Home Aplikasi Tutorial Mengganti Icon Sinyal dan Baterai di Zenfone Tanpa Root

Tutorial Mengganti Icon Sinyal dan Baterai di Zenfone Tanpa Root

by Erzed
Tutorial mengmengganti icon status bar Android no root – Halo kawan-kawan . Kali ini kita akan bagikan sebuah trik sederhanya untuk merubah ikon baterai, sinyal, bluetooth, wifi, dsb yang ada pada status bar Asus Zenfone dan semua Android sobat semua tanpa root.

Ya, serius tanpa root!. Biasanya pengmenggantian ini memerlukan akses root, untuk push icon dan mengmenggantinya manual. Ada juga metode lain seperti menggunakan modul Xposed, Ex-Themer, Van Baterai, dan lain sebagainya dimana sobat semua dapat jumpai di bermacam blog tutorial modding Android.

Namun metode yang kita sebutkan diatas mengharuskan pengguna terdapat akses tertinggi dalam sistem operasi Unix dan UnixLike sepeti GNU/Linux. Yah, semoga tutorial ini dapat jadi solusi untuk sobat semua yang lagi berhasrat mengmengganti ikon status bar Android tanpa rooting terlebih dahulu.

Baik, penasaran bagaimana hasilnya? Baik, coba sobat semua lihat pada sedikit screenshot berikut :

Tutorial mengmengganti icon status bar Android no root  Tutorial Mengmengganti Icon Sinyal dan Baterai di Zenfone Tanpa Root

Tutorial mengmengganti icon status bar Android no root  Tutorial Mengmengganti Icon Sinyal dan Baterai di Zenfone Tanpa Root

Bagaimana? Keren bukan?

Ikon memang kecil, dan terlihat sepele, namun tetap saja, bagi para penggila kostumisasi sistem operasi berlogo robot hijau ini terus mencari jalan bagaimana mempercantik tampilan ponselnya agar betah berlama-lama atau dapat jadi sobat semua sudah bosan dengan tampilan ikon pada Zenfone yang itu-itu saja.

Baca juga :

Ditamba lagi dari awal kemunculan smartphone Asus 4 / 5 / 6, Zenfone 2, bahkan sampai dengan seri Zenfone 3 yang terbaru, ikon status bar terlihat kurang bagus. Ya, ini sih hanya opini kita saja. Mungkin sobat semua terdapat opini lain yang dapat saja berbeda.

Persiapan

Untuk tahap pertama tak ada persiapan khusus. Kalian hanya membutuhkan sebuah smartphone Android, koneksi internet untuk mendonlot bahan, dan pastikan sudah mengaktifkan Unknow Sources supaya dapat install apk di Androi sobat semua.

Caranya mudah sekali, tinggal :
  • Buka menu Settings
  • Masuk ke Security
  • Enable Unknown Sources
Baca :  Asus Umumkan Update Android Oreo untuk Zenfone Series

Sudah? Mari kita lanjutkan ke tahap selanjutnya!

Merubah Icon Sinyal, Wifi, Baterai menjadi Material Design

Setelah semua bahan terkumpul, selanjutnya merupakan pengerjaan atau eksekusi. Oh iya, disini kita akan membut iconnya menjadi material icon khas Google seperti pada perangkat Nexus, Google Pixel, dan semu perangkat dengan ROM bawaan perbisnisan yang berbasis di Mountain View, Amerika Serikat tersebut.

Sebagai tambahan, sedikit waktu lalu kita juga sempat berbagi merubah tampilan Android jadi Google Pixel. Nah jadi posting ini dapat dijadikan untuk mekompleksi tutorial tersebut.

Step 1 – Donlot Status apk terbaru lewat link yang sudah disediakan

Step 2 – Setelah tersimpan sempurna, selanjutnya install file apk tersebut sepeti menginstall apk pada umumnya. Kembali kita ingatkan, pastikan sobat semua sudah enable Unknown Source seperti pada langkah persiapan diatas.

Step 3 – Begitu terinstall, buka aplikasi Status tersebut.

Step 4 – Disini sobat semua perlu mengatur sedikit setting sebelum dapat menggunakannya. Masing-masing merupakan Status Service dan Notification Access.
  1. Status Service digunakan untuk mendeteksi perubahan window / jendela dan memperbarui status bar.
  2. Notification Access diperlukan agar dapat membaca notifikasi yang masuk ke ponsel kita.

Sebagaimana yang sobat semua lihat pada screenshot diatas, disini kita perlu memberi ijin aplikasi Android Status agar dapat diterapkan dengan memilih Grant Access.

Step 5 – Pada langkah pertama, sobat semua akan diarahkan ke pengaturan aksesbilitas. Tingga aktifkan saja Status Service nya.

Tutorial mengmengganti icon status bar Android no root  Tutorial Mengmengganti Icon Sinyal dan Baterai di Zenfone Tanpa Root

Step 6 – Tekan tombol kembali lalu tap tombol Continue untuk melanjutkan ke tahap kedua.

Step 7 – Di tahap kedua tak jauh berbeda, tinggal ikuti saja dengan cara yang kurang lebih sama seperti nomor 6, lakukanlah pada tahap kedua.

Tutorial mengmengganti icon status bar Android no root  Tutorial Mengmengganti Icon Sinyal dan Baterai di Zenfone Tanpa Root

Jika semua sudah tersetel, selanjutnya tap saja pada tombol Finish.

Step 8 – Sekarang aktifkan Status dengan men toggle tombol yang ada di bagian pojok kanan atas.

Taraaaa.. Sekarang status bar smartphone Android sobat semua sudah berubah menjadi ikon bergaya material design khas Google.

Nah untuk selebihnya soal kostumisasi dan setelan lain silahkan disesuaikan sesuaikan saja dengan kebutuhan dan keinginan sobat semua.

Bagaimana tutorial mengubah ikon baterai, sinyal, bluetooth, WiFi, dll di Android tanpa rooting diatas? Praktis sekali bukan?. Jika ada yang ditanyakan silahkan sampaikan lewat komentar dibawah. Jangan lupa share cara ini dan follow akun . Semoga bermanfaat dan berkah!!

You may also like