Home / Komputer / Tutorial Menghubungkan Laptop ke TV LED/LCD dengan Kabel HDMI

Tutorial Menghubungkan Laptop ke TV LED/LCD dengan Kabel HDMI

Cara Menyambungkan Layar Laptop ke TV LED / LCD – Sebetulnya ada sedikit cara yang dapat kita lakukan untuk menghubungkan layar laptop ke tv led / lcd. Bisa dengan kabel HDMI, kabel vga, bahkan saat ini kita dapat menyambungkan laptop hanya dengan sambungan wireless tanpa kabel. Tentunya tv yang ingin dihubungkan dengan laptop tanpa menggunakan kabel harus masuk ke dalam kategori smart tv. Dan biasanya, harga tv tersebut sangatlah mahal.

Kembali ke pembahasan. Sesuai judulnya, di artikel ini admin ingin berbagi kepada anda semua tentang cara menghubungkan laptop ke tv dengan kabel hdmi. Bagi yang belum tahu, akan admin berikan penterangan singkat apa itu kabel hdmi. Pada dasarnya kebel hdmi merupakan salah satu jenis kabel yang dapat digunakan untuk sambung-menyambung layar. Entah itu layar monitor, layar tv (led/lcd), infokus/proyektor, dan lain-lain.

Kenapa harus kabel HDMI? Sebagaimana yang sudah admin singgung di atas bahwa kitapun dapat menyambungkan laptop ke tv menggunakan kabel vga. Salah satu alasan mengapa admin menggunakan kabel hdmi merupakan sebab pengoperasiannya tak begitu ribet dan bentuk fisik dari si kabel ini sangat simpel, tak jauh berbeda dengan kabel usb. Kurang lebih seperti inilah penampakan dari kabel HDMI.

Tutorial Menghubungkan Laptop ke TV LED/LCD dengan Kabel HDMI 1
Kabel HDMI tersebut admin beli dengan harga 35k di toko komputer dekat rumah. Sobat pun dapat mendapatkannya dengan mudah di toko komputer terdekat atau secara online. Dan saran admin, belilah kabel hdmi dengan harga yang agak mahal, supaya mendapat kualitas kabel yang baik dan original, bukan kw, supaya awet.
Kabel HDMI ini sangat cocok digunakan apabila layar laptop anda mengalami kerusakan seperti terdapat garis-garis, ada noda hitam, dan kerusakan lain yang mengganggu aktivitas di depan layar, sesampai kemudian anda berminat ingin menjadikan TV sebagai monitor laptop anda. 
Saya sendiri menggunakan kabel hdmi ini untuk menonton film-film yang ada di laptop untuk diputar di tv, sebab memang tv admin mempunyai ukuran yang lumayan besar sekitar 24inci dan beresolusi 1920 x 1080p. Sesampai kemudian sangat nyaman dipakai untuk menonton film dengan kualitas full hd. Berikut merupakan contohnya.
Tutorial Menghubungkan Laptop ke TV LED/LCD dengan Kabel HDMI 2

Ohya, merek tv yang admin gunakan dalam tutorial ini merupakan tv polytron. Jika anda menggunakan merek tv lain juga tak masalah, sebab prinsipnya sama. Yang penting ada lubang untuk menyolokan kabel hdmi nya sob hehe 🙂

Baca :  Kelebihan Dan Kekurangan Dari OS Window 10

Bagi anda yang sudah tak sabar ingin melihat langsung langkah-langkah menyambungkan laptop ke layar tv led/ lcd dengan kabel hdmi, berikut merupakan caranya. Check it out!

  1. Langkah pertama tentunya anda harus menyiapkan 1 buah kabel hdmi, 1 laptop, dan 1 tv yang akan dijadikan sebagai layar monitor.
  2. Dalam keadaan laptop dan tv menyala, langsung anda hubungkan kabel hdmi ke masing-masing lubang yang ada di laptop dan juga tv.
    Tutorial Menghubungkan Laptop ke TV LED/LCD dengan Kabel HDMI 3

    Tutorial Menghubungkan Laptop ke TV LED/LCD dengan Kabel HDMI 4
  3. Jika sudah, tekan tombol Source yang ada pada remote tv.
    Tutorial Menghubungkan Laptop ke TV LED/LCD dengan Kabel HDMI 5
  4. Kemudian pilih HDMI 1.
    Tutorial Menghubungkan Laptop ke TV LED/LCD dengan Kabel HDMI 6
  5. Dan secara otomatis layar laptop akan langsung muncul di tv anda.
  6. Selesai. 
Sampai di sini sebetulnya sudah selesai dan anda sudah dapat menjalankan laptop dengan tv sebagai monitornya. Namun masalahnya, resolusi yang digunakan ternyata berdasarkan resolusi pada laptop bukan pada tv. Bagi sebagian orang cukup tak masalah, namun bagi admin sangat masalah sebab dapat mengganggu kenyamanan menonton film di layar yang gede dengan resolusi yang kecil. 
Untuk itu, silahkan baca trik agar resolusi yang digunakan berdasarkan resolusi pada tv anda. Silahkan dibaca. 
  1. Pada layar desktop silahkan klik kanan lalu pilih screen resolution.
    Tutorial Menghubungkan Laptop ke TV LED/LCD dengan Kabel HDMI 7
  2. Pada pilihan Multiple displays, mengganti menjadi Show desktop only on 2. Ini artinya, layar yang akan ditampilkan hanya layar tv.
    Tutorial Menghubungkan Laptop ke TV LED/LCD dengan Kabel HDMI 8
  3. Jangan lupa mengganti resolution nya menjadi 1920 x 1080 agar full hd.
    Tutorial Menghubungkan Laptop ke TV LED/LCD dengan Kabel HDMI 9
  4. Setelah itu layar laptop akan mati, sebab sudah berpindah menjadi layar tv.
  5. Selesai.
Sampai di sini juga sebetulnya sudah selesai. Tapi ada masalah lain yang muncul, yaitu gambar pada tv akan zoom atau terpotong, sesampai kemudian tak full di layar. Untuk mengatasi masalah ini sangat gampang sekali. 

  1. Pertama pergi ke desktop dan klik kanan lalu pilih graphic properties. 
  2. Pilih Advanced Mode. Klik OK.
    Tutorial Menghubungkan Laptop ke TV LED/LCD dengan Kabel HDMI 10
  3. Pada pengaturan scaling ubah nilainya masing-masing 50. Lalu Apply dan OK.
    Tutorial Menghubungkan Laptop ke TV LED/LCD dengan Kabel HDMI 11
  4. Selesai.
Sampai di sini semua masalah sudah berhasil di atasi dan anda dapat menonton film dengan resolusi ala tv led yang full hd, hehehe. 

Demikianlah cara menghubungkan laptop ke tv dengan kabel hdmi yang sangat gampang sekali. Apabila ada pertanyaan, tulis melalui komentar di bawah. Akan admin jawab sebaik cukup. 
Semoga membantu.

About Erzed