Home Komputer Plus-Minus Windows 10 dan Cara Optimalisasinya

Plus-Minus Windows 10 dan Cara Optimalisasinya

by Erzed

Plus-Minus Windows 10 dan Cara Optimalisasinya – Merupakan kelanjutan pengembangan Operating System (OS) milik Windows, Windows 10 menjadi generasi penerus Windows 8 dam di gadang sebagai generasi termutahir dari windows. Windows 10 Pro Final merupakan versi terbaru saat ini untuk Windows 10, dengan begitu berarti versi Windows 10 Pro Final ini sudah dapat dibeli di situs resmi Microsoft. Operating System yang dirilis pada tanggal 29 Juli 2019 ini juga menawarkan update gratis bagi yang sebelumnya menggunakan Windows 7 dan Windows 8.

Digadang sebagai sistem operasi Windows yang termutakhir, sudah dapat dipastikan bahwa pengembang telah menambahkan fitur fitur menarik yang menjadi keunggulan atau nilai plus bagi Windows 10 ini dalam menarik perhatian penggunanya.

Plus-Minus Windows 10 dan Cara Optimalisasinya

Nilai Plus atau Keunggulan Microsoft Windows 10

1. Upgrade Gratis
Menjadi nilai plus yang nomor satu. Anda tak membutuhkan biaya sepeserpun untuk upgrade sistem operasi Windows anda yang sebelumnya Windows 7 atau Windows 8. Lewat situs resmi Microsoft anda dapat melakukan upgrade OS tanpa berbayar. Khususnya untuk para pemilik Software Windows genuine atau asli.

2. Graphic User Interface (GUI) dan Tampilan yang Menarik
Mengusung pengembangan dari Windows 8, Windows 10 mengembangkan tampilan yang lebih menarik dan lebih simpel. Graphic User Interface (GUI) yang mudah dimengerti oleh pengguna atau kerapkali disebut user friendly juga berkontribusi dalam memenangkan hati pengguna untuk memilih Windows 10 sebagai sistem operasi komputer keadminngannya. Ditambah dengan kembalinya tombol ‘start’ ikonik dari windows yang sebelumnya hilang di windows 8.

Dibandingkan Windows 8, Windows 10 secara tampilan sangat jauh melampaui pendahulunya tersebut. Meski dari besutan pengembang yang sama, kedua versi Windows ini sangat jauh berbeda secara keseluruhan dari segi tampilannya.

Baca :  Cara Mematikan Komputer/Laptop Tanpa Menutup Program

3.Penambahan Fitur Virtual Desktop
Virtual Desktop Merupakan salah satu fitur terbaru dari Windows 10. Virtual Desktop ini disisipkan ada versi Windows 10 Pro Final. Fitur ini mecukupkan pengguna menciptakan lebih dari sebuah desktop dengan tujuan dan tema tersendiri (personalasisasi yang otonom). Oleh sebabnya, dengan menggunakan Windows 10, anda mampu menciptakan lebih dari satu desktop untuk mengurangi kebosanan anda hanya dengan satu klik saja.

Fitur ini tak terdapat pada versi versi pendahulunya seperti Windows 7, dan Windows 8. Nampak seperti fitur yang kerap digunakan oleh Linux yang menyediakan sekurang kurangnya empat virtual desktop. Tentu saja Microsoft tak ingin kalah dengan merilis fitur tersebut di Windows 10 ini.

4. Sistem Keamanan yang Futuristik
Sistem keamanan yang serba canggih dan futuristic bertajuk ‘Windows Hello’ mecukupkan pengguna untuk dapat masuk atau sign in ke dalam komputer dengan menggunakan scan wajah (face recognition) atau sidik jari (fingerprint) yang pasti data yang digunakan untuk sign in tersebut bersifat unik untuk setiap pengguna. Kecukupan untuk dibobol sangat kecil.

