Home Google Tips Menggunakan Google Drive Untuk Pemula

Tips Menggunakan Google Drive Untuk Pemula

by Erzed
Tips Menggunakan Google Drive Untuk Pemula

Tips Menggunakan Google Drive Untuk Pemula – Google Drive menjadi salah satu sarana penyimpan berkas di awan oleh Google. Siapapun dapat memanfaatkan layanan Google Drive secara hanya-hanya. Kehadiran Google Drive secara keseluruhan akan memudahkan para penggunanya untuk menyimpan, membagikan, dan mengakses berkas mereka yang telah tersimpan.

Bagi para pemula yang baru saja menggunakan Google Drive biasanya akan mengalami sedikit kebingungan sebab belum biasa menggunakan layanan ini. Dalam ulasan kali ini, kita akan membagas bagaimana cara menggunakan Google Drive, khususnya cara untuk menciptakan dan menyunting berkas yang hendak disimpan di Google Drive. Tentunya berkas yang dibuat tersebut dapat berupa dokumen atau berkas lainnya.

Cara Membuat dan Menyunting Berkas Google Drive

1. Klik tombol create
Pilih jenis berkas yang ingin dibuat. Pilih Document untuk menciptakan berkas berformat spreadsheet atau word dan menu presentation untuk berkas berupa file presentasi power point. Setelah menciptakan pilihan, Drive pun akan menyiapkan lembar kosong sesuai jenis berkas yang telah dipilih.

Baca Juga: Trik Jitu Cara Mengetahui Password Wifi Dengan CMD Sederhana Mudah

2. Mengatur Tampilan dan Mengubah Nama Berkas
Atur tampilan berkas yang sudah dipilih sesuai dengan keinginan. Untuk membedakan berkas-berkas yang disimpan, mengganti nama berkas sesuai dengan keinginan. Caranya klik teks dengan tulisan Untitled<file type> warna abu-abu di atas halaman. Setelah itu, nanti akan muncul tab untuk mengubah nama file. Isi nama tersebut sesuai keinginan Anda.

3. Menyunting Berkas
Isi laman kosong dengan bermacam hal yang Anda inginkan. Atau Anda juga dapat melakukan salin dan tempel dokumen secara langsung di laman kosong Drive. Anda tak perlu khawatir berkas tersebut hilang apabila sewaktu-waktu perangkat mati mendadak sebab Google Drive akan menyimpan langsung setiap perubahan yang dibuat.

Baca :  Google Mengubah Pengaturan Baterai Pada Ponsel Android Alasannya Kesalahan

4. Mengunduh Berkas
Jika Anda sudah selesai menciptakan berkas, download dari Drive. Caranya klik file kemudian pilih Download As. Nanti akan muncul sedikit macam format yang dapat dipilih untuk menyimpan berkas di perangkat. Pilihlah format sesuai berkas yang akan diunduh. Jadi And ananti dapat membuka atau menyuntingnya dengan mudah di kemudian hari.

5. Membagikan Berkas Kepada Orang Lain
Berkas di Drive Anda juga dapat dibagikan pada teman atau orang lain. Caranya klik File kemudian klik Share. Cukup dengan satu langkah simpel ini, nanti akan muncul tab Sharing Settings dan Anda dapat memilih orang yang akan dibagi berkas tersebut.

Anda juga dapat mengatur akses dari orang-orang yang menerima berkas tersebut. Menariknya, pengguna Drive juga dapat membagikan berkas melalui Gmail, Facebook, Google+, atau Twitter.

6. Mempublikasikan Berkas Ke Web
Bagi Anda yang berniat untuk mempublikasikan berkas Drive ke publik, caranya pilih menu File kemudian klik Publish to the Web. Nanti semua orang dapat melihat berkas yang dipublikasikan ini tenamun mereka tak terdapat akses untuk menyuntingnya. Berkas yang telah dipublikasi tak dapat disunting lagi.

7. Mencetak Berkas
Jika berkas di Drive ingin disimpan dalam bentuk cetak, Anda juga dapat mencetaknya secara langsung melalui printer. Caranya klik File kemudian cari pilihan Print di bagian bawah. Nanti Anda dapat memilih halaman mana saja yang akan dicetak.

Demikian sedikit cara untuk menggunakan Google Drive.  Semoga cara di atas dapat membantu Anda mengelola berkas lebih mudah.

You may also like