Home Blog Tips Agar Aman Saat Berselancar di Internet

Tips Agar Aman Saat Berselancar di Internet

by Erzed
Tips Agar Aman Saat Berselancar di Internet
Tips Agar Aman Saat Berselancar di Internet

Tips Agar Aman Saat Berselancar di Internet – Seiring dengan pesatnya perkembangan internet, kaya oknum yang menyalahgunakan nya, baik itu untuk menipu, meretas, inginpun kejahatan-kejahatan lintas jaringan lainnya. Oleh sebab itu, kita dituntut lebih berhati-hati saat mengakses segala layanan di internet.

Saat ini bermacam negara di dunia termasuk Indonesia lagi gencar-gencarnya memerangi para penjahat cyber, salah satunya dengan menciptakan undang-undang IT. Namun ini bukan berarti kita dapat nyaman dan terlena saat menggunakan internet. Kewaspadaan tetap harus dijaga untuk menghindari bermacam tindak cyber crime.

Cara Agar Aman Dalam Mengakses Internet

1.Gunakan Perlindungan Antivirus
Tips pertama ini merupakan yang paling penting dilakukan apabila ingin aman saat browsing. Di internet kaya sekali konten-konten yang tak terjamin keamanannya dari sisipan malware inginpun virus lainnya. Untuk itu anda perlu mengaktifkan proteksi antivirus, khususnya proteksi saat lagi browsing.

Ada kaya antivirus yang menawarkan keamanan saat kamu lagi browsing, salah satu contohnya merupakan Iobit. Namun perlu diperhatikan, sebagus-bagusnya antivirus apabila tak pernah di update maka tak akan efektif. Karena data base virus yang ada sudah expired.

Baca Juga: Tips Dan Cara Supaya Komputer Tidak Terkena Virus

Saat ini virus yang paling terkenal merupakan jenis ransomeware. Virus ini menjangkit lewat internet dan akan mengenkripsi seluruh data yang ada di hard disk komputer. Salah satu antivirus yang handal mencegah virus ini merupakan Malwarebytes Anti-Ransomeware.

2.Aktifkan Perlindungan Firewall
Firewall merupakan sebuah perangkat yang fungsinya untuk mengontrol segala akses siapapun yang mencoba mengakses jaringan privat dari luar. Singkatnya, fungsi firewall merupakan untuk memblokir pihak-pihak luar yang ingin mengakses jaringan privat komputer kamu. Contohnya jaringan LAN dan client-server.

Baca :  Tutorial Mengganti Teks Lencana Moderator (Moderator Badge Text) Komentar Disqus

Sesampai kemudian saat komputermu sudah terlindungi oleh firewall,maka hanya pihak-pihak tertentu saja yang mempunyai akses masuk ke jaringan privat.

Setiap komputer Windows sudah dikompleksi dengan Firewall bawaan. Namun apabila dirasa masih kurang, kamu dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang memberikan layanan firewall. Contoh aplikasi firewall yang terkenal merupakan Zone Alarm Firewall dan Online Armor Firewall.

3.Jangan Klik Link tak Dikenal
Saat kamu lagi berselancar dan tiba-tiba menemukan sebuah link, maka jangan langsung menkliknya apabila dirasa link tersebut tak terpercaya. Bisa saja itu link jebakan atau phising link yang dipasang oleh pihak yang tak bertanggung jawab. Karena akhir-akhir ini kaya sekali korban-korban hacker yang menggunakan metode phising link.

Baca Juga: Cara Jitu Menghindari Serangan Hacker

Link yang menggunakan pemendek juga perlu kamu waspadai sebab kita tak tahu tentang konten apa yang berada di balik link tersebut. Beberapa contoh pemendek link yang paling kerap digunakan yaitu ouo.io, bit.ly, goo.gl, tinyurl, ow.ly, dan sejenisnya. Namun untuk goo.gl tak terlalu dipermasalahkan sebab shortner link ini buatan dari Google, sesampai kemudian lebih aman.

4.Gunakan IP Hider
Untuk keamanan berselancar, sebaiknya kamu memakai aplikasi IP Hider agar IP mu tak terdeteksi. IP merupakan deretan digit angka yang menjadi identitasmu ketika di dunia maya. Tentu saja apabila kita tak menyembunyikan IP asli kita dapat saja mereka mengetahui informasi-informasi kita yang bersifat prifasi seperti negara asal kita dan posisi kita.

Fungsi lainya yaitu untuk membebaskan kita melakukan sesuatu di internet, contohnya IP asli kamu diblokir oleh situs A, maka kamu sudah tak dapat mengunjungi situs tersebut. Alternatifnya yaitu menggunakan IP palsu. Untuk menggunakanya cukup mudah, gunakan saja aplikasi IP Hider, contonya Utimate Hide IP

Baca :  Ngeblog Gratis? Inilah Pilihan Platform Blog Gratis Terbaik

Itulah sedikit tips agar kita dapat lebih aman saat berselancar di internet tanpa takut akan terkena virus atau jadi korban orang yang tak bertanggung jawab.

You may also like