Tutorial Mencari Video Bebas Hak Cipta di Youtube

Cara Mencari Video Bebas Hak Cipta di Youtube – Video bebas hak cipta merupakan video yang dapat bebas digunakan kembali untuk bermacam keperluan. Video bebas hak cipta juga dapat anda upload ulang/reupload di Youtube dengan catatan videonya diedit ulang dan mencantumkan sumber dari mana video tersebut berasal.

Banyak Youtuber kaki lima yang menggunakan video bebas hak cipta ini untuk di upload ulang di channel mereka. Biasanya mereka mencari video yang bebas hak cipta dari negara luar Indonesia.

Selain itu, video bebas hak cipta juga kerap digunakan oleh Youtuber yang membahas daftar unik seperti channel Calon Sarjana untuk dijadikan video Footage.

Jika anda penasaran, berikut ini merupakan langkah-langkah untuk mendapatkan video non copyright atau video bebas hak cipta di Youtube.

Cara Mencari Video Bebas Hak Cipta di Youtube

  1. Langkah pertama silahkan anda mengunjungi situs Youtube.
  2. Setelah itu ketik di pencarian video yang anda inginkan. Misalnya admin ingin mencari video aneh, maka admin akan mengetikan kata “video aneh” di pencarian.
  3. Setelah hasil pencariannya muncul, klik tulisan Filter yang terletak di bawah kotak pencarian.
  4. Lalu klik tulisan Creative Common. Ini akan menampilkan video yang dapat digunakan kembali di youtube.
  5. Setelah itu akan muncul kumpulan video yang dapat anda gunakan kembali untuk keperluan Youtube. Untuk memastikan apakah video tersebut benar-benar dapat digunakan kembali, lihat pada keterangan videonya apakah ada tulisan “Lisensi Atribusi Creative Commons (boleh digunakan kembali)“. Jika ada, maka video tersebut dapat diupload ulang di channel youtube anda.
  6. Selesai!
Nah itulah langkah termudah untuk mencari video yang bebas hak cipta di Youtube. Sebagai seorang Youtuber pastinya anda sudah mengetahui kebijakan Youtube yang melarang untuk mengupload ulang video orang lain tanpa izin, apalagi video tersebut memiliki kandungan hak cipta.
Nah, oleh sebab itu anda harus mencari video yang benar-benar terbebas dari hak cipta agar video tersebut dapat diupload ulang di channel anda tanpa melanggar kebijakan dari Youtube Partner Program.
Comments