Home Android Tips Hemat Baterai Saat Main Game Berat di Android/iOS

Tips Hemat Baterai Saat Main Game Berat di Android/iOS

by Erzed
Tips Hemat Baterai Saat Main Game Berat di Android/iOS 4
Tips Hemat Baterai Saat Main Game Berat di Android/iOS

Tips Hemat Baterai Saat Main Game Berat di Android/iOS – Di zaman modern ini, ponsel tak hanya dimanfaatkan untuk alat komunikasi. Bahkan, dengan hadirnya ponsel pintar atau smartphone baik berbasis android inginpun iOS, penggunaan ponsel menjadi semakin meluas seperti berselancar dengan internet, multimedia entertainment, sampai kemudian video games.

Para pecinta game atau gamers yang senang bermain menggunakan smartphone android/iOS tak jarang mengeluhkan daya baterai yang cepat berkurang. Apalagi saat lagi seru-serunya bermain game, mendadak lowbat atau bahkan mati, menyebalkan sekali, bukan?

Tapi jangan khawatir, kali ini kami akan membagikan tips jitu menghemat baterai saat main game berat, yang dapat anda coba. Penasaran?

Baca juga: Tips Mudah Mengatasi Notifikasi LINE Tidak Muncul di Smartphone Android

Tips Hemat Baterai Saat Main Game Berat di Android/iOS

 

1.Mengurangi Display Brightness pada Layar

Tips pertama untuk menghemat daya baterai saat bermain game berat di smartphone android/iOS merupakan dengan menurunkan tingkat kecerahan layar. Atur display brightness layar smartphone Anda ke tingkat rendah, hal ini dinilai efektif sebab brightness tinggi mempercepat berkurangnya daya baterai.

Untuk kenyamanan saat bermain game, hindari tempat yang terkena paparan matahari secara langsung sebab akan menciptakan layar menjadi gelap. Untuk itu, cari tempat yang tak begitu terang agar layar smartphone Anda tetap terlihat meski dengan brightness rendah. Kurangi kecerahan layar dengan masuk ke Settings > Display > Brightness (dapat berbeda tiap jenis smartphone).

2. Aktifkan Mode Hemat Daya

Smartphone dengan versi OS terbaru biasanya terdapat fitur power saving atau penghemat daya untuk membantu menghemat penggunaan baterai. Fitur ini sangat bermanfaat bagi Anda yang senang bermain game berat di smartphone android/iOS. Maka, jangan lupa mengaktifkan fitur ini ya.

Baca :  1 Tutorial Gampang Mengatasi Foto Tidak Tersimpan di Galeri Android Tanpa Aplikasi

Di samping itu, game tertentu terkadang menyediakan fitur power saving seperti pada Pokemon Go! Coba cek game yang Anda mainkan apakah terdapat fitur serupa. Dengan adanya fitur ini, penggunaan baterai Anda akan lebih hemat.

3. Matikan Aplikasi Belakang Layar

Meskipun kelihatannya Anda tak menjalankan aplikasi, namun terdapat sedikit aplikasi yang masih berjalan di belakang layar (background) seperti BBM, WhatsApp, LINE, dan masih kaya lagi. Aplikasi-aplikasi tersebut tentunya menghabiskan daya baterai cukup kaya.

Untuk itu, saat bermain game sebaiknya Anda memenonaktifkan semua aplikasi yang berjalan di belakang layar. Sesampai kemudian daya baterai smartphone Anda lebih awet.

4. Minimalkan Penggunaan Grafis dan Animasi

Usahakan meminimalkan penggunaan grafis dan animasi untuk menghemat penggunaan daya baterai. Ganti wallpaper live Anda dengan wallpaper biasa. Lagipula, live wallpaper tak begitu diperlukan dan hanya mempercepat baterai habis. Dengan menggunakan wallpaper standar, daya baterai dapat lebih tahan lama.

5. Matikan Suara Game

Bermain  game memang paling seru apabila dikompleksi dengan suara bervolume kencang. Akan tenamun, tahukah Anda bahwa memenonaktifkan suara game dapat menghemat baterai? Jika baterai smartphone Anda sudah menipis saat jauh dari sumber listrik, pakai cara ini agar ponsel Anda tak kehadapatn baterai di pertengahan game.

6. Gunakan Mode Pesawat

Tips lain untuk menghemat daya baterai merupakan dengan menggunakan mode pesawat. Saat mode ini diaktifkan, maka penggunaan data internet akan berhenti. Dengan begitu, penggunaan daya baterai juga tak terlalu kaya.

Akan tenamun, cara ini tentunya tak dapat Anda lakukan apabila game yang Anda mainkan merupakan game online yang membutuhkan koneksi internet. Tips ke enam ini hanya dapat Anda aplikasikan saat memainkan game offline.

Baca :  4 Aplikasi Pendeteksi Hantu Terpopuler

Itulah tips untuk menghemat baterai saat bermain game berat di android/iOS. Semoga bermanfaat.

 

You may also like