Home Komputer Pengertian dari 32-bit dan 64-bit pada Windows serta Kelemahan dan Kelebihannya

Pengertian dari 32-bit dan 64-bit pada Windows serta Kelemahan dan Kelebihannya

by Erzed
Pengertian dari 32-bit dan 64-bit pada Wiindows
Pengertian dari 32-bit dan 64-bit pada Windows

Pengertian dari 32-bit dan 64-bit pada Windows serta Kelemahan dan Kelebihannya – Seringkali saat Laptop atau komputer kita rusak dan kita ingin menginstal suatu sistem operasi, drive hardware, atau software aplikasi, atau lainnya, kita selalu menemui istilah 32-bit atau 64-bit. Nah, tahukah anda apa artinya itu?

Saya yakin sebenarnya kaya pengguna yang belum paham istilah tersebut. Untuk itu, pada hari ini kali ini, admin telah rangkum penterangan mendetail seputar arti dari 32 bit dan 64 bit, kompleks dengan penterangan detailnya. Silahkan dibaca.

Arti 32-bit dan 64-bit dalam windows
Bit merupakan cara komputer mengolah informasi dalam bentuk kode binary. Sedangakan istilah 32-bit dan 64-bit merupakan acuan kemampuan CPU (Central Processor Unit) dalam menangani bit-bit informasi.

Proses data
Dalam suatu CPU, ada suatu register yang digunakan untuk mempercepat proses eksekusi informasi yang biasa dikenal dengan tempat penyimpanan data sementara. Sesampai kemudian maksud dari 32-bit merupakan kayanya data yang dapat di proses secara bersamaan hanya sampai 32 digit data lagikan 64-bit berarti 64 digit data yang dapat digunakan secara bersamaan.

Baca Juga: Cara Mudah Bersihkan Debu Di Keyboard Laptop

Memori dan register
Besarnya suatu bit berpengaruh pada pemanfaatan memori. Jika dalam sebuah CPU terdapat register 32-bit maka ini berarti CPU ini dapat mengakses sampai 32 alamat register. Juga pada register 32-bit terdapat 2 perangkat yang mampu mengakses data sampai 4GB RAM dengan 1 DIIM memori kapasitas 2 GB.

Sedangkan untuk penggunaan CPU dengan register 64-bit terdapat perangkat dan alamat register 2x lipat lebih kaya dari register 32-bit sesampai kemudian kemampuan mengakses datanya lebih kaya. Memori yang dapat di akses register 64-bit mencapai 17 GB.

Baca :  Cara Melakukan Defrag Hardisk Pada Windown 8/8.1

Biasanya penggunaan 64-bit lebih kaya digunakan untuk seseorang yang berkecimpung di bidang desain grafis, sebab kaya program desain grafis yang membutuhkan kapasitas perangkat dan alamat register yang lebih besar.

Operating System (OS)
Dalam proses memaksimalkan kerja computer, kita wajib menyesuaikan versi operating sistem dengan jenis penggunaan CPUnya. Jika tak dilakukan, biasanya komputer kita akan menjadi lambat dalam menjalankan fungsinya.

Contohnya, bila kita menggunakan CPU dengan register 64-bit maka lebih cocok digunakan pada sistem operasional windows 7 lagikan register 32-bit digunakan pada jenis sitem operational windows XP.

Yang perlu diketahui, bahwa dalam proses penginstalan sistem operasi, kita dapat menggunakan system operasional 32-bit pada sistem operasional 64-bit, namun sebaliknya, kita tak dapat menggunakan sistem operasi 64-bit pada sistem operasi yang berkapasitas 32-bit.

Kelebihan dan kekurangan sistem operasi 32-bit dan 64-bit

1. Sistem operasi 32-bit
Dalam pengoperasionalan system operasi 32-bit, tentu terdapat kelebihan dan kekurangan yang perlu kita tahu. Kelebihan dari system operasi 32-bit merupakan pada proses penjalanan aplikasi berbasis prosesor yang berada dibawahnya, seperti 8-bit dan 16-bit akan lebih mudah dilakukan.

Selain itu, OS 32-bit bersifat compatible serta kinerjanya yang lebih optimal bila digunakan pada kapasitas RAM 2GB, dan dapat digunakan pada drive lama yang RAMnya kurang dari atau sama dengan 4GB.

Sedangkan kekurangan penggunaan sistem operasi 32-bit ialah tak dapat digunakan pada aplikasi atau program berbasis 64-bit, tak dapat digunakan pada drive yang RAMnya lebih dari 4GB dan tak dapat menjalankan aplikasi yang ukurannya besar

2. Sistem operasi 64-bit
Kelebihan dari penggunaan sistem operasi 64-bit merupakan dapat digunakan pada basis proses dibawahnya, kapsitas RAMnya lebih dari 4GB, dan dapat menjalankan aplikasi berukuran besar, biasanya game.

Baca :  Cara Install dan Install Ulang Windows 7+ dengan Flashdisk

Sedangkan kekurangan dari sistem operasi 64-bit hanyalah tak mampu digunakan pada drive lama yang RAMnya kurang dari atau sama dengan 4GB.

Itu baru saja merupakan pengertian sistem operasai 32-bit dan 64-bit serta kelebihan dan kekurangannya. Semoga bermanfaat.

 

You may also like