Home / Firmware / Mengaktifkan Fitur Zenmotion Doube Tap To Wake Up di Zenfone 5+

Mengaktifkan Fitur Zenmotion Doube Tap To Wake Up di Zenfone 5+

Cara Menambah Fitur Zenmotion Double Tap to Sleep dan Double Tap to Wake Up di Asus Zenfone – Beberapa waktu yang lalu Zenfone 5 mendapat update terbaru firmware versi 3.24.40.78 yang sudah ada tambahan fitur baru berupa dapat mengmengganti tema dan font tanpa root.

Tapi rasanya masih ada yang kurang, para pengguna masih ingin fitur yang lebih. Salah satu yang sangat user Zenfone idamkan merupakan fitur ZenMotion seperti yang sudah tertanam dari bawaan pabrik pada Zenfone 2.

Memang dahulu admin pernah post dan membahas tentang menambah fitur Zenmotion di Zenfone 5, namun adminngnya hanya dapat digunakan untuk memenonaktifkan layar saja atau sleep.

Nah oleh sebab itu, kali ini admin akan share bagaimana tutorial untuk mengaktifkan fitur tap-tap untuk menyalakan tanpa menekan tombol power.

Fitur ini sangat berguna untuk memperpanjang usia tombol power pada HP kita. Kita tahu betapa penting nya peran tombol power pada smartphone yang notabennya ponsel minim tombol fisik.

Cara Menambah Fitur Zenmotion Double Tap to Sleep dan Double Tap to Wake Up di Asus Zenfon Mengaktifkan Fitur Zenmotion Doube Tap To Wake Up di Zenfone 5+

Atau anda penasaran bagaimana hasil setelah sukses membangkitkan atau Zenmotion untuk mengaktifkan layar dan memenonaktifkan layarnya? Sobat dapat lihat pada video yang sudah admin upload di Youtube Channel admin.

Apa itu ZenMotion?

Salah satu fitur yang saja sebut menarik merupakan fitur Zenmotion yang pertama kali dikenalkan pada ajang CES (Consumer Electronics Show) 2015 yang digelar di Las Vegas, USA.

Fitur ini terbagi menjadi 2 yakni Motion Gesture dan Touch Gesture. Berikut sedikit penterangan perihal kemampuan dan fungsinya :

1. Motion Gesture

Sebagai contoh, ketika kita browsing kemudian shake ata mengocok neng Zeny maka system akan otomatis menyimpan halaman web yang lagi terbuka baru saja kemudian akan memasukannya ke dalam list Do It Later.

Nah anda dapat melanjutkan membacanya lain waktu dengan membuka aplikasi Do it Later yang sudah tersedia.

2. Touch Gesture

Yang ke 2 merupakan fitur Touch Gesture. Dengan fitur ini, maka mecukupkan user untuk menyalakan dan memenonaktifkan ponsel yang dalam keadaan idle hanya dengan mengetuk 2 kali pada layar.

Satu lagi, kita dapat membuka aplikasi hanya dengan menulis di layar. Misalkan kita ingin membuka browser, maka hanya dengan mengusap dan membentuk huruf ‘W’ pada layar maka browser akan terbuka secara otomatis.

Fitur yang kedua inilah yang akan admin bahas dan bagikan ke anda , tepatnya Double Tap to Sleep dan Double Tap to Wake Up. Saya kira cukup, sekarang kita mulai.

Persiapan Syarat dan Bahan

Sebagaimana biasa, sebelum kita eksekusi, ada sedikit syarat yang harus anda penuhi. Daftar dari bahan-bahan tersebut antara lain seperti dibawah ini :
Baca :  Daftar Full Firmware Zenfone 3 ZE5+5+2KL (Z012+D) Marshmallow, Nougat, Oreo

Eksekusi Mengaktifkan Fitur Zenmotion Untuk Memenonaktifkan Layar

Saya anggap semua bahan dan syarat di atas sudah anda penuhi termasuk root dan UBL. Sekarang saatnya untuk pengerjaan memunculkan dan menambah fitur ketuk 2x (dua kali) untuk mengaktifkan Zenfone kita.

“Loh katanya mengaktifkan layar gan. Mana?”

