Perbedaan Akun Google Adsense Rupiah dan Adsense Dollar

Posted on
Perbedaan Akun Google Adsense Rupiah dan Adsense Dollar
Perbedaan Akun Google Adsense Rupiah dan Adsense Dollar

Perbedaan Akun Google Adsense Rupiah dan Adsense Dollar-Sebagaimana yang kita ketahui, sejak november 2019 yang lalu dari pihak google adsense memberlakukan kebijakan baru seputar  akun adsense, yaitu menyesuaikan akun dengan Negara yang di pergunakan saat melakukan proses pendaftaran.

Jadi apabila kita para publisher indonesia maka akun adsense yang di dapat ialah akun adsense IDR, dan apabila daftar melalui negara amerika maka akun yang di dapat merupakan US, dan itu juga berlaku untuk negara-negara yang lainnya. Berikut perbedaan antara akun IDR dengan US, sekompleksnya.

Perbedaan Akun Google Adsense Rupiah dan Adsense Dollar

 

1.Naungan Google Terhadap Akun Adsense

Perbedaan yang pertama terletak pada naungan Google terhadap akun Adsense yang Anda miliki. Jika Anda terdapat akun Adsense Rupiah/IDR maka akun tersebut akan berada di bawah naungan Google Asia Pasific Pte. Ltd. Sedangkan apabila Anda terdapat akun Adsense $ dollar, maka akun Anda akan berada di bawah naungan Google. Inc.

2.Mata Uang Yang Digunakan

Pada awalnya, Google Adsense hanya menggunakan mata uang $ dollar sebagai standar pelaporan pada dasbor akun anggotanya. Namun, sekarang mata uang yang digunakan pada dasbor akun adsense disesuaikan dengan wilayah negara masing-masing anggotanya.

Baca Juga: Tutorial Membuat Akun Adsense Cepat Diterima Tahun 2019 Full Approve

Sebagai contoh, apabila Anda tinggal di Indonesia maka secara otomatis mata uang yang dipakai pada dasbor akun Anda merupakan Rupiah/IDR. Jika Anda terdapat akun Adsense dollar, maka mata uang yang ditampilkan pada dasbor akun Adsense Anda merupakan $ dollar.

3.Metode Pembayaran Saldo

Perbedaan yang ketiga terletak pada metode pencairan saldo dari Google Adsense.  Jika saldo yang Anda miliki sudah mencapai batas pencairan dana, biasanya sebesar 10 US dollar, Anda dapat melakukan pencairan saldo sesuai dengan tipe akun yang Anda miliki.

Baca Juga: Cara Membuat Dan Mendaftar Akun Google Adsense Secara Lengkap

Untuk akun Google Adsense rupiah, Google tak menyediakan pilihan metode pembayaran melalui Western Union. Sebagai menggantinya, Google menyediakan opsi pembayaran melalui transfer bank lokal.

Metode pembayaran saldo ini dapat dilakukan hampir di seluruh bank lokal Indonesia. Jika menggunakan metode transfer ini, tentunya akan dikenakan biaya administrasi dan proses pencairan juga memakan waktu setaknya 1 sampai kemudian 3 hari.

Sedangkan untuk akun Google Adsense dollar, proses pembayaran saldonya dapat melalui transfer bank dan Western Union setempat atau menggunakan payoneer untuk mengmenggantikan proses transfer melalui bank.

4.Kriteria Pengguna

Jika Anda mendaftar akun Google Adsense melalui email dan alamat yang terdeteksi dari Indonesia, maka Anda akan memperoleh akun Google Adsense Rupiah/IDR. Sedangkan akun Google Adsense Dollar hanya dapat diperoleh oleh pendaftar yang terdapat email dan alamat verifikasi dari negara US.

5.Pengaruh Kurs Mata Uang

Perbedaan terakhir terletak pada pengaruh kurs mata uang terhadap nilai saldo yang dimiliki oleh anggota Adsense. Bagi anggota Google Adsense Rupiah, nilai saldo yang dimilikinya tak terpengaruh terhadap naik turunnya nilai kurs dollar sebab menggunakan kurs rupiah yang relatif stabil meskipun nilainya tergolong kecil.

Pada akun Google Adsense Dollar, nilai saldonya tergantung pada naik turunnya nilai kurs dollar terhadap rupiah. Jika nilai kurs dollar semakin tinggi, maka nilai saldo publisher juga akan meningkat namun apabila nilai kurs dollar mengalami penurunan, maka nilai saldonya pun akan menurun.

Itulah sedikit perbedaan akun Google Adsense rupiah dan Adsense dollar yang dapat Anda pertimbangkan sebelum mendaftar menjadi anggota Adsense. Jika suatu saat nanti Anda berhasil menjadi anggota Google Adsense, tetaplah berfokus pada konten blog Anda dan selalu taati aturan dari Adsense agar akun anda terhindar dari banned. Happy blogging.