Home Blog Membandingkan Platform Blogging Yang Populer (Medium vs Tumblr)

Membandingkan Platform Blogging Yang Populer (Medium vs Tumblr)

by Erzed
Membandingkan Platform Blogging Yang Populer Mediumvs
Membandingkan Platform Blogging Yang Populer MediumvsTumblr

Membandingkan Platform Blogging Yang Populer (Medium vs Tumblr) – Platform blogging seperti contoh Blogger dan WordPress merupakan platform yang tak sedikit digunakan dalam waktu bertahun-tahun. Setaknya terdapat dua platform blogging yang sedikit lebih baru, yakni Tumblr.com dan Medium.com.

Anda barangkali pernah mendengar bahwa Tumblr lebih digemari oleh semua blogger remaja, sementara Medium lebih kaya digunakan oleh orang-orang yang bekerja di industri teknologi dan media.

Meskipun kedua platform blogging ini dipakai untuk maksud yang sama. Dua-duanya sangat bertolak belakang saat Anda membandingkan  kualitas terbaik dari setiap platform. Berikut ini ialah perbandingan dari kualitas utama yang terdapat pada kedua platform blogging ini.Bagaimana Orang Menggunakannya

Tumblr: Platform blogging yang paling visual. Orang menggunakannya untuk berbagi foto pribadi, kumpulan foto, animasi GIF, dan video. Postingan dalam format teks juga lumayan kerap dipakai di Tumblr, namun konten visualnya yang menjadi keunggulan platform ini.

Medium: Diakui sebagai platform penerbitan berkualitas tinggi. Beberapa pengarang berbakat memakai Medium sebagai media dalam menulis, merangkai konten dari hasil penelitian yang rinci, bahkan kehidupan pribadi. Pengguna Medium tak dapat “me-reblog” postingan dari orang lain layaknya di Tumblr, namun mereka dapