Home Komputer Tutorial Backup dan Restore File Game Origin Dengan Gampang

Tutorial Backup dan Restore File Game Origin Dengan Gampang

by Erzed

Cara Backup dan Restore File Game di Origin Terbaru – Origin merupakan sebuah platform distribusi game digital yang dimiliki oleh Electronic Arts / EA. Anda dapat menemukan game yang diproduksi oleh EA yang tak tersedia di Steam melalui Origin, seperti game Battlefield, FIFA, Need for Speed, The SIMS, A Way Out dan masih kaya lagi game lainnya.

Game seperti Battlefield di Origin tentu tak terdapat ukuran file yang kecil, game-game dengan kelas AAA tersebut khususnya untuk Battlefield 1 terdapat ukuran sampai kemudian berpuluh-puluh giga.

Cara Backup dan Restore File Game di Origin Terbaru Tutorial Backup dan Restore File Game Origin Dengan Gampang

Membackup file dari game yang terdapat ukuran file yang besar merupakan langkah yang cerdas, pasalnya kita tak perlu lagi mengunduh ulang dan menunggu waktu seharian untuk menunggu download selesai.

Namun, tak seperti Steam yang telah terdapat fitur Backup dan Restore game, Origin tak terdapat fitur tersebut. Untuk membackup sebuah file dari game, Anda harus melakukannya secara manual tanpa bantuan fitur Backup dan Restore game.

Oleh sebab itu, pada hari ini kali ini, admin akan membagikan tutorial membackup dan merestore file game origin dengan mudah. Berikut merupakan tutorialnya.

Cara Backup File Game Origin

  1. Pertama, saat akan menginstall game, Anda akan ditanyai dimana Anda akan menyimpan folder Game tersebut. Dan pastikan Anda mengingat dimana Anda menyimpan folder game tersebut untuk dibackup. Namun , secara default Anda dapat menemukan file game yang telah di install di Origin pada C:\Program Files\Origin Games. Bila tak ada disana, silahkan cari folder game tersebut dengan klik kanan pada icon game tersebut di desktop, kemudian pilih opsi Open file location.
  2. Cara Backup dan Restore File Game di Origin Terbaru Tutorial Backup dan Restore File Game Origin Dengan Gampang
  3. Selanjutnya, bila folder game telah ditemukan dan masih tersimpan di drive C:\ pindahkan / copy folder game tersebut ke drive lain seperti drive E:\ atau D:\, agar file aman tersimpan di hardisk.
  4. Cara Backup dan Restore File Game di Origin Terbaru Tutorial Backup dan Restore File Game Origin Dengan Gampang
  5. Bila Anda telah berhasil memindahkan folder game dari drive C:\ ke drive lain, itu artinya Anda telah berhasil membackup file game Origin Anda.
Baca :  Tutorial Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti di Android

Cara Restore File Game di Origin

  1. Untuk merestore game di Origin sendiri ini sedikit tricky, langkah pertama yang Anda harus lakukan ialah dengan mendownload game yang ingin di restore kembali di Origin, pastikan Anda mengingat dimana folder direktori game tersebut diletakan.
  2. Saat sedikit file telah terdownload (sekitar 0,1% atau lebih file tersebut terdownload), kemudian pause download.
  3. Selanjutnya masuk ke folder direktori game yang lagi didownload di Origin baru saja.
  4. Lalu hapus folder game tersebut, dan menggantikan folder tersebut atau paste dengan folder game yang telah di backup (pastikan terdapat folder name yang sama).
  5. Kemudian masuk kembali ke Origin Client, setelah itu klik resume download.
  6. Tunggu proses verifikasi file selesai.

Apabila setelah melakukan cara restore diatas Anda masih tetap mendownload, supayakan saja apabila ukuran file tersebut lebih kecil dari ukuran saat pertama kali Anda mendownload, cukup itu hanya lagi menambah update baru dari game tersebut saja.

Mudah bukan? walaupun Origin tak menyediakan opsi atau fitur untuk backup dan restore file, namun sebenarnya caranya sangatlah simpel dan mudah, walaupun untuk melakukan restore sedikit tricky.

Begitulah Cara Backup dan Restore File Game Origin Dengan Mudah, semoga bermanfaat. Apabila Anda masih kesulitan dengan tutorial diatas, silahkan komentar dimana letak kesulitannya dibawah ini.

You may also like