Home Komputer Motherboard, Fungsi, Bagian-Bagiannya dan Cara Merawatnya Agar Awet serta Berfungsi Maksimal

Motherboard, Fungsi, Bagian-Bagiannya dan Cara Merawatnya Agar Awet serta Berfungsi Maksimal

by Erzed
Motherboard - Fungsi, Bagian-Bagiannya dan Cara Merawatnya Agar Awet serta Berfungsi Maksimal
Motherboard – Fungsi, Bagian-Bagiannya dan Cara Merawatnya Agar Awet serta Berfungsi Maksimal

Motherboard – Fungsi, Bagian-Bagiannya dan Cara Merawatnya Agar Awet serta Berfungsi Maksimal – Hardware atau yang lebih kita kenal dengan perangkat keras komputer merupakan bagian dari komputer yang bersifat konkret atau dapat kita lihat wujud fisiknya.

Hardware komputer terdiri dari sedikit komponen elektronika yang membentuk modul-modul yang diberi nama sesuai dengan fungsi nya. Dan dari sekian komponen atau perangkat yang terdapat pada komputer, salah satu perangkat yang paling utama dan vital perannya merupakan Mainboard atau Motherboard.

Apa itu Motherboard?
Motherboard sendiri merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang terdapat peran utama dan paling vital. Motherboard berbentuk papan sirkuit, yang berupa pcb yang terdapat bermacam komponen elektronik yang saling terhubung. Motherboard mempunyai tugas untuk mengatur hal-hal teknis seputar BIOS, Chipset ,RAM, VGA card, prosesor, dan additional card (PCI, ISA).

Baca juga: Tips Agar Aman Saat Berselancar di Internet

Fungsi dari Motherboard
Motherboard, dapat di bilang merupakan pusat penghubung antara satu perangkat keras dengan perangkat keras yang lainnya. Ini artinya, sistem kerja motherboard menghubungkan bermacam bahasa pemrograman antar hardware agar di sinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat dalam suatu komputer. Dilihat dari fungsi nya maka tak salah apabila Motherboard merupakan perangkat keras yang paling vital dalam sebuah computer.

Bagian-bagian Motherboard dan fungsinya
Motherboard terdiri dari bermacam macam komponen penting. Apa sajakah komponen-komponen tersebut dan apa saja fungsinya? Berikut penterangannya:

1.Chipset
Chipset merupakan sebuah sirkuit elektronik yang mengkoordinir transfer data antara bermacam komponen computer termasuk prosesor dan memori. Yang paling penting dalam pemilihan motherboard yaitu dari jenis chipset nya. Hal ini disebabkan chipset berpengaruh memaksimalkan computer.

Baca :  Mengatasi NOX App Player Stuck di 99%

2.BIOS
BIOS ialah program yang dapat di katakan sebagai antar muka antara sistem dengan motherboard. Dan untuk letaknya, BIOS terdapat dalam ROM (Read-Only-Memory). Di dalam BIOS terdapat program yang digunakan mengatur bagaimana komponen yang terpasang di motherboard dapat bekerja.

3.Batery CMOS
Komponen ini merupakan sirkuit synchronises dengan sistem sinyal. Baterai ini berfungsi sebagai sumber tenaga untuk komponen-komponen yang terpasang pada motherboard.


4.Socket/Slot Prosessor
Pada umumnya terdapat dua jenis tipe untuk prosessor yaitu socket dan slot. Dalam setiap motherboard hanya terdapat satu jenis saja. Namun ada juga motherboard yang terdapat lebih dari satu socket atau slot, biasanya digunakan untuk multi prosessor

5.Slot RAM
Setiap jenis motherboard terdapat Slot RAM yang berbeda beda. Untuk motherboard keluaran terlama menggunakan slot SDRAM, lagikan untuk motherboard jenis terbaru menggunakan DDR3

6.Slot Ekspansi
Slot ini merupakan tambahan pada komputer. Apabila anda ingin meng upgrade komputer, maka anda tinggal menambahkan peralatan peralatan yang dibutuhkan di expansion.


7. I/O port
Komponen ini merupakan bagian yang terlihat dari luar casing motherboard, yang berupa kumpulan port sebagai input atau output dari kabel kabel seperti VGA, LAN, PS/2, dan USB.


Lalu Bagaimana Cara Merawat Motherboard Dengan Benar?

Sebagaimana yang sudah diterangkan, dapat anda ketahui bahwa motherboard merupakan bagian yang penting dalam sebuah komputer. Lalu bagaimana cara merawat motherboard agar tahan lama dalam pemakaian? Berikut jawabannya:

1.Pastikan untuk selalu memakai UPS serta stavolt yang berkwalitas baik guna mengamankan tegangan listrik yang kadang tak stabil, ini bertujuan agar tak berpengaruh buruk terhadap kinerja mainboard apabila mendadak terjadi perubahan tegangan listrik.

Baca :  Tutorial Menurunkan CPU Usage yang Tinggi

2.Bersihkan bagian dalam CPU khusus nya mainboard  paling tak 3 bulan sekali atau sesuai dengan kebutuhan

3.Jangan menutup ventilasi udara pada casing sesampai kemudian dapat memperlancar terjadinya pertukaran udara bebas ke dalam ruang Centra Processing Unit (CPU) agar terjaga temperatur di dalam ruang CPU.

4.Bersihkan slot-slot yang menghubungkan mainboard dengan komponen lainnya dari debu.

5.Jangan lupa perhatikan ada atau tak baut-baut yang tertinggal di dalam mainboard , apabila ada segera angkat dari tempatnya untuk menghindari korslet.

6.Jangan memsupayakan komputer tak digunakan atau tak dihidupkan dalam kurun waktu yang cukup lama. Usahakan sebaiknya digunakan 3 kali dalam seminggu.

Nah, sangat besar bukan peran dari sebuah motherboard dalam suatu komputer? So, untuk itu pastikan anda membeli produk yang berkwalitas, dan jangan lupa untuk selalu rajin merawatnya, agar awet dan tahan lama. Semoga bermanfaat…

You may also like