Tutorial Membuat Survey Online Gratis Menggunakan Google Form

Cara Membuat Formulir Online Menggunakan Google Form – Belum lama ini admin diberikan sebuah tautan yang berisi survey online dari sekolah. Survey tersebut dibuat dengan maksud untuk mengetahui jumlah siswa yang lanjut kuliah atau bekerja.

Setelah admin klik tautannya, ternyata survey tersebut dibuat dengan menggunakan google form / google docs. Bagi yang belum tau, google form merupakan sebuah produk dari google yang memberikan kemudahan dalam pembuatan formulir atau survey di internet.

Setelah itu adminpun penasaran ingin mencoba sendiri menciptakan survey/kuesioner online melalui google form. Saya menciptakan survei tentang pengguna game online di Indonesia, terutama game yang dimainkannya.

Bagi yang ingin melihat contoh survey online google form yang telah admin buat, silahkan menuju tautan ini https://goo.gl/forms/Iba6VfnYfWfHlLIc2.

Membuat survey online seperti itu ternyata taklah terlalu sulit sob. Kita cukup menciptakan sedikit form pertanyaan, dan jadi deh.

Selain menciptakan survey online, Google Form juga dapat kita manfaatkan untuk menciptakan sebuah formulir pendaftaran online.

Jika anda kebetulan akan mengadakan sebuah acara seminar atau cukup meet and greet berbayar, cukup tak ada salahnya apabila anda menciptakan formulir pendaftarannya menggunakan google form ini.

Kelebihan Menggunakan Google Form :

Setaknya ada sedikit kelebihan apabila kita memilih menggunakan aplikasi google form, di antaranya merupakan.

  1. Mudah digunakan.
  2. Data-data survei hanya kita yang tau.
  3. Data survei dapat dilihat dengan mudah. 
  4. Gratis.
  5. Banyak yang menggunakan.

Cara Membuat Survey Online Menggunakan google Form : 

Bagi anda yang belum tau bagaimana cara menciptakan formulir online menggunakan google form, berikut ini merupakan langkah-langkah yang dapat anda praktekan.
  1. Langkah pertama pastikan anda telah login ke akun google milik anda.
  2. Setelah itu buka tautan https://docs.google.com/forms.
  3. Selanjutnya pilih template yang anda inginkan. Atau anda dapat menggunakan template standar dengan memilih tulisan Kosong.
  4. Pada tahap ini anda dapat memasukan daftar pertanyaan yang akan anda ajukan di survey yang akan anda buat. Sebelum memasukan daftar pertanyaan, silahkan buat judul dan deskripsinya terlebih dahulu.
  5. Jika judul dan deskripnya sudah diisi, langkah selanjutnya merupakan menciptakan sedikit pertanyaan. Silahkan anda tulis pertanyaan apa yang ingin diajukan.
  6. Jika anda ingin mengubah tipe jawabannya menjadi Pilihan Ganda, klik tulisan Jawaban Singkat.
    Lalu pilih tipe jawabannya.

  7. Jika pertanyaan kesatu selesai dibuat, selanjutnya merupakan menciptakan pertanyaan kedua. Klik tanda + untuk menambah pertanyaan.
  8. Ulangi langkah nomor 5 sampai 7. Dan begitu seterusnya sampai dirasa cukup.
  9. Jika sudah selesai klik tulisan Kirim.

  10. Klik icon link dan centang tulisan Perpendek URL

  11. Selesai!
  12. Untuk melihatan jawaban dari survey yang kita buat, caranya buka tautan https://docs.google.com/forms. Dan pilih formulir yang akan dilihat jawabannya.

  13. Klik menu TANGGAPAN

Sekarang anda telah berhasil menciptakan survey online menggunakan google form. Selanjutnya merupakan silahkan beritahu orang lain untuk mengisi survey yang barusan anda buat.

Penutup

Kurang lebih seperti itulah langkah-langkah untuk menciptakan survey online menggunakan google form. Sebetulnya ada kaya aplikasi yang dapat kita gunakan untuk menciptakan suvey seperti ini.

Kenapa admin memilih Google Form ? Selain sebab kaya yang menggunakan, google form ini merupakan produk milik gogle, jadi otomatis data surveinya akan aman tak akan ada yang tau, kecuali kita sendiri yang memberitahukan datanya ke orang lain. Dan yang terpenting merupakan google form ini Gratis 🙂

Mudah-mudahan apa yang admin bagikan ini dapat bermanfaat.

Comments