Tutorial Menambahkan Tempat yang Belum Ada ke Google Maps

Ketika admin membuka aplikasi google maps kaya sekali nama-nama tempat seperti Kedai Kopi, Toko Mainan, Restoran, dan lain-lain. Pertanyaannya merupakan dapatkah kita melakukan hal yang sama yaitu menambahkan tempat atau toko yang kita miliki ke Google Maps ? Tentu dapat.

Berawal dari rasa penasaran admin. Ketika itu admin mencoba menambahkan sebuah tempat, waktu itu hanya iseng aja. Dan ternyata dalam sedikit hari nama tempat yang admin tambahkan barusan sudah muncul dan dapat dilihat oleh umum di google maps.

(Contoh nama tempat yang ada di google maps)

Nah, apabila anda mempunyai sebuah toko atau tempat bisnis lainnya, anda dapat menambahkan tempat tersebut ke google maps. Tujuannya merupakan supaya orang-orang lebih mudah mencari lokasi toko/tempat bisnis yang anda miliki.

Bagaimana caranya ? yuk baca langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Menambahkan Tempat yang Belum Ada ke Google Maps

1. Pertama pastikan anda sudah masuk ke akun google yang anda miliki.
2. Pergi ke https://www.google.com/maps/
3. Selanjutnya silahkan cari tempat atau toko yang ingin anda tambahkan ke google maps. Agar lebih mudah mencarinya, anda dapat langsung mengetikan nama kotanya dipencarian, lalu silahkan cari detail tempatnya.
4. Setelah tempat nya ketemu, klik kanan tempat tersebut dan pilih Tambahkan Tempat.

5. Silahkan anda isi data-datanya seperti Nama Tempat, Alamat (biasanya otomatis terisi), Kategori, No Telepon, Situs web (apabila ada), dan juga anda dapat menambahkan jam buka-tutup toko. Klik Kirim.

6. Selesai.

Langkah selanjutnya merupakan anda tinggal menunggu proses peninjauan yang akan dilakukan. Proses peninjauan ini dilakukan untuk menyurvei apakah tempat yang barusan anda tambahkan benar-benar akurat dan valid.

Jika tahap peninjauan selesai, dan tempat yang anda tambahkan dinyatakan valid, maka secara otomatis tempat/toko yang barusan anda tambahkan akan muncul dalam sedikit hari, minggu, atau bulan.

Comments