Home TKJ Mengenal Apa itu Sysadmin ? Tugas, Pengertian, Arti, Adalah, Maksud, Prinsip, Definisi

Mengenal Apa itu Sysadmin ? Tugas, Pengertian, Arti, Adalah, Maksud, Prinsip, Definisi

by Erzed
 atau sysadmin merupakan seseorang yang dipekerjakan untuk memelihara dan mengoperasikan sist Mengenal Apa itu Sysadmin ? Tugas, Pengertian, Arti, Adalah, Maksud, Prinsip, Definisi

Kenali siapa Administrator Sistem Anda

Seorang administrator sistem (System Administrator), administrator sistem TI, sistem administrator, atau sysadmin merupakan seseorang yang dipekerjakan untuk memelihara dan mengoperasikan sistem komputer dan / atau jaringan. Sistem administrator cukup menjadi anggota dari suatu departemen/divisi dari teknologi informasi (TI).
Menjelang munculnya komputer modern, sistem administrator (SisAdmin) atau System Administrator (SysAdmin) yang digunakan untuk mengelola sistem komputer mainframe yang terbatas oleh ruang (Indoor). 
Namun seiring perkembangan, saat ini sistem administrator sudah mampu memanfaatkan sistem nirkabel dan PC untuk dapat dioperasikan di mana saja termasuk lokasi outdoor. Keterampilan mereka sangat diperlukan untuk setiap perbisnisan yang membutuhkan untuk interkoneksi dunia digital. Tugas dari Sistem Administrator bervariasi tergantung di industri mana ia bekerja, meskipun secara praktis mereka bekerja untuk mengurus sistem komputer perbisnisan.

Tugas System Administrator (SysAdmin)

Dalam sebuah perbisnisan, salah satu tugas utama SysAdmin merupakan pada pengelolaan server perbisnisan. Mereka juga bertanggung jawab untuk menginstal, mengmenggantikan, dan memelihara server bersama-sama dengan dalam memastikan bahwa server Anda terdapat program yang tepat untuk proses tepat back-up. Ini merupakan tugas dari setiap administrator sistem untuk memastikan data perbisnisan tak benar-benar diakses oleh orang atau dari lokasi tempat yang tak sah (Ilegal). Mereka juga melakukan pemrograman dasar seperti mengembangkan program untuk mengotomatisasi sedikit fungsi.
“Tugas-tugas seorang administrator sistem yang luas, dan sangat bervariasi dari satu organisasi ke yang lainnya. Sysadmin biasanya melakukan tugasnya dengan menginstal, mendukung dan memelihara server atau sistem komputer lain, dan perencanaan untuk dan menanggapi pemadaman layanan dan masalah lainnya. Tugas lain cukup termasuk scripting atau pemrograman ringan, manajemen proyek untuk sistem-proyek terkait, mengawasi atau pelatihan operator komputer, dan menjadi konsultan untuk masalah komputer di luar pengetahuan staf dukungan teknis. Untuk melakukan pekerjaan nya dengan baik, seorang administrator sistem harus menunjukkan campuran keterampilan teknis dan tanggung jawab.”
Ruang lingkup Pekerjaan (Job Desk) Seorang administrator sistem di Perbisnisan bahkan mencakup penggunaan keahlian dan pengalamannya sebagai administrator jaringan dan database untuk memasok dukungan ke divisi lain. Selain pekerjaan konfigurasi server, mereka juga menangani tugas-tugas lain misalnya troubleshooting seluruh program untuk kesalahan dan ancaman keamanan (security Threat) dan menginstal aplikasi multimedia yang digunakan oleh perbisnisan. Saat ini seorang administrator sistem merupakan elemen yang fundamental bagi sebuah perbisnisan. Inilah sebabnya mengapa ada pertumbuhan dalam profesi ini terutama dengan pertumbuhan menggunakan perangkat komputer dan program untuk menjalankan bermacam operasi. Dengan kompleksitas tingkat yang lebih tinggi dalam komputerisasi dikaitkan dengan peningkatan kegiatan bisnis, oleh sebab itu kaya sekali permintaan terhadap administrator yang kompeten dan berpengalaman.

Batas waktu pekerjaan Administrator Sistem

Hampir setiap organisasi perbisnisan paling tak harus terdapat satu divisi IT dan teknik jaringan komputer. Menurut Data Biro Studi Tenaga Kerja, lebih dari 90% administrator sistem bekerja penuh waktu. Tanggung jawab mereka melibatkan bekerja lembur pada malam hari dan bahkan akhir pekan mereka dihabiskan untuk pekerjaan ini. 

Pentingkah gelar atau sertifikat IT?

