Home Komputer Tips Merawat Hardisk Laptop agar Tetap Awet dan Selalu Prima

Tips Merawat Hardisk Laptop agar Tetap Awet dan Selalu Prima

by Erzed
Tips Merawat Hardisk Laptop agar Tetap Awet dan Selalu Prima
Tips Merawat Hardisk Laptop agar Tetap Awet dan Selalu Prima

Tips Merawat Hardisk Laptop agar Tetap Awet dan Selalu Prima – Sebagaimana yang kita tahu, harddisk merupakan komponen penting pada laptop atau komputer yang fungsinya untuk penyimpanan data sistem ataupun file/data sekunder.

Nah, sebab begitu vitalnya peran sebuah hardisk, tentunya apabila sampai mengalami kerusakan, akan menyebabkan komputer/laptop tak akan berfungsi normal.Untuk itu, melakukan perawatan hardisk agar selalu awet seperti yang admin bagikan berikut ini sangat penting untuk dilakukan.


Tips Merawat Hardisk Laptop

 

1. Perhatikan Arus Listrik

Salah satu tips untuk menjaga harddisk agar tetap awet merupakan dengan cara memperhatikan arus listrik yang terhubung dengan laptop. Upayakan arus listrik yang anda pakai dalam kondisi stabil dan tak ada kerusakan di komponen-komponen yang berhubungan dengan arus listrik.

2. Lakukan Defragment Harddisk

Tips kedua dalam merawat harddisk yang dapat Anda lakukan merupakan dengan memakai aplikasi defragment, aplikasi ini berfungsi untuk mendefrag harddisk secara berkelanjutan serta untuk menghindari fregmentasi yang mampu menciptakan kinerja harddisk atau laptop Anda menurun.

Baca Juga: Hati-Hati, Inilah Penyebab Layar Laptop Blank yang Harus Di Waspadai

Gunakan aplikasi defrag untuk melakukan pekerjaan ini, atau anda juga dapat menggunakan aplikasi defrag bawaan windows. Walaupun proses defrag sangat dianjurkan, namun sebaiknya jangan dilakukan secara berlebihan. Karena hal tersebut justru dapat memicu kerusakan hardisk. Defrag sebaiknya dilakukan minimal 1 atau 2 minggu sekali saja.

Baca :  Cara Simple Mengganti Nama User Account di Windows 8+

3. Matikan Laptop dengan Benar

Tips merawat harddisk laptop selanjutnya merupakan dengan memenonaktifkan laptop sesuai dengan prosedur yang benar. Yaitu, menutup semua program yang berjalan satu persatu, baru kemudian melakukan  proses shut down..

Tidak dibenarkan, sebab lagi buru-buru atau alasan lainnya, tanpa menutup program yang berjalan terlebih dahulu, langsung melakukan shut down, atau malah yang parah lagi, langsung menekan tombol power saat kaya program lagi berjalan. Mungkin apabila satu dua kali dilakukan, tak akan berdampak apa-apa, namun apabila kerap dilakukan, maka kecukupan besar hardisk akan cepat rusak.

4. Jaga Suhu Harddisk 

Suhu harddisk yang tak stabil biasanya kerap mempercepat kerusakan pada harddisk, apalagi bila suhu harddisk Anda terlampau tinggi atau terlalu panas. Biasanya para pengguna kurang memperhatikan suhu pada harddisk atau pada laptop, sebab cukup terlalu asyik atau terlalu sibuk dengan pekerjaan yang dilakukan.

Baca Juga: Perbedaan Antara Laptop, Netbook Dan Notebook

Dan hal penting lagi yang sebaiknya anda ketahui ialah, hindari menggunakan laptop di atas kasur atau tempat-tempat yang menyerap panas, sebab hal tersebut akan menciptakan laptop cepat panas/hang. Jadi idealnya gunakan laptop di atas meja ataupun pada area yang tak mengganggu sirkulasi udara di dalam laptop.

5. Hindari Guncangan yang Berlebihan

Guncangan yang berlebihan dapat mengakibatkan harddisk Anda hang sebab harddisk sangat sensitive akibat guncangan. Biasanya guncangan-guncangan ini kerap terjadi pada notebook atau laptop sebab kadang tanpa sadar Anda membawa notebook atau laptop sembarangan.

Anda harus benar-benar hati-hati ketika Anda bepergian dengan membawa notebook atau laptop. Simpan notebook atau laptop Anda di tempat yang minim guncangan untuk menghindari terjadinya goresan atau guratan antara jarum dan magnetic disknya.

Baca :  Cara Mengatasi Flashdisk Yang Tidak Bisa Copy File ISO

Dampak dari goresan yang terjadi antara kedua benda itu dapat mengakibatkan penurunan kecepatan dalam membaca suatu data. Sesampai kemudian bila memang notebook atau laptop tak terlalu dibutuhkan jangan terlalu kerap dibawa bepergian. Selain itu cara lain yang dapat Anda lakukan merupakan dengan menggunakan tas yang memang di peruntukan khusus buat notebook atau laptop.

Itu baru saja sedikit tips merawat hardisk laptop Anda agar lebih awet. Ingat, kebiasaan buruk yang nampak sepele dapat menciptakan kerugian besar bagi anda, bila terus dilakukan.

 

You may also like