5.Cortana
Windows 10 juga menghadirkan fitur baru yang bernama ‘Cortana’. Cortana ini merupakan sebuah aplikasi yang mirip digital assistant yang dapat mendukung bermacam aktivitas penggunanya dalam melaksanakan bermacam hal lewat perintah suara dari pengguna.

Hebatnya lagi, Cortana dapat mempelajari kegiatan dan hal yang kerap dilakukan oleh pengguna ketika mengoperasikan komputernya. Selain itu Cortana juga dapat dijadikan sebagai tempat mengobrol layaknya teman di dalam kehidupan nyata.

Plus-Minus Windows 10 dan Cara Optimalisasinya

Kekurangan Windows 10

1. Kompabiltas dengan bermacam Aplikasi dan Game yang kurang
Mungkin disebabkan Windows 10 merupakan sistem operasi baru, masih kaya aplikasi dan game yang belum kompatibel dengan sistem operasi baru hasil pengembangan Microsoft ini. Masih terbatasnya pengembang aplikasi dan game yang mengembangkan kompabilitas ke Windows 10 merupakan faktor tersendiri yang menjadikan hal ini kekurangan Windows 10.

Baca :  Inilah Pengertian dan Perbedaan HDD IDE , ATA ,SATA , dan SSD

2. Default Browser yang sukar diubah
Dalam setiap versi Windows selalu dimasukkan Web Browser bawaan. Sebagaimana misalnya Internet Explorer pada Windows XP, Vista, 7 dan Windows 8. Akan tenamun, pada Windows 10 dimasukkan Web Browser yang berjuluk ‘Microsoft Edge’. Pengguna akan sukar dalam mengubah web browser sebab Windows memproteksi Sistem Operasinya.

3. Size Download yang Besar
Bagi anda user Windows 7 dan Windows 8 yang lebih memilih ingin meningkatkan sistem operasi menuju windows 10 dengan download. Maka harus anda siapkan koneksi internet yang lancar, disebabkan ukuran yang cukup besar (sekitar 3 GB) dan dengan tak dikompleksi kapabilitas untuk pause proses download anda.

Optimalisasi Windows 10

Untuk memaksimalkan kinerja dan penggunaan Windows 10 pada komputer anda, ada sedikit langkah yang dapat anda coba, seperti:

Plus-Minus Windows 10 dan Cara Optimalisasinya

1. Memenonaktifkan Startup Program yang dirasa Kurang Diperlukan
Startup program ialah semua program aplikasi yang berjalan otomatis ketika komputer dinyalakan. Uniknya pada windows 10, semua aplikasi tersebut dapat anda lihat pada taskbar. Tekan Ctrl+Shift+Esc untuk memunculkan task manager, pergilah ke tab “startup” kemudian pilih aplikasi yang ingin dimenonaktifkan kemudian klik kanan dan pilih Disable untuk memenonaktifkannya.

2. Membersihkan data-data yang tak penting
Dalam setiap harinya, Windows menciptakan data-data sementara di media penyimpanan anda. Data ini biasanya dibuat dari program yang digunakan atau aktivitas Windows lainnya. Membersihkan data-data ini secara berkala mampu meningkatkan kecepatan kinerja Windows 10 anda.

Untuk membersihkan data-data tak penting, buka Start dan ketik “disk cleanup” dan enter. Pilih data tak penting yang ingin anda hapus setelah windows selesai memindai seluruh media penyimpanan, kemudian klik OK. Baiknya hal ini dilakukan setiap bulan sekali.

Baca :  Cara Simple Melihat IP Address Komputer/Laptop

3. Mengecek Virus dan Malware
Virus dan malware pastinya akan berdampak negatif untuk kesehatan komputer anda. Anda dapat gunakan windows defender – anti-virus yang terintegrasi langsung pada Windows 10 anda atau program anti-virus lainnya.

Itulah Plus-Minus Windows 10 dan tips singkat untuk meningkatkan atau optimalisasi kinerjanya. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk anda

You may also like