Home Android Tutorial Mengatasi ‘Kamera Tidak Ditemukan’ pada Asus Zenfone 5 Tanpa Flashing

Tutorial Mengatasi ‘Kamera Tidak Ditemukan’ pada Asus Zenfone 5 Tanpa Flashing

by Erzed

Cara Mengatasi Kamera Tidak Ditemukan pada Asus Zenfone 5 – Halo Guys, pada hari ini kali ini Nanda akan berbagi cerita dan pengalaman sebagai pengguna HP Android Asus Zenfone 5. Tepatnya pengalaman mengatasi Asus Zenfone 5 seri t00f yang mengalami error “kamera tak ditemukan”.

Cara Mengatasi Kamera Tidak Ditemukan pada Asus Zenfone  Tutorial Mengatasi 'Kamera Tidak Ditemukan' pada Asus Zenfone 5 Tanpa Flashing
solusi kamera asus zenfone 5 tak dapat digunakan

Cara mengatasi kamera Asus t00f kamera tak ditemukan ini dapat agan coba juga di seri Asus Zenfone 5 berapapun, dan juga Asus Zenfone tipe lainnya. Sebagaimana untuk cara memperbaiki kamera asus zenfone go, memperbaiki kamera tak ditemukan pada asus zenfone c; pokoknya silahkan dicoba saja.

Nah kamera asus zenfone 5 bermasalah punya Nanda ini mendapati pesan error kamera tak ditemukan. Selain itu pesan error yang menyuruh pengguna untuk menghidupkan ulang perangkat. Sebagaimana ini “kamera tak dapat diakses. hidupkan ulang perangkat lalu coba lagi”.

Intinya, kamera Asus Zenfone 5 Nanda ini gelap dan tiba-tiba keluar sendiri dengan muncul pesan/kalimat error di atas.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Iklan Virus di Android

Mengatasi ‘Kamera Tidak Ditemukan’ pada Asus Zenfone 5

Kemudian untuk cara memperbaiki kamera asus tak dapat diakses ini awalnya Nanda browsing telebih dahulu Guys. Tapi kekayaan dari artikel yang Nanda baca, untuk solusi kamera tak ditemukan ini memberikan panduan untuk melakukan flashing. Dari komentar temen-temen yang ada pada situs yang artikelnya Nanda baca tersebut ada yang berhasil, dan ada yang tak.
Dan akhirnya admin hhandromax memilih untuk mencari cara lain dahulu. Soalnya kalau melakukan Flashing, data dan file yang ada pada internal HP kecukupan bakalan hilang. Dan sebab admin hhandromax gak ingin ribet backup, jadi admin hhandromax otak-atik HP sampai berhasil mengatasi kamera asus zenfone 5 tak dapat diakses ini tanpa melakukan Flash pada HH.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kabel USB Asus Zenfone 5 Tidak Terbaca di Laptop

Cara Memperbaiki Kamera Asus Zenfone 5 Tidak Dapat Diakses (Tanpa Flashing)

Baiklah, di bawah ini merupakan cara-cara yang admin hhandromax lakukan. Dan ini berdasarkan pengalamanku sebagai pengguna Asus Zenfone 5 t00f yang mengalami kamera bermasalah, sampai berhasil mengatasinya. Jadi intinya, apabila cara di bawah ini tak bekerja/berhasil diterapkan pada HP Asus agan, silahkan cari cara lainnya di Google yang kekayaan menggunakan cara flashing.

1. Copot Pemasangan Kamera Asus Zenfone 5

  1. Pergi ke setelan/pengaturan HP
  2. Scroll ke bawah, pilih opsi Apl
  3. Geser ke kiri sampai ke bagian Terunduh kemudian
  4. Silahkan Hapus data aplikasi kamera terlebih dahulu dan coba buka kameranya. Kalau tak dapat silahkan lakukan Copot pemasangan pada aplikasi Kamera, dan lakukan cara tahap nomor 2 di bawah
    Cara Mengatasi Kamera Tidak Ditemukan pada Asus Zenfone  Tutorial Mengatasi 'Kamera Tidak Ditemukan' pada Asus Zenfone 5 Tanpa Flashing

2. Perbarui Aplikasi ASUS PixelMaster Camera

  1. Pergi ke setalan/pengaturan HP
  2. Scroll ke bawah sampai opsi Pembaruan APP ZenUI kemudian
  3. Scroll ke bawah dan pilih aplikasi “ASUS PixelMaster Camera”
  4. Silahkan di perbarui (UPDATE)
  5. Selanjutnya lakukan cara tahap nomor 3 di bawah
    Cara Mengatasi Kamera Tidak Ditemukan pada Asus Zenfone  Tutorial Mengatasi 'Kamera Tidak Ditemukan' pada Asus Zenfone 5 Tanpa Flashing
Untuk melakukan pembaruan aplikasi ASUS PixelMaster Camera selain menggunakan cara di atas dapat langsung pergi ke Play Store dan masukkan nama aplikasi pada kolom pencarian.

3. Matikan HP Selama Berjam-jam

Tahap terakhir yang admin hhandromax lakukan setelah melakukan kedua cara di atas merupakan dengan memenonaktifkan HP selama berjam-jam. Ingat! Memenonaktifkan HP dan memsupayakannya mati selama berjam-jam. Jadi yang admin hhandromax lakukan bukan mengaktifkan ulang (restart) HP.
Untuk lama waktu memsupayakan HP dalam keadaan mati merupakan ketika hendak tidur malam, dan mengaktifkan/menyalakannya kembali setelah bangun tidur di pagi hari. Bagi yang beragama Islam, silahkan Sholat Subuh dahulu dan berdoa, hehehe. Begitupula orang dengan keyakinan agamanya masing-masing.
Nah begitulah bagaimana diriku mengatasi kamera tak ditemukan pada Asus Zenfone 5. Sekarang kamera yang sebelumnya bermasalah/error sudah dapat digunakan lagi tanpa melakukan cara flashing. Demikian postingan kali ini, semoga memberikan solusi bagi agan yang kamera HP-nya bermasalah/ngeblank.
Baca :  Bagaimana Cara Masuk Mode Recovery Di Android 9 Pie? Ini Caranya

You may also like