Home / Android / Tutorial Agar Android Support USB OTG Tanpa Root

Tutorial Agar Android Support USB OTG Tanpa Root

USB OTG atau On The Go merupakan kemampuan sebuah smartphone atau tablet untuk dapat membaca flash disk dan melakukan pertukaran file. Mungkin sebab dapat dilakukan di perangkat mobile,makanya dinamakan On The Go.

USB OTG dapat membaca data dari perangkat penyimpanan eksternal seperti Flash Disk, bahkan dapat mendeteksi perangkat inputan yang umumnya digunakan pada komputer seperti mouse dan keyboard serta dapat bekerja secara nyata.

USB OTG atau On The Go merupakan kemampuan sebuah smartphone atau tablet untuk dapat membaca  Tutorial Agar Android Support USB OTG Tanpa Root

Contohnya ketika mouse USB ditancapkan ke USB OTG, maka pada layar akan muncul pointer yang dapat digunakan untuk melakukan navigasi pada menu-menu layar smartphone android anda.

Bagaimana? Sangat canggih bukan? Akan tenamun adminngnya tak semua smartphone android dapat support USB OTG misalkan smartphone android yang termasuk jenis low end. Tenamun jangan khawatir, ada kok caranya agar USB OTG dapat support pada semua jenis android.

Mungkin sobat semua mengira hal tersebut dapat dilakukan dengan cara android anda harus melalui proses rooting. Tapi kali ini admin akan beberkan cara agar android anda support USB OTG tanpa root. Sebagaimana yang di bawah ini:

1. Pertama-tama, anda harus menginstal aplikasi bernama “USB OTG Helper”di Play Store.
2. Jika sudah terinstal, selanjutnya anda pasang USB OTG yang sudah tersambung pada Flash Disk anda.
3. Lalu, anda buka Root Explorer. Carilah file bernama usbid_init.sh untuk dapat mengaktifkan OTG Mode. Directory file nya berada di root/system/bin/disini.
4. Klik file usbid_init.sh, pilih “execute” maka muncul pemberitahuan USB OTG Helper > klik ok > masuk ke aplikasinya > “mount” untuk menyambungkan koneksi, “unmount” untuk memutuskan koneksi.
5. Anda tinggal pilih “mount” pada status bar, maka android sudah tersambung ke Flash Disk > buka file manager maka muncul folder bernama “UsbOtgDrives”.
6. Selesai, kini smartphone android anda telah dapat support USB OTG.

Note: Jika smartphone android anda setelah itu tak dapat di charge. Anda tinggal merestart terlebih dahulu smartphone android anda. Setelah itu akan normal kembali.

Perhatikan secara teliti tutorial diatas agar tak terjadi kesalahan dan OTG tak terhubung ke smartphone anda, apabila sedikit bingung dengan tutorial diatas, silahkan komentar dibawah.

Baca :  Tutorial Gampang Menyembunyikan File di Android

About Erzed