Tutorial Membuat Splatter Effect Dengan Photoshop

Tutorial Photoshop,- Setelah sekian lama admin tak membagikan tutorial seputar tips bermain photoshop, kali ini admin kembali akan membagikannya seputar tutorial cara menciptakan Splatter Effect di Photoshop dengan gaya Threshold. Tutorial cukup sedikit berbeda dengan tutorial splatter effect sesungguhnya namun tutorial yang akan admin berikan ini paling mudah dan simple, untuk hasilnya pun hampir sama dan tutorial ini sangat cocok bagi anda yang masih belajar seputar photoshop.

Sebelum masuk ke tutorial sedikit admin terangkan seputar apa itu splatter effect dan seperti apa penampakannya? Berikut admin terangkan, Splatter Effect merupakan sebuah karya seni berupa gambar yang terdapat kaya unsur warna dengan efek percikan-percikan warna baik berupa titik atau percikan air. Untuk pembuatan splatter dapat dilakukan di atas kertas atau kain dan juga dapat dibuat dengan media digital seperti menggunakan software untuk menciptakannya.

Untuk software pembuatnya menurut admin kaya sekali namun apabila anda mempunyai software adobe photoshop, itu dapat anda gunakan dan malahan semakin bagus. Karena photoshop terdapat segudang fitur dan tools yang dapat anda manfaatkan untuk menciptakan splatter efect. Sebagaimana yang sudah admin utarakan diatas sebenarnya menciptakan splatter effect menggunakan adobe photoshop cukup sulit dan lumayan lama sebab perlu mengatur sedikit warna agar sesuai. Namun untuk tutorial yang akan admin berikan kali ini lumayan mudah sebab kita akan memanfaatkan gambar berwarna sebagai dasar warnanya nanti, tentunya hal ini cukup mempermudah di bandingkan dengan harus mengatur pewarnaan secara manual.

Untuk itu silahkan siapkan bahannya yang dibutuhkan seperti Adobe photoshop, foto yang akan di buat splatter dan gambar warna, untuk gambar warnanya admin sarankan yang berwarna abstrak agar nanti tak mengatur warna secara manual dan untuk tutorial kali ini admin menggunakan adobe photoshop CS6. Nah apabila semuanya sudah anda siapkan berikut tutorialnya.

Cara Membuat Splatter Effect dengan Photoshop Part 1

1. Pertama silahkan buka foto yang ingin diberi effect splatter, kemudian silahkan seleksi bagian dari foto tersebut. Disini untuk menyeleksi anda dapat menggunakan Quick selection tools (W) atau apabila ingin hasil seleksinya bagus dapat menggunakan “Pen Tool (P)“. Untuk sekompleksnya silahkan baca: cara rapi seleksi gambar atau foto di photoshop.

2. Jika foto sudah terseleksi sesuai keingginan silahkan klik menu Image – Adjustments – Threshold…, lalu akan muncul form pengaturan. Disini silahkan geser pengaturan threshold sampai kemudian sesuai dengan keinginan anda dari segi pengambarannya. Jika sudah klik OK.

3. Setelah itu klik menu Select – Color Range…, kemudian pada fullnizes silahkan geser ke angka 200% dan klik bagian tergelap dari photo anda. Jika sudah klik OK. Selanjutnya silahkan copy foto tersebut dengan klik menu Edit – Copy atau untuk lebih cepatnya tekan (Ctrl+C) pada keyboard.

4. Nah disini silahkan buat backgroudnya dengan cara klik menu File – New atau tekan (Ctrl+N), untuk backgroundnya silahkan buat dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan ukuran foto, silahkan tentukan sendiri atau baca: Cara menciptakan backgroud gradasi hitam putih di photoshop.

5. Jika sudah silahkan paste foto yang sudah di copy baru saja ke background yang sudah dibuat dengan cara klik Edit – Paste atau tekan (Ctrl+V), dan sesuaikan posisi fotonya. Langkah selanjutnya merupakan memasukkan gambar warna abstrak caranya klik menu File – Place…, lalu open gambar abstrak.

6. Selanjutnya atur gambar abstraknya sampai kemudian memenuhi semua background fotonya dengan Move Tools (V), Jika ada peringatan silahkan klik “Place“. Setelah itu klik kanan pada layer gambar abstrak dibagian kanan dan pilih Rasterize Layer.

7. Selanjutnya klik menu Filter – Blur – Gaussian Blur…,, Kemudian akan muncul pengaturan gaussian blur dan disini silahkan geser pada radius pixel sampai kemudian gambar abstrak berubah menjadi blur (silahkan disesuaikan sendiri), apabila sudah klik OK.

8. Langkah terakhir klik kanan kembali bagian layer gambar abstrak lalu pilih “Create Clipping Mask“.

9. Maka otomatis yang sebelumnya hanya bewarna hitam dan putih bermengganti warna sesuai dengan gambar abstrak.

Baca: Tutorial Membuat Splatter Effect di Photoshop Part 2

Nah disini anda sudah setengah berhasil merubah foto menjadi splatter, untuk effect cipratan warna dapat anda kunjungi link diatas. Sampai disini saja tutorialnya dan selamat mencoba.

Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More