Home Android Solusi Ampuh Mengatasi Facebook Tak Bisa Dibuka di Android

Solusi Ampuh Mengatasi Facebook Tak Bisa Dibuka di Android

by Erzed
Solusi Ampuh Mengatasi Facebook Tak Bisa Dibuka di Android
Solusi Ampuh Mengatasi Facebook Tak Bisa Dibuka di Android

Solusi Ampuh Mengatasi Facebook Tak Bisa Dibuka di Android – Facebook merupakan platform media sosial yang saat ini masih menduduki posisi teratas dengan pengguna terkaya. Hal ini menjadikan Facebook menjadi aplikasi yang paling kerap diunduh oleh pengguna gadget.

Akan tenamun, terkadang aplikasi Facebook berhenti secara tiba-tiba di saat Anda lagi menggunakannya. Bahkan, terkadang aplikasi ini juga tak dapat dibuka sama sekali di smartphone android. Nah, apabila kondisinya seperti ini, bagaimana cara mengatasinya?

Solusi Mengatasi Facebook Tak Bisa Dibuka di Android

Biasanya, yang meyebabkan aplikasi Facebook tak dapat dibuka merupakan sebab ruang memori internal yang semakin sedikit sesampai kemudian menciptakan aplikasi tak bekerja secara optimal.

Penggunaan RAM yang kaya tak hanya menyebabkan aplikasi Facebook bermasalah, namun berpengaruh pula pada aplikasi lain saat dibuka. Biasanya akan lemot dan bahkan gagal dibuka. Untuk mengatasinya, silahkan baca tips yang kami bagikan berikut ini.

1. Hapus Cache

Setiap Anda mengakses internet, akan terdapat file-file sementara yang ikut tersimpan di memori internal. Cache sebenarnya berperan untuk meningkatkan performa saat mengakses suatu aplikasi. Akan tenamun, apabila jumlahnya menumpuk justru akan mengganggu koneksi dan menimbulkan dampak buruk pada RAM dan memori internal.

Untuk itu, bersihkan cache secara rutin untuk menghindari gangguan saat membuka aplikasi Facebook inginpun aplikasi lainnya. Cara menghapus cache yaitu dengan masuk ke menu Settings > Storage > Pilih Aplikasi Facebook > Clear Cache (dapat berbeda pada tiap tipe smartphone).

Baca :  Inilah 8 Aplikasi Edit Foto Android Terbaik

Menghapus cache sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah dan cepat yaitu dengan bantuan aplikasi pembersih seperti Clean Master, Go Speed, dan sebagainya yang dapat menghapus cache pada semua aplikasi sekaligus. Namun, Anda perlu menginstall aplikasi pihak ketiga yang juga akan memakan memori dan RAM.

2. Force Stop dan Hapus Data Aplikasi

Cara kedua untuk mengatasi Facebook yang tak dapat dibuka merupakan dengan menghentikan aplikasi secara paksa (force stop) dan menghapus data (clear data) aplikasi. Lakukan langkah ini apabila cara pertama tak berhasil.

Dengan menghapus data, semua data login. Basis data, cache, history, dan lainnya akan terhapus secara otomatis. Caranya yaitu dengan masuk ke menu Settings >Storage > Pilih Aplikasi Facebook > Force Stop? Clear Data (dapat berbeda tiap tipe smartphone). Setelah data dihapus, Anda harus login account lagi untuk mengakses akun Facebook Anda kembali.

3. Update Aplikasi

Jika aplikasi Facebook Anda bermasalah dan tak ingin dibuka, cobalah melakukan pembaruan atau update aplikasi Facebook versi terbaru. Hal ini bertujuan agar aplikasi terbebas dari kerusakan inginpun error dan agar Anda dapat menikmati fitur baru yang tak Anda peroleh dari versi sebelumnya.

Untuk mengupdate aplikasi, Anda dapat langsung masuk ke Google Play Store kemudian ketikkan ‘Facebook’ pada kotak pencarian. Lalu, pilih ‘Update’ dan ‘Accept’.

4. Uninstall dan Reinstall Aplikasi

Cara berikutnya yang patut Anda coba untuk mengatasi Facebook yang tak dapat dibuka di perangkat android merupakan dengan menginstall ulang. Pertama, yang perlu Anda lakukan ialah uninstall aplikasi dahulu. Caranya dengan masuk ke Settings > Storage > Pilih Aplikasi Facebook > Uninstall.

Kemudian, install kemabli aplikasi Facebook ke perangkat android Anda dengan mengunduhnya terlebih dahulu di Google Play Store. Jalankan Google Play Store, ketikkan ‘Facebook’ pada kotak pencarian, lalu ‘Download’.

Baca :  WhatsApp Messenger APK Free Download For Android

Nah, itulah sedikit solusi mengatasi Facebook yang tak dapat dibuka di smartphone android. Cukup mudah, bukan? Semoga bermanfaat.

You may also like