Home / Komputer / Tips Cerdas Beli Laptop Bekas

Tips Cerdas Beli Laptop Bekas

Tips Membeli Komputer Bekas yang Berkualitas
Tips Membeli Komputer Bekas yang Berkualitas

Tips Cerdas Beli Laptop Bekas – Laptop merupakan kebutuhan utama bagi sebagian besar manusia modern, terutama untuk mereka yang lagi kuliah ataupun bekerja. Meskipun di era sekarang ini sudah kaya vendor laptop yang menjual produknya dengan harga murah, sedikit orang masih merasa kesulitan untuk membeli sebuah laptop baru.

Oleh sebab itu, kaya dari mereka yang kemudian memutuskan untuk membeli laptop bekas, yang tentunya masih layak pakai. Dan tentunya, hal tersebut bukanlah tindakan yang keliru, sebab baik laptop baru inginpun laptop bekas asalkan Anda pintar memilih, dijamin Anda akan dapat mendapatkan produk yang berkualitas.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Laptop Blue Screen dengan Mudah

Sama seperti ketika Anda membeli barang-barang lainnya, hal pertama yang harus Anda lakukan merupakan mengumpulkan informasi tentang barang yang akan Anda beli. Begitupun saat Anda ingin membeli laptop bekas yang berkualitas. Lima hal yang kami rangkum berikut ini penting untuk Anda jadikan rujukan saat memilih laptop bekas

Lima Tips Cerdas Sebelum Membeli Laptop Bekas

1. Periksa bagian fisik

Karena Anda membeli barang yang sudah bekas, hal pertama yang harus Anda perhatikan merupakan terkait dengan kondisi fisik barang yang akan Anda beli. Kondisi fisik laptop yang masih bagus mencerminkan bahwa pemilik sebelumnya memang merawat laptop tersebut. Kecukupan besar rangkaian di dalamnya pun masih bagus. Berbeda lagi ketika tampilan fisik laptop sudah amburadul, kecukupan besar bagian dalamnya pun mempunyai nasib yang sama. Oleh sebab itu, bagian luar menjadi satu poin penting yang harus diperhatikan ketika membeli laptop bekas.

2. Cek Masa Garansi

Selain kondisi fisik laptop, hal yang yang perlu Anda perhatikan merupakan terkait dengan masa garansi. Laptop bekas yang masih terdapat garansi, baik garansi pabrik inginpun garansi toko, patut untuk diperhitungkan. Mengapa demikian? Hal ini tentu akan memudahkan Anda apabila suatu ketika laptop yang Anda beli terdapat masalah. Anda cukup membawanya ke service centernya. Biaya perbaikannya pun dapat lebih murah.

Baca :  Tips Dan Cara Supaya Komputer Tidak Terkena Virus

3. Cek Fungsi dan Performanya

Meskipun tampilan luarnya masih terlihat mulus, bukan berarti setiap komponennya juga mulus. Anda masih tetap perlu mengecek setiap bagian dari komponen laptop tersebut, misalnya, cek bagian port USB-nya, bagian DVD, ROM, Keyboard, dan lain sebagainya. Pastikan setiap komponen masih dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Pastikan juga kondisi charger dan baterai masih baik.

4. Survey Harga

Cara yang keempat ini wajib untuk Anda laksanakan. Saat Anda ingin membeli tipe laptop bekas tertentu, pastikan Anda sudah mencari informasi berapa harga pasaran laptop bekas tersebut. Kisaran harga yang Anda dapatkan tersebut nantinya dapat dijadikan sebagai patokan untuk menentukan harga laptop. Jangan sampai Anda mengeluarkan dana yang terlalu kaya untuk satu unit laptop bekas yang seharusnya dapat Anda beli dengan harga murah. Oleh sebab itu, survey harga sebelum membeli laptop bekas sangat disarankan.

5. Jika Membeli secara Online, Utamakan COD

Ketika Anda membeli barang elektronik, entah itu laptop, smartphone, atau modem, ada baiknya Anda memilih sistem COD atau Cash On Delivery. Apa yang tertera dalam toko online belum tentu sama dengan keadaan aslinya. Dengan sistem pembayaran COD ini, Anda dapat memastikan seperti apa barang yang akan Anda beli. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir adanya penipuan.

Demikian merupakan lima langkah mudah yang dapat Anda lakukan sebelum membeli laptop bekas. Dengan menerapkan lima hal di atas, besar kecukupan Anda tak akan salah dalam memilih laptop bekas.

 

About Erzed

Check Also

Solusi Tidak Bisa Booting Window Error Recovery 4

Solusi Tidak Bisa Booting Window Error Recovery

Tidak dapat booting/masuk ke desktop komputer merupakan sesuatu yang sangat menyebalkan. Anda pasti akan berfikir …