Home / Komputer / Tips Mengatasi Hasil Printer Bergaris dengan Cepat

Tips Mengatasi Hasil Printer Bergaris dengan Cepat

Tips Mengatasi Hasil Printer Bergaris dengan Cepat 1

Tips Mengatasi Hasil Printer Bergaris dengan Cepat – Tak dapat di pungkiri apabila printer terdapat kaya fungsi, yaitu dapat mencetak dokumen, mencetak foto beresolusi tinggi dan lain sebagainya.

Namun bagaimana apabila hasil cetak printer Anda justru bergaris? Apakah yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki printer tersebut? Nah, untuk anda yang mengalami printernya bergaris, berikut ini kami bagikan tips untuk mengatasinya.

Tips mengatasi hasil cetakan printer bergaris

1.Memastikan aliran tinta dari botol infus ke cartridge lancar
Aliran tinta dari botol infus ke cartridge yang tersumbat akan menyebabkan hasil cetakan printer menjadi tak sesuai, sebab ketakmaksimalan pasokan tinta dalam cartridge.

Maka dari itu, ketika Anda mengetahui apabila aliran tinta dari botol infus ke cartridge putus-putus atau tak lancer, segeralah cabut ujung selang yang tertancap di cartridge. Setelah mencabut selang, kemudian sedot perlahan tinta baru saja menggunakan suntikan yang terlah dimodifikasi sampai ke ujung selang. Selanjutnya, masukkan lagi selang ke lubang cartridge.

Tips Mengatasi Hasil Printer Bergaris dengan Cepat

2.Lakukan pembersihan encouder
Salah satu hal yang menyebabkan hasil cetakan printer bergaris merupakan bagian encouder yang kotor. Encouder dapat dibersihkan dengan menggunakan tissue yang dibersihkan dengan perlahan. Selain menggunakan tissue, Anda dapat membersihkan encouder dengan cara merendamnya di dalam air hangat untuk sedikit waktu sampai kotoran pada encouder mudah untuk dibersihkan. Sedangkan untuk pemasangan encouder, dapat dilakukan setelah encouder benar-benar kering.

3.Melakukan head cleaning 
Fitur head cleaning dapat dibuka dengan mengklik Control Panel kemudian pilih menu  Hardware and Sound yang dilanjutkan mengklik menu Devices and Printers. Setelah itu, pada menu printer klik kanan dan pilih Printing Preference lalu buka tab Maintenance. Fitur head cleaning  dapat ditemukan hampir di semua merek printer, baik itu Canon, HP atau Epson.

Baca :  Cara Mengatasi Komputer Dan Laptop Yang Lemot

Lakukan pembersihan sampai kemudian selesai. Paling tak diulangi sekaya tiga kali. Fitur head cleaning berfungsi untuk melakukan pembersihkan pada bagian head cartridge dan melancarkan aliran tinta pada cartridge.

4.Cartridge direndam menggunakan air hangat atau alcohol
Perendaman cartridge dapat dilakukan apabila terjadi penggumpalan tinta. Biasanya penggumpalan tinta disebabkan oleh printer yang jarang digunakan. Nah, kalau sudah terjadi penggumpalan tinta maka hasil cetakan printer akan bergaris atau bahkan pudar dan kosong.

Hal ini diakibatkan oleh menggumpalnya tinta pada bagian head yang akan menutupi tinta yang masih bagus. Untuk mengatasi hal ini, maka kamu dapat mencabut bagian cartridge kemudian merendam bagian head dalam air hangat atau air alkohol. Namun ingat, hanya bagian head-nya saja ya.

5.Menguras tinta pada bagian cartridge
Selain merendam bagian head pada cartridge menggunakan air hangat atau alkohol, Anda dapat menguras atau menyedot tinta pada bagian cartridge sampai habis. Tujuannya untuk menuntaskan masalah cartridge yang mengalami masalah akibat penggumpalan tinta.

Hal-hal yang menyebabkan hasil cetak printer bergaris

Kegagalan printer dalam menghasilkan cetakan yang baik dapat dipengaruhi oleh kaya hal, di antaranya yaitu :

  1. Rusak atau melemahnya Head cartridge yang mengakibatkan printer tak dapat mencetak dengan optimal.
  2. Terjadi penggumpalan tinta printer.
  3. Tinta printer kotor.
  4. Adanya penyumbatan pada selang infuse yang menyebabkan tinta tak dapat mengalir dengan baik.
  5. Bagian encouder printer atau sensor printer kotor. Apabila bagian ini rusak, maka akan menciptakan hasil cetakan bergaris.

Mengetahui hal-hal yang menyebabkan hasil cetakan printer menjadi bergaris dapat membantu Anda untuk memperbaiki printer. Nah, selamat mencoba, dan semoga bermanfaat..

About Erzed