Perbedaan Layar qHD, HD, Full HD, Quad HD, dan Ultra HD Smartphone

Kenali Jenis Resolusi Layar HP di Masa Kini – Semakin tinggi resolusi layar, semakin jernih pula tampilannya. Saat ini ada sedikit istilah seperti layar HD, full HD, qHD, QHD, dan sebagainya. Apa perbedaan mereka?

Pada hari ini ini admin akan membahas tentang apa saja yang membedakan antara ukuran layar ponsel-ponsel pintar masa masa kini.

Kenali Jenis Resolusi Layar HP di Masa Kini  Perbedaan Layar qHD, HD, Full HD, Quad HD, dan Ultra HD Smartphone

Dengan semakin beragamnya smartphone dewasa ini, maka spesifikasi yang ditawarkan oleh perbisnisan mobile phone juga berbeda-beda. Salah satunya merupakan dari segi layar.

Display Screen Resolution

Perhatikan gambar berikut untuk melihat smartphone display resolution statistics dari tahun ke tahun ( 2007 sampai tahun 2014 ):

Kenali Jenis Resolusi Layar HP di Masa Kini  Perbedaan Layar qHD, HD, Full HD, Quad HD, dan Ultra HD Smartphone

Dari data tersebut kita dapat melihatnya dengan terang, perkembangan display resolution dari smartphone semakin berkembang. Tahun 2014 merupakan tahun dengan peningkatan tertinggi dibanding tahun-tahun sebelumnya.

1. SD

Resolusi terendah untuk layar monitor, tablet, inginpun smartphone dalam 5 tahun belakangan ini merupakan 640 x 480 piksel, atau dikenal dengan sebutan SD (Standard Definition) atau VGA (Video Graphics Array).

Baca juga :

2. FWVGA

Setelah mengalami perkembangan, resolusi layar smartphone terkecil saat ini sudah meningkat menjadi 854 x 480 piksel, atau dikenal dengan istilah FWVGA (Full Wide Video Graphics Array).

3. HD

Peningkatan layar ini juga berlaku untuk tablet serta smartphone, dimana rata-rata smartphone saat ini sudah terdapat resolusi layar 1.280 x 720 piksel, kerap dikenal dengan istilah 720p atau HD. Apa itu HD? HD merupakan singkatan dari High Definition.

4. qHD

Khusus untuk smartphone entry-level, masih kaya juga yang menggunakan resolusi layar 960 x 540 piksel yang dikenal dengan istilah qHD (quarter high definition), ditulis dengan huruf “q” kecil, bukan “Q” besar.

5. FHD

Sekarang ini, hampir semua smartphone high-end, resolusi layar yang digunakan sudah mencapai 1.920 x 1.080 piksel, kerap disebut FHD atau full HD (Full High Definition).

6. QHD

Walaupun dengan resolusi tersebut sudah sangat mencukupi untuk sebuah smartphone, namun produsen seperti Samsung atau LG justru menggunakan resolusi lebih tinggi lagi untuk smartphone flagship buatannya, yaitu 2.560 x 1.440 piksel, juga disebut sebagai 2K, QHD, atau quad HD (Quad High Definition).

Resolusi Layar Ideal Untuk Smartphone

1. HD 1.280 x 720 px

Untuk smartphone dengan layar 4,5-5 inci, resolusi HD (1.280 x 720 piksel) merupakan resolusi yang mumpuni dan terasa pas.

Selain masih tergolong tinggi, resolusi HD juga tak terlalu membebani GPU pada smartphone. Maka salah satu imbasnya yang dapat dirasakan seperti lebih lancar saat bermain game Android.

2. Full HD 1.920 x 1.080 px

Selanjutnya, resolusi full HD (1.920 x 1.080 piksel) baru akan terasa optimal untuk smartphone yang ditenagai layar 5-5,5 inci. Ini sebab kerapatan layar yang dimilikinya baru dapat terlihat dan terasa di layar yang cukup besar.

3. 2K QHD dan 4K UHD

Lalu bagaimana dengan resolusi 2K (QHD) atau bahkan 4K (UHD)? Resolusi sebesar itu sebenarnya tak diperlukan untuk layar smartphone. Umumnya, mata manusia tak dapat menangkap dan menikmati kerapatan layar setinggi itu pada layar sekecil layar smartphone.

Nah itu dia penterangan serta perbedaan dari qHD, HD, Full HD, Quad HD, dan Ultra HD pada HP di era sekarang. Semoga dapat menjadi referensi dan ilmu untuk teman-teman. Semoga bermanfaat!
Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More