Tips Menghilangkan Virus Dan Malware Di Android

By | September 12, 2018

Tips Menghilangkan Virus Dan Malware Di Android – Android merupakan jenis sistem operasi yang sangat populer dan digunakan oleh kaya produsen smartphone luar negeri ataupun dalam negeri. Hal yang menciptakan smartphone ini diminati sebab terdapat bermacam fitur yang menarik dan juga dapat dapat mempermudah kita dalam melakukan aktivitas.

Sistem operasi android ini berbasis opensource yang tentunya dapat kita edit ataupun oprek sistem sesuai apa yang kita inginkan. Selain kaya kelebihan pasti android juga terdapat kekurangan seperti dapat terjangkit virus ataupun malware.

Malware dan virus merupakan perangkat lunak yang telah diciptakan sebagai perusak sistem ataupun jaringan dan juga file. Tentu anda tak menginginkan hal tersebut terjadi pada smartphone anda. Dan apabila smartphone anda terkena infeksi virus dan ingin menghilangkan virus tersebut, berikut ini tips menghilangkan virus dan malware di android dengan mudah.

Tips Menghilangkan Virus Dan Malware Di Android



1.Menghapus Aplikasi Yang Mencurigakan 


Aplikasi pada android terdapat kaya jenis yang dapat anda install secara gratis di android. Tenamun ada juga aplikasi yang disematkan virus oleh developer pembuat aplikasi tersebut. Oleh sebab itu, apabila pada smartphone android anda terdapat sebuah aplikasi yang mencurigakan, sebaiknya anda cepat-cepat untuk menghapus aplikasi tersebut.

Baca juga: Tips Menghemat RAM Smartphone Android

Hal ini perlu anda lakukan agar smartphone android anda tak terinveksi virus dan juga malware yang tentunya sangat berbahaya bagi smartphone android tersebut.

2.Menginstall Aplikasi Antivirus


Jika anda tak ingin repot dalam melakukan pembersihan virus pada android, anda dapat menginstall aplikasi antivirus yang dapat anda dapatkan secara gratis pada market store android. Jenis antivirus sangat kaya sekali dengan bermacam fitur tersendirinya. Selain itu menggunakan aplikasi antivirus juga dapat membantu anda dalam melakukan pengecekan pada smartphone android apakah terinveksi virus atau tak.

Anda dapat menginstall aplikasi antivirus di android seperti 360 Security, Avast! Mobil Security, AVG Antivirus dan masih kaya lagi yang dapat anda download untuk di install dan digunakan pada smartphone android anda tersebut.

Dan dalam memilih antivirus anda juga memperhatikan terlebih dahulu antivirus yang terbaik dan terpercaya. Anda dapat melihat rating dari jumlah pengguna antivirus tersebut. Dan juga untuk memberikan antivirus pada smartphone android, smartphone anda harus terdapat RAM yang cukup. Karena apabila RAM pada android sedikit maka akan berdampak yang tak baik yaitu dapat menciptakan smartphone menjadi lambat.

3.Mengembalikan Smartphone Ke Pengaturan Awal


Jika kedua cara diatas belum dapat untuk menghilangkan virus yang ada pada android anda, sebaiknya anda melakukan cara ini. Tenamun sebelum melakukan cara ini anda perlu melakukan sedikit langkah terlebih dahulu yaitu dengan memback-up file yang ada di android anda.

Jika anda menyimpan file anda dapat memindahkan file tersebut ke memori MicroSD atau ke komputer. Setelah file anda terback-up silahkan anda melakukan factory unlock, atau mengembalikan ke pengaturan awal. Caranya yaitu silahkan anda masuk ke “Pengaturan” kemudian “Backup & Reset” lalu kemudian silahkan anda pilih Factory data Reset. Kemudian silahkan anda ikuti paduannya dan tunggu proses sekitar 3 menit.

Atau anda juga dapat menggunakan cara lain yaitu dengan cara menekan tombol Volume + HOME + Power secara bersamaan. Kemudian gunakan tombol up untuk memilih menu factory reset. Setelah itu tekan tombol home untuk memilih dan memulai proses reset.

Diatas itulah tips menghilangkan virus dan malware di android yang dapat anda lakukan. Semoga bermanfaat bagi anda semua dan menambah wawasan serta pengetahuan yang luas.