Tutorial Memperbaiki Solder yang Kurang Panas

Cara Memperbaiki Solder yang Kurang Panas – Solder yang kurang panas dapat disebabkan oleh sisa-sisa timah yang menempel dan berkerak di ujung solderan. Jika tak segera dibersihkan maka solder yang kita miliki akan menjadi tak panas ketika digunakan.

Penyebab lain solder menjadi tak panas merupakan solder terlalu kerap ditempelkan ke benda-benda berbahan plastik. Biasanya sih untuk melubangi. Nah ternyata hal itu akan menyebabkan sisa lelehan plastik baru saja akan menempel di mata solder, dan apabila disupayakan maka soldernya tak dapat digunakan untuk melelehkan timah.

Jika solder yang anda miliki sudah berkerak dan tak panas ketika digunakan maka sebaiknya anda segera membersihkan ujung soldernya. Lalu bagaimana cara yang tepat untuk membersihkan solder agar dapat digunakan kembali tanpa mengeluarkan biaya ? Berikut merupakan caranya.

Cara Memperbaiki Solder yang Kurang Panas

  1. Langkah pertama pastikan kalau solder yang anda miliki benar-benar bermasalah tak panas.
  2. Persiapkan alat berupa “Sikat Cuci Piring”. Jika anda tak punya maka anda dapat membelinya dengan harga yang tak lebih dari 5 ribu.
  3. Ambil solder yang bermasalah lalu colokan ke stop kontak. 
  4. Dalam keadaan solder yang menyala, tusukan ujung solder yang penuh dengan sisa timah ataupun plastik ke Sikat Cuci Piring baru saja.
  5. Lakukan hal ini berulang-ulang sampai kemudian ujung soldernya bersih mengkilap seperti baru.
  6. Selesai. Dan solderpun dapat digunakan seperti sediakala.
Jika soldernya sudah bersih dan dapat digunakan kembali maka langkah selanjutnya merupakan melakukan pencegahan agar soldernya tak kembali rusak. 
Salah satu pencegahan yang menurut admin paling ampuh merupakan tak sembarangan menempelkan ujung solder ke sembarang benda, apalagi benda berbahan plastik. Selain itu, lakukan pembersihan mata solder menggunakan sikat cuci piring ini secara berkala. Lebih bagus dibersihkan setiap habis dipakai.
Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More