Home / Android / Tutorial Mengembalikan File yang Telah Terhapus di Android

Tutorial Mengembalikan File yang Telah Terhapus di Android

Apakah anda semua pernah secara tak sengaja menghapus file-file yang penting pada smartphone anda? Pastinya itu hal yang menjengkelkan bukan? Apalagi bila kita tak punya back up file berjenis zip atau yang lainnya. Pasti anda sesobat semua akan melakukan cara apapun untuk mendapatkan file tersebut kembali.

Tutorial Mengembalikan File yang Telah Terhapus di Android 1
images by google image – android authority

Tenamun sulit bagi kita untuk menemukan file yang telah terhapus tersebut pada android. Karena tak seperti pada PC yang terdapat “Recycle Bin”, pada smartphone tak ada aplikasi yang serupa untuk menampung file yang telah terhapus tersebut.

Nah daripada mendownload baru/menciptakan filenya lagi, nih ada caranya agar file-file yang penting yang telah dihapus itu dikembalikan lagi. Maka dari itu cukup tips di bawah ini akan berguna bagi anda sesobat semua:

  1. Pastikan smartphone anda sudah dalam keadaan root.
  2. Lalu install aplikasi “Undelete for root users” (link download dibawah).
  3. Sesudah terinstall buka aplikasinya
  4. Pada menu select storage pilih antaramemori internal atau memori eksternal tempat dimana file yang hilang akan di pulihkan kembali
  5. Kemudian pilih Scan Storage, tunggu sampai kemudian proses scan berjalan sampai kemudian selesai.
  6. Jika proses scan sudah berhasil, kita dapat melihat daftar file yang ada baik yang belum terhapus inginpun yang sudah terhapus, lalu cari file yang ingin anda pulihkan dengan menggunakan kotak pencarian dan mengetikkan nama file tersebut.
  7. Setelah filenya ditemukan, sentuh dan tahan pada nama file tersebut sampai kemudianl muncul pilihan Restore item, dan proses pun selesai.

Perlu diketahui di versi nya yang free ini, aplikasi ini hanya dapat melakukan restore sebatas file fot atau video, namun bila anda berkehendak file – file lain anda dapat mencoba versi yang berbayar di Play Store.

Tag: Mengembalikan data android, mengembalikan foto, mengembalikan video di android, recycle bin android.

About Erzed