Home Android Tutorial Install Aplikasi Dengan Format .XAPK di Android

Tutorial Install Aplikasi Dengan Format .XAPK di Android

by Erzed

Cara Install Aplikasi Dengan Format .XAPK di Android – Ponsel dengan sistem operasi Android saat ini sangat kaya digunakan, selain harganya yang ekonomis dan terdapat fitur yang tak kalah dengan ponsel pintar mahal lainnya, ponsel Android juga kaya mendukung beragam aplikasi ponsel pada umumnya, bahkan kaya developer yang melirik dan beralih haluan untuk berbisnis dengan melalui aplikasi Android.

 Ponsel dengan sistem operasi Android saat ini sangat kaya digunakan Tutorial Install Aplikasi Dengan Format .XAPK di Android

Secara umum, aplikasi Android berekstensi atau berformat .apk, namun sedikit waktu yang lalu saat mengunduh game PUBG Mobile melalui APKpure, admin mendapati file aplikasi Android dengan format .XAPK, tentu file tersebut tak dapat di install di Android. Karena aplikasi yang dapat diinstall hanya aplikasi dengan format .APK (tak ditambah dengan X).

Setelah admin cari tahu, ternyata file dengan format .Xapk tersebut sama halnya dengan file dengan ekstensi .rar atau .zip, yaitu berfungsi untuk membungkus atau mengkompresi file, namun untuk file dengan ekstensi .Xapk sendiri berfungsi untuk membungkus file dengan ekstensi .apk dan juga data atau obb. Jadi admin berkesimpulan bahwa ekstensi ini biasanya terdapat untuk aplikasi game atau aplikasi dengan size besar.

Kali ini, admin akan membagikan tutorial untuk bagaimana cara menginstall aplikasi berformat .xapk dengan mudah di Android. Silahkan baca tutorialnya dibawah ini.

Cara Install Aplikasi Dengan Format .XAPK di Android

  1. Download dan install aplikasi RAR atau Zarchiver di Play Store.
  2. Kemudian buka aplikasinya.
  3. Selanjutnya cari file dengan ekstensi .XAPK.
  4. Terakhir tap pada aplikasinya, kemudian klik ekstrak berkas/ekstrak disini.
  5. Cari folder atau berkas .XAPK yang telah di ekstrak.
  6. Install aplikasi dengan format .APK.

Sebagaimana yang telah baru saja admin sebutkan, biasanya file dengan ekstensi seperti ini digunakan untuk aplikasi game atau aplikasi dengan ukuran besar, dan biasanya dalam file tersebut terdapat file instruksi atau readmore dengan format .txt atau sejenisnya. File tersebut bertujuan untuk memberikan instruksi penginstalan aplikasi yang benar supaya tak terjadi masalah dalam aplikasi. Jadi admin sarankan baca terlebih dahulu file teks tersebut kemudian lakukan install pada aplikasinya.

Baca :  10+ Cara Membuka Situs yang Diblokir di Android dan Laptop/Komputer

Selain dengan melakukan tutorial manual diatas untuk menginstall aplikasi dengan ekstensi .XAPK, Anda juga dapat melakukan instalasi dengan lebih mudah, yaitu dengan menggunakan pihak ketiga, seperti aplikasi XAPK Installer atau sejenisnya. Namun admin sarankan untuk melakukan cara manual, agar tak terjadi hal yang tak diinginkan seperti masalah aplikasi error atau sejenisnya.

Baca Juga: Cara Mengatasi XAPK File Validation Failed PUBG Mobile

Apabila Anda akan menginstall aplikasi dengan ekstensi .XAPK melalui APKpure dan tak langsung melalui direct download (tanpa APKpure) Anda dapat langsung menginstall aplikasinya tanpa perlu repot melakukan tutorial diatas.

Nah begitulah tutorial cara mudah menginstall aplikasi berformat .xapk di Android. Semoga dapat membantu Anda. Apabila masih bingung, silahkan ajukan pertanyaan di kolom komentar.

You may also like