampilkan dalam persen. Jadi, counter ini merupakan indikator dari kegiatan prosesor pada saat ini. Jika prosesor kita lagi bekerja, biasanya selalu menampilkan kinjerja CPU dari 1 sampai kemudian 100%.

Selain itu CPU Usage juga dapat mempengaruhi kinerja pada komputer. Semakin tinggi CPU Usage maka semakin berat juga kinerja PC kamu. Jangan heran apabila kinerja PC kamu menjadi kerap lag/patah-patah apabila CPU usage kamu lebih dari 50%.

Oke, kembali pada judul yaitu Cara Menurunkan CPU Usage yang tak normal. Sedikit pengalaman dari admin yang cukup sama halnya dengan yang kamu alami saat ini.

Entah mengapa, setelah admin install ulang PC admin dari OS Windows 7 Proffesional menjadi Windows 7 Ultimate, PC admin mengalami kendala dengan CPU Usage admin yang tiba-tiba melonjak sampai kemudian 50-100% bahkan itu ketika admin tak membuka software apapun di PC admin. Saya mencoba bermain game point blank, akan tenamun patah-patah dan tak seperti sebelum admin melakukan install ulang.

Lalu adminpun mencoba untuk memeriksa CPU admin dengan membongkar case sebab barangkali ada masalah dengan kipas CPU, namun tak ada apapun. Akhirnya admin menemukan salah satu trik digoogle yang sangat ampuh untuk menurunkan CPU Usage yang tiba-tiba menjadi sangat besar sampai kemudian 100% dan admin berhasil menurunkannya sampai kemudian normal kembali (1-50%)

Cara Menurunkan CPU Usage yang Tidak Normal

1. Buka task manager dengan cara klik kanan di taskbar lalu klik start task manager > lalu klik proccesses.

Tutorial Menurunkan CPU Usage yang Tinggi 1

2. Klik “show proccesses from all users”

Tutorial Menurunkan CPU Usage yang Tinggi 2

3. Klik kanan pada program yang memakan memori yang sangat besar (disini memori yang memakan kinerja pada CPU admin svchost.exe) lalu klik “go to service (s)”

Tutorial Menurunkan CPU Usage yang Tinggi 3

4. Coba stop service secara satu persatu pada program yang telah ditandai (marked) setelah anda klik “go to service”

Tutorial Menurunkan CPU Usage yang Tinggi 4

Dan alhasil PC akan berjalan dengan lancar kembali. Trik ini cukup berlaku untuk yang mengalami lonjakan pada CPU Usage yang secara tiba-tiba/install ulang. Dan apabila trik ini tak dapat membantu agan, sebaiknya agan bawa PC agan ke rumah sakit komputer terdekat agan.

Baca :  Tutorial Menambahkan Tempat yang Belum Ada ke Google Maps

Inilah hasil Cara Mengatasi CPU Usage diatas Normal pada PC admin yang sebelumnya CPU kerap mencapai 50-100% (tak pernah turun dari 50%)

Tutorial Menurunkan CPU Usage yang Tinggi 5

Sekian artikel kali ini. Semoga dapat membantu kamu.

About Erzed