Home RPL Mengenal Apa Itu XAMPP, Pengertian XAMPP, Fungsi XAMPP Adalah

Mengenal Apa Itu XAMPP, Pengertian XAMPP, Fungsi XAMPP Adalah

by Erzed
Mengenal Apa Itu XAMPP – Assalamualaikum wr.wb,
 Postingan admin kali ini akan membahas Mengenai Aplikasi XAMPP Mengenal Apa Itu XAMPP, Pengertian XAMPP, Fungsi XAMPP Adalah
Postingan admin kali ini akan membahas Mengenai Aplikasi XAMPP
XAMPP merupakan perangkat yang menggabungkan tiga aplikasi kedalam satu paket,yaitu Apache,MySQL,dan PHPMyAdmin,Dengan Xampp pekerjaan anda sangat dimudahkan sebab dapat menginstalasi dan mengkonfigurasi ketiga aplikasi tersebut dengan sekaligus dan otomatis
 Postingan admin kali ini akan membahas Mengenai Aplikasi XAMPP Mengenal Apa Itu XAMPP, Pengertian XAMPP, Fungsi XAMPP Adalah
Fungsi XAMPP sendiri merupakan sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri sedikit program antara lain : Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP sendiri merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah untuk digunakan yang dapat menampilkan halaman web yang dinamis. Untuk mendapatkanya XAMPP anda dapat mendownload langsung dari web resminya. Dan berikut sedikit definisi program lainnya yang terdapat dalam XAMPP.
Server HTTP Apache atau Server Web/WWW Apache merupakan server web yang dapat dijalankan di kaya sistem operasi seperti (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows dan Novell Netware serta platform lainnya) yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas web/www ini menggunakan HTTP.
MySQL merupakan sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB menciptakan MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tenamun mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tak cocok dengan penggunaan GPL.
PHP: Hypertext Preprocessor merupakan bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP kaya dipakai untuk memrogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS.
phpMyAdmin merupakan perangkat lunak bebas yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP yang digunakan untuk menangani administrasi MySQL melalui Jejaring Jagat Jembar (World Wide Web). phpMyAdmin mendukung bermacam operasi MySQL, diantaranya (mengelola basis data, tabel-tabel, bidang (fields), relasi (relations), indeks, pengguna (users), perijinan (permissions), dan lain-lain).Pada dasarnya, mengelola basis data dengan MySQL harus dilakukan dengan cara mengetikkan baris-baris perintah yang sesuai (command line) untuk setiap maksud tertentu. Jika seseorang ingin menciptakan basis data (database), ketikkan baris perintah yang sesuai untuk menciptakan basis data. Jika seseorang menghapus tabel, ketikkan baris perintah yang sesuai untuk menghapus tabel. Hal tersebut tentu saja sangat menyulitkan sebab seseorang harus hafal dan mengetikkan perintahnya satu per satu.
Saat ini kaya sekali perangkat lunak yang dapat dimanfaatkan untuk mengelola basis data dalam MySQL, salah satunya merupakan phpMyAdmin. Dengan phpMyAdmin, seseorang dapat menciptakan database, menciptakan tabel, mengisi data, dan lain-lain dengan mudah, tanpa harus menghafal baris perintahnya.
phpMyAdmin merupakan bagian untuk mengelola basis data MySQL yang ada di komputer. Untuk membukanya, buka browser lalu ketikkan alamat localhost/phpmyadmin, maka akan muncul halaman phpMyAdmin. Di situ nantinya seseorang dapat menciptakan (create) basis data baru, dan mengelolany


Sumber Web Wanajay

Baca :  10 Text Editor Terbaik Biar Kamu Makin Jago Coding Terbaru 2019

You may also like