Sabar dahulu, satu persatu. Pertama kita tambahkan Zenmotion di Zenfone 5 kita dahulu. Ikuti saja tutorialnya. Satu lagi, jangan lupa berdoa.
  1. Buka Root Explorer
  2. Cari hasil download file Zenmotionnya dengan nama asus.hardware.touchgesture.double_tap.xml
  3. Setelah ketemu, Copy file tersebut ke System/etc/permision/[disini]
  4. Set permission menjadi rw-r-r atau 0644
  5. Kemudian Reboot

Sekarang buka menu Setting, anda akan mendapati menu baru yakni Zenmotion. Lihat screenshot berikut :

Cara Menambah Fitur Zenmotion Double Tap to Sleep dan Double Tap to Wake Up di Asus Zenfon Mengaktifkan Fitur Zenmotion Doube Tap To Wake Up di Zenfone 5+

Coba anda lakukan percobaan terlebih dahulu. Berikan Checklist pada Screen on / off. Kemudian kembali ke area Home Screen Zenfone anda, kemudian ketuk layarnya 2x screen. Apabilan layar off/mati berarti sukses. Lanjut lagi ke point selanjutnya!

Eksekusi Mengaktifkan Fitur Zenmotion Untuk Menghiupkan Layar

Sebagaimana yang admin katakan diatas dan juga judulnya, inilah langkah akhir dari post ini atau dapat dikatakan final touch dari tutorial ini.

Baik, admin anggap anda sudah berhasil sampai tahap ini. Sekarang tinggal langkah selanjutnya untuk menciptakan Zenfone 5 kita support Doube Tap To Wake Up. Simak langkah-langkah dibawah ini :

Step 1 – Setelah anda download file bahan dipoint sebelumnya, anda akan punya satu file dengan nama “dt2w.img

Step 2 – Kemudian Copy atau masukan file dt2w.img kedalam folder yang berisi ADB dan Fastboot

Step 3 – Matikan Zenfone kemudian masuk ke Droidboot / Fastboot Mode dengan cara menekan bersamaan tombol power + volume up

Step 4 – Kembali ke PC, buka folder ADB dan Fastboot anda

Step 5 – Tekan tombol Shift + Klik kanan, lalu pilih Open command windows here

Step 6 – Setelah jendela CMD keluar ketikan perintah berikut

fastboot flash boot dt2w.img

Step 7 – Tunggu sampai proses selesai ditandai dengan text OKAY di HH

Step 8 – Lakukan Reboot anda

Setelah masuk homescreen waktunya kita cek hasilnya, coba ketuk 2x pada layar HH anda, dan cheers…!!

Sekarang android ASUS Zenfone 5 sudah terinstall fitur milik Zenfone 2. Sobat sudah dapat memenonaktifkan sekaligus menghidupkan layar tanpa menekan tombol power. Lumayan kan tombol power jadi dapat lebih awet.

Tips Tambahan

Untuk memastikan bootloader Unlock atau locked caranya dapat dilakukan dengan step-step berikut :
  1. Matikan Zenfone
  2. Masuk ke Bootloader dengan menekan power+vol up
  3. Lihat pada bagian IFWI Version
  4. Jika Sudah 59.A1 berarti sudah UBL. Artinya tak perlu proses unlock lagi
Baca :  10+ Tips Cerdas Membeli HP Android Second Berkualitas Online

Untuk memastikan berhasil taknya flash custom kernel diatas, silahkan anda buka kernel yang berada di System Information. Jika berhasil maka akan ada text seperti ini “i386_ctp BORETS-….“. Bila belum silakan flash lagi. Ada saran juga dari user Zenfone 5 agar bootloader jangan di lock lagi.

Penting! Tutorial ini sudah admin test di Zenfone 5 Lollipop v3.24.40.78 dan berhasil. Bagi yang akan mengikutinya silahkan dicoba. Namun kegagalan dan resiko yang cukup akan terjadi merupakan tanggung jawab anda sendiri. DO WITH YOUR OWN RISK – DWYOR

Update 1

Kemarin ada seorang teman yang sudah coba tutorial ini di Zenfone 6 dan hasilnya berhasil. Jadi untuk anda yang menggunakan Zenfone 6 dapat diterapkan juga. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Update 2

Request dari Mba Melinda Geminigirl Kernel baru DT2W sudah di posting. Silahkan anda masuk ke artikel Install DT2W di Zenfone Kernel Baru.

Nah sekian yang dapat admin bahas tentang Mengaktifkan Fitur Zenmotion Doube Tap To Wake Up di Zenfone 5, agar dapat mengaktifkan dan memenonaktifkan layar tanpa menekan tombol power di android kita. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat. dan selamat mencoba.

About Erzed