Sejarah Operating System Android

Sejarah Operating System Android – Banyak dari kita mengenal Android merupakan ponsel, padahal pernyataan tersebut tak sepenuhnya benar. Kenapa? sebab Android sebenarnya merupakan sebuah System Operasi. Jadi terang disini, Android merupakan nama dari System Operasi / Operating System bukan nama ponsel.

Jika pada perangkat komputer atau laptop anda mengenal windows, linux dan MAC (Saya ambil dari OS yang paling kaya digunakan orang), Android merupakan salah satu keturunan dari Linux Operating System. Di dalam Linux sangat lah kaya, biasa disebut dengan istilah Distro.

Mulai dari Ubuntu, Debian, OpenSuse, RedHat. Setiap Induk dari linux masih mempunyai keturunan lagi, jadi apabila disebutkan sangatlah kaya.

Menurut Wikipedia, sejarah Android merupakan sebagai berikut

Android merupakan sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android awalnya dikembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan finansial dari Google, yang kemudian membelinya pada tahun 2005.

Sistem operasi ini dirilis secara resmi pada tahun 2007, bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance, konsorsium dari perbisnisan-perbisnisan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi yang bertujuan untuk memajukan standar terbuka perangkat seluler. Ponsel Android pertama mulai dijual pada bulan Oktober 2008.

Banyak dari kita mengenal Android merupakan ponsel Sejarah Operating System Android

Android, Inc. didirikan di Palo Alto, California, pada bulan Oktober 2003 oleh Andy Rubin (pendiri Danger),Rich Miner (pendiri Wildfire Communications, Inc.), Nick Sears (mantan VP T-Mobile), dan Chris White (kepala desain dan pengembangan antarmuka WebTV) untuk mengembangkan “perangkat seluler pintar yang lebih sadar akan lokasi dan preferensi penggunanya.

Tujuan awal pengembangan Android merupakan untuk mengembangkan sebuah sistem operasi canggih yang diperuntukkan bagi kamera digital, namun kemudian disadari bahwa pasar untuk perangkat tersebut tak cukup besar, dan pengembangan Android lalu dialihkan bagi pasar telepon pintar untuk menyaingi Symbian dan Windows Mobile (iPhone Apple belum dirilis pada saat itu).

Meskipun para pengembang Android merupakan pakar-pakar teknologi yang berpengalaman, Android Inc. dioperasikan secara diam-diam, hanya diungkapkan bahwa para pengembang lagi menciptakan sebuah perangkat lunak yang diperuntukkan bagi telepon seluler.

Masih pada tahun yang sama, Rubin kehadapatn uang. Steve Perlman, seorang teman dekat Rubin, meminjaminya $10.000 tunai dan menolak tawaran saham di perbisnisan. Google mengakuisisi Android Inc. pada tanggal 17 Agustus 2005, menjadikannya sebagai anak perbisnisan yang sepenuhnya dimiliki oleh Google.

Dengan demikian sudah terang seperti yang admin sebutkan diatas bahwa android bukan lah nama ponsel, melainkan Operating System. Terimkasih sudah berkungjung ke umahdroid.com, semoga bermanfaat.
Comments