Tujuan, Manfaat, dan Tutorial Kalibrasi Baterai Zenfone Yang Benar

Tutorial Mengkalibrasi Baterai Android Asus Zenfone – Kita semua tahu bila baterai ini merupakan salah satu elemen untuk menyuplai tenaga di perangkat-perangkat smartphone, termasuk android.

Jika kita nilai dari pengguna’an dan fitur-fitur yang diberikan pada user sebenarnya problem tentang baterai yang cepat habis / boros merupakan hal yang wajar di dalam dunia ponsel android. Seiring berjalannya waktu, tenaga baterai pada HH kita juga akan semakin berkurang.

Hal ini terjadi baik sebab penggunaan perangkat yang jor-joran ( ngawur ) atau memang sebab faktor umur dari baterai itu sendiri.

Tutorial Mengkalibrasi Baterai Android Asus Zenfone  Tujuan, Khasiat, dan Tutorial Kalibrasi Baterai Zenfone Yang Benar

Kali ini berbagi serinci cukup apa yang dimaksud dengan kalibrasi baterai, manfaat, tujuan dan tips melakukannya manual / tanpa root pada perangkat android keluaran produsen taiwan ini.

Definisi Kalibrasi

Apa itu kalibrasi? Menurut ISO/IEC Guide 17025:2005 dan Vocabulary of International Metrology (VIM) merupakan serangkaian kegiatan yang membentuk hubungan antara nilai yang ditunjukkan oleh instrumen ukur atau sistem pengukuran, atau nilai yang diwakili oleh bahan ukur, dengan nilai-nilai yang sudah diketahui yang berkaitan dari besaran yang diukur dalam kondisi tertentu.

Baca juga :

Dengan kata lain, Kalibrasi merupakan kegiatan untuk menentukan kebenaran konvensional nilai penunjukkan alat ukur dan bahan ukur dengan cara membandingkan terhadap standar ukur yang mampu telusur (traceable) ke standar nasional inginpun internasional untuk satuan ukuran dan/atau internasional dan bahan-bahan acuan tersertifikasi.

Tujuan Kalibrasi

Kenapa baterai harus dikalibrasi dalam jangka waktu tertentu? Nah sedikit tujuan dari kalibrasi sebagai berikut :
  • Mencapai ketertelusuran pengukuran. Hasil pengukuran dapat dikaitkan/ditelusur sampai ke standar yang lebih tinggi/teliti (standar primer nasional dan / internasional), melalui rangkaian perbandingan yang tak terputus
  • Menentukan deviasi (penyimpangan) kebenaran nilai konvensional penunjukan suatu instrument ukur
  • Menjamin hasil-hsil pengukuran sesuai dengan standar Nasional inginpun Internasional

Khasiat Kalibrasi

Setelah kita tahu tentang point-point tujuan diatas, lalu apa manfaatnya? Apa keuntungannya mengkalibrasi baterai android kita? Sobat dapat baca daftar dibawah ini :
  • Menjaga kondisi instrumen ukur dan bahan ukur agar tetap sesuai dengan spesefikasinya
  • Untuk mendukung sistem mutu yang diterapkan di bermacam industri pada peralatan laboratorium dan produksi yang dimiliki
  • Bisa mengetahui perbedaan (penyimpangan) antara harga benar dengan harga yang ditunjukkan oleh alat ukur

Didalam kasus ponsel-ponsel android relatif sama, hal itu juga terjadi pada ponsel Asus seperti Zenfone 4 / 4S / 5 / 6 / 2 / C dan type lain yang admin tak dapat sebutkan. Pada prakteknya kurang lebih seperti ini :
  1. Ketika kita merasa indikator nilai daya baterai tak/kurang tepat. Contoh, di tulisan masih tersisa 20% lalu tiba-tiba mati?. Maka kemugkinan baterainya sudah habis, namun HH anda ngedeteksi masih ada sekitar 20%. 
  2. Saat melaukan charger, baru sekian persen tiba-tiba melompat ke sekian persen
  3. Tidak dapat di cas penuh
  4. Baterai kita tiba-tiba boros padahal tak digunakan untuk aktifitas berat.
  5. Dan lain-lain

Kecukupan besar hal-hal tersebut terjadi sebab baterai di HH anda terdapat kalibrasi yang tak tepat.

Ini terjadi terutama pada handphone anda yang kerap dihabiskan baterai sampai HH mati kehadapatn daya. Jadi bisniskan untuk merawat baterai Android yang benar.

Cara Kalibrasi Batterai Zenfone

Baik! Kita sudah masuk ke trik untuk mengkalibrasi batterai android yang baik dan benar. Menurut sedikit sumber teman-teman yang pernah melakukan ini ada 2 buah metode yang dapat kita gunakan. Saya akan uraikan 2 buah metode tersebut untuk anda setia .

Metode 1 dengan Aeroplane Mode

Di metode pertama ini, ada 10 langkah yang harus anda lakukan. Termasuk didalamnya kita akan memanfaatkan fitur Mode Pesawat. Berikut detail dari step by step nya :
  1. Pertama habiskan baterai sampai di angka 1%-5%
  2. Charger baterai sampai 100%. Kalau dapat apabila sudah penuh, tunggu satu jam lagi
  3. Jika sudah penuh jangan cabut charger dahulu. Laanjutkan dengan melakukan langkah dibawah ini dengan charger menyolok
  4. Kemudian menonaktifkan semua running apps
  5. Setting HH anda ke Airplane Mode
  6. Setelah tak ada aplikasi berjalan di background dan masuk ke Airplane Mode, lepas kabel chager, namun jangan menonaktifkan handphone
  7. Tetap supayakan Zenfone dalam kondisi Standby
  8. Keesokan harinya check dan lihat smartphone anda
  9. Buka Battery Profile yang terletak di menu Settings > Battery
  10. Nah, kalau sudah nonaktifkan Airplane Mode, dan gunakan seperti biasa.

Metode 2 Tanpa Aeroplane Mode

Yang kedua ini pada dasarnya sama seperti diatas, hanya saja kita melakukannya tanpa menggunakan Mode Pesawat. Sebagaimana apa caranya? Simak langkahnya dibawah :
  1. Charger smartphone Asus anda dalam keadaan hidup sampai mencapai 100% ( lampu indikator menyala hijau )
  2. Setelah penuh kemudian menonaktifkan HP dan charger kembali sampai 100% ( lampu indikator menyala hijau )
  3. Jika sudah, nyalakan Zenfone anda lalu masuk ke Setting > Developer Option > berikan cheklist pada Stay Awake
  4. Charger kembali sampai 100% ( lampu indikator menyala hijau )
  5. Setelah penuh, gunakan Zenfone sampai kemudian baterenya benar-benar habis atau mati sendiri
  6. Charger kembali di konsidi normal sampeai 100% 
  7. Selesai

Ada sedikit kasus saat HH dicas mentok di angka 99% tak ingin penuh. Trik mengatasinya dapat dilakukan dengan mencabut charger kemudian pasang lagi. Tunggu 1-5 menit, nanti akan jadi 100%.

Apabila mengkalibrasi tak merubah keadaan cukup memang batterai anda sudah rusak. Harus segera dilakukan pengmenggantian. Sobat dapat bawa ke Service Center untuk pengmenggantian batterai. Opsi lain merupakan menggunakan power bank yang bagus dan berkualitas.

Sekian saja yang dapat admin tulis tentang Tujuan, Khasiat, beserta Langkah-Langkah Trik Kalibrasi Baterai Zenfone Yang Benar. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan anda share atau berkomentar untuk support blog ini. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.
Comments