Ini merupakan salah satu industri di mana pengalaman pasti lebih berharga daripada gelar sarjana dalam ilmu komputer atau kursus terkait baru. Namun, ketika seiring meningkatnya persaingan untuk posisi dengan bidang ini, gelar cukup menjadi aset berharga untuk dapat dimasukkan sebagai bahan pertimbangan bagi pihak managemen. Sebab, akan lebih penting dalam pemahaman yang baik tentang teknologi konsep yang dibuat pada daripada pengetahuan simpel bagaimana teknologi bekerja. Sebuah hasil dari kompleksitas peran dalam bidang ini, Anda diminta untuk mempelajari pengetahuan di bidang berikutnya: Pengelolaan lingkungan komputasi sulit, Penggunaan perangkat lunak dengan platform beragam , Penggunaan alat coding dan ‘bahasa’ scripting; Ancaman Keamanan dan teknologi, teknologi Web.
Banyak Pemilik Perbisnisan lebih memilih administrator sistem yang mampu terdapat kemampuan yang luas, yang melibatkan bekerja di program operasi yang berbeda seperti Windows sistem, Macintosh, di samping sistem Linux. Sertifikasi yang paling diinginkan termasuk Cisco, CompTIA, dan juga program Microsoft lainnya. Ada profesional lainnya dengan bidang ini yang tak membutuhkan pendidikan formal tenamun sangat terampil melalui pengalaman dan pendidikan pribadi.
Anda cukup memutuskan untuk mendapatkan sertifikasi melalui aplikasi dalam Sistem Informasi Manajemen atau empat tahun program gelar penuh Ilmu Komputer (sarjana). Hal ini juga penting untuk mendapatkan pengetahuan dan pemahamanan mendasar yang lebih baik tentang bagaimana suatu sistem itu berfungsi dan bekerja. Pengetahuan dalam manajemen proyek juga dapat sangat berguna apabila Anda ingin untuk memajukan karir Anda untuk ke tingkat yang lebih tinggi. Kemampuan untuk berkomunikasi dan bekerja bersama dengan sesama karyawan baik di bidang teknis dan non-teknis juga merupakan syarat yang tak boleh diremehkan.

Apa yang dilakukan Sistem Administrator Untuk perbisnisan Anda ?

Seorang sysadmin : membongkar server dari kotaknya, memasang sistem operasi, ditambal untuk keamanan, memastikan kekuatan dan pendingin udara bekerja di ruang server, dimonitor untuk stabilitas, menyiapkan perangkat lunak, dan terus backup dan setiap di kasus apapun harus dibereskan. Semua untuk melayani Perbisnisan.
Seorang sysadmin : menginstal router, meletakkan kabel, mengkonfigurasi jaringan, mengatur firewall, dan diawasi dan dipandu lalu lintas untuk setiap hop jaringan yang berjalan di atas kabel tembaga, dan serat kaca optik, dan bahkan lewat udara (wireless) untuk membawa Internet untuk komputer Anda. Semua untuk memastikan halaman web menemukan jalan dari server ke komputer Anda.
Seorang sysadmin : memastikan koneksi jaringan Anda aman, terbuka, dan bekerja. Sebuah sysadmin memastikan komputer Anda bekerja dengan cara yang sehat pada jaringan yang sehat. 
Seorang sysadmin : membutuhkan backup untuk menjaga terhadap bencana baik manusia dan sebaliknya, memegang gerbang terhadap ancaman keamanan dan hacker.
Seorang sysadmin : khawatir tentang spam, virus, spyware, tenamun juga listrik padam, kebakaran dan banjir.
Ketika server email mati (Down) pada 2 dini hari pada hari Minggu, sysadmin Anda bergegas bangun, dan pergi bekerja.
Sysadmin merupakan seorang profesional, yang berencana, kekhawatiran, hacks, perbaikan, mendorong, advokat, melindungi dan menciptakan jaringan komputer yang baik, untuk mendapatkan data Anda, untuk membantu Anda melakukan pekerjaan – untuk membawa potensi komputasi semakin dekat dengan kenyataan.
Jadi, apabila Anda dapat membaca ini, berterimakasihlah kepada sysadmin Anda – dan dia hanya salah satu dari puluhan atau cukup ratusan yang karyanya membawa email Anda dari Panam dan Bibi dari Luar Kota, pesan instan dari anak Anda di perguruan tinggi, telepon bebas panggilan dari teman di Australia, dan halaman blog ini.

System Administrator Appreciation Day

Sejak 27 Juli, 2012, secara Internasional dikenal sebagai hari menghargai System administrator yang ke 13, dan dirayakan setiap tahunnya. Pada hari internasional khusus ini, berikan System Administrator Anda sesuatu yang menunjukkan bahwa Anda benar-benar menghargai kerja keras dan dedikasi mereka. (Sepanjang hari Jumat, 24 jam, jadi zona waktu-lokal).
Apakah Anda menyadari bahwa, Administrator Sistem dipandang sebelah mata selama 364 hari dalam setahun. Nah pada hari tersebut tak ada salahnya anda memberikan penghargaan atas pengorbananannya hampir setiap hari, dari jam kantor sampai kemudian jam luar kantor mereka tetap bekerja untuk Anda. 😀
Salam
Be Nice, Be Serve !


Sumber Web Wanajay

Baca :  Kunci Jawaban Tugas Kelompok 3.1 Lengkap Soal dan Jawaban Pelajaran PKN

You may also like