Tips Cerdas Agar tidak Menjadi Korban Kejahatan Perbankan

Posted on

Tips Cerdas Agar tak Menjadi Korban Kejahatan Perbankan -Meski kaya memberi manfaat bagi para penggunanya, transaksi perbankan melalui internet, telepon, sms, nyatanya tak sepenuhnya aman, dan menguntungkan. Bahkan sampai kemudian kini disinyalir, kerugian akibat kejahan perbankan tersebut mencapai sampai kemudian miliaran rupiah.

Nah, buat Anda yang tak ingin menjadi korban kejahatan perbankan selanjutnya, di bawah ini ada sedikit tips untuk menanggulanginya. silahkan dibaca.

Tips Cerdas Agar tak Menjadi Korban Kejahatan Perbankan

1.Tips Mengatasi Kejahatan Perbankan Lewat Email
Penipuan perbankan dapat saja terjadi lewat email. Dalam hal ini penipu umumnya mengirim email ke nasabah, dan mengaku seolah- olah berasal dari bank asli. Penipu akan berbisnis menciptakan Anda menyebutkan nomor rekening berikut dengan nomor pin pribadi.

Kejahatan perbankan melalui internet, selain lewat email, juga kerap di lakukan melalui website palsu. Mereka menciptakan website dengan alamat yang hampir mirip dengan nama domain website resmi suatu bank. Dan bila mengunjungi website tersebut Anda akan diminta memasukkan nomor rekening serta nomor pin dengan alasan memperbarui data Anda di bank.

Menghindari kejahatan dalam bentuk ini, dapat dilakukan dengan tak membalas email yang ditujukan pada anda. Jika memang Anda ingin mengakses website dari bank yang Anda gunakan, ada baiknya Anda pastikan dahulu apabila website tersebut benar-  benar aman dan merupakan website yang asli. Untuk itu setiap membuka website resmi suatu bank, pastikan Anda melihat alamat website tersebut di browser Anda bagian atas.

2.Tips Mengatasi Kejahatan Perbankan Dengan Iming-Iming Investasi
Kejahatan perbankan yang selanjutnya merupakan kejahatan atau penipuan bermodus investasi. Pelaku akan menawarkan investasi dengan janji-janji menggiurkan seperti keuntungan yang besar, bebas resiko, program cepat kaya dan lain- lain pada calon korbannya.

Dalam hal ini Anda perlu berhati- hati dan jangan langsung percaya, mengingat ada kaya contoh penawaran yang nyatanya sekedar omong kosong belaka.
Untuk menghindari kejahatan melalui penawaran investasi, Anda dapat melakukan pengecekan terlebih dahulu seperti kredibilitas dari badan bisnis yang mengontak anda. Jika memang ada yang menciptakan Anda tertarik, ada baiknya Anda mencari perlindungan hukum terlebih dahulu sebelum memutuskan bergabung dalam investasi tersebut.

3.Tips Mengatasi Penipuan Kartu Kredit
Semakin majunya zaman, maka semakin kaya ditemukan toko ataupun pedagang yang menawarkan produk serta jasa melalui ponsel juga internet. Untuk pembayarannya sendiri, umumnya mereka mengajukan pembayaran melalui kartu kredit. Dalam melakukan pembayaran ini, Anda akan disuruh menyebutkan nomor dari kartu kredit serta 3 digit kode rahasia yang ada pada belakang kartu kredit milik anda.

Mengingat sudah kaya tindak kejahatan dengan modus ini, ada baiknya Anda lebih berhati- hati. apabila memang menginginkan barang ataupun jasa yang ditawarkan, sebaiknya Anda pastikan dahulu apakah jasa serta produk yang ditawarkan benar- benar ada atau tak. Pahami pula ketentuan serta syarat yang berlaku atas jasa ataupun barang yang ditawarkan. Hindari memberikan nomor kartu kredit dan tiga kode digit rahasia dari kartu kredit sebelum yakin akan melakukan pembelian.

4.Tips Menghindari Kejahatan Perbankan di Atm
Dalam kejahatan yang satu ini, umumnya pelaku menciptakan seolah- olah Mesin ATM yang Anda gunakan mengalami kerusakan. Dan biasanya di atasnya ATM ada sebuah selebaran kertas yang tercantum suatu nomor telepon, dan di situ tertulis sebuah himbauan agar menghubungi nomor tersebut, sebab ATM yang Anda gunakan mengalami masalah. Dan apabila menghubungi kontak tersebut, maka Anda akan menjadi korban penipuan mereka.

Untuk menghindarinya, ada baiknya Anda mencatat nomor telepon atau call center dari bank asli yang Anda gunakan. Selain itu jangan berikan nomor pin pada pihak manapun, mengingat dari pihak bank sendiri, tak pernah atau tak di benarkan meminta data pin kepada nasabahnya.

5.Tips Menghindari Penipuan Lewat Telepon
Penipuan lewat telepon merupakan jenis penipuan yang cukup kerap terjadi. Dalam hal ini, biasanya korban akan di beri tahu apabila telah memenangkan suatu undian yang di selenggarakan oleh pihak bank Anda.

Jika Anda mengalami kasus tersebut di atas, ada baiknya mengecek terlebih dahulu indentitas si penelpon. Jangan mudah terlena dengan apa yang dikatakan oleh penelpon apalagi apabila Anda disuruh mengirim sejumlah uang untuk mendapatkan hadiah yang Anda menangkan.

Ada kaya sekali modus penipuan perbankan yang saat ini marak terjadi. Dalam hal ini ada baiknya Anda selalu waspada, dan berhati-hati dalam setiap melakukan transaksi.