Tutorial Membuat Splatter Effect di Photoshop Part 2

Tutorial photoshop splatter body effect part 2,- Splatter Effect merupakan sebuah karya seni baik digital inginpun lukisan yang mengkombinasikan beragam jenis warna yang tertuang dalam lukisan foto dengan efek cipratan atau percikan warna. Splatter body effect menjadi sebuah karya yang cukup bagus dan indah sebab memadukan kaya unsur warna yang dijadikan satu dalam sketsa foto, yang menciptakan foto tersebut seperti lukisan di kanvas. Untuk menciptakan sebuah karya dengan efek splatter atau percikan dapat menggunakan media lukis atau dengan software editing gambar seperti photoshop.

Sebagaimana janji admin pada postingan sebelumnya seputar cara menciptakan splatter effect menggunakan photoshop, kali ini admin akan melanjutkan tutorialnya yaitu menambahkan splatter effect atau efek seperti cipratan warna. Perlu diperhatikan, disini sebelum melakukan tutorial ini anda harus sudah menginstall “ink brushes” di photoshop anda, lalu apa itu ink brushes?. Ink brushes merupakan kuas tinta tambahan pada tools brush di photoshop. Maksudnya disini merupakan biasanya brush tools di photoshop secara default hanya terdapat macam dan bentuk brush yang masih biasa seperti lingkaran, daun, pensil dan lain-lain, namun apabila sudah di install ink brushes bentuk brush akan bermacam-macam seperti cipratan warna, percikan air, tetesan dan lain-lain.

Bahan sebelum menciptakan splatter effect

Silahkan download dan install ink brushes diatas, untuk menginstallnya silahkan tutup dahulu adobe photoshop anda lalu install. Jika anda lagi dalam pengerjaan silahkan save dahulu, dan kalau berhasil photoshop akan terbuka dengan sendirinya. Ok, apabila sudah di siapkan semuanya dapat lanjut ke tutorial dibawah ini.

Baca: Tutorial menciptakan Splatter effect di photoshop part 1

Cara menciptakan splatter effect dengan photoshop part 2

1. Pertama silahkan buka project splatter effect anda, kemudian silahkan potong bagian yang tak di inginkan, untuk memotongnya anda dapat mengunakan pen tools (P). Jika tak silahkan buat grup dengan klik layer foto dan gambar abstrak sambil menekan tombol “Ctrl” pada keyboard lalu tekan “Ctrl+G” untuk menciptakan Grup.

2. Setelah itu silahkan klik ikon “Create new layer” di pojok kanan bawah, maka otomatis akan terbuat layer baru dengan background transparan.

3. Langkah selanjutnya silahkan atur warna yang akan digunakan untuk gaya percikan (splatter), disini anda dapat menggunakan “eyedropper tools (I)” untuk menyesuaikan warna seperti di foto. Jika sudah klik menu “Brush Tools (B)” lalu klik icon “Toggle the brush panel” untuk mempermudah pemakaian brush. Selanjutnya pilih bentuk atau jenis brush yang anda inginkan lalu klik di bagian foto yang sudah anda buat. untuk contoh pengaturannya dapat dilihat dibawah ini (klik untuk memperbesar gambar).

4. Untuk memperbagus splatter atau percikan anda dapat mengmengganti warna dan bentuk brush yang anda inginkan. Jika bentuk brush yang digunakan tak sesuai dapat tekan (Ctrl+Z) untuk mengembalikan, lakukan terus sampai kemudian menghasilkan splatter sesuai keinginan anda.

Nah begitulah cara menciptakan percikan atau splatter di foto, silahkan bereksperimen sendiri sesuai dengan apa yang anda inginkan. Sekian yang dapat admin bagikan dan selamat mencoba.

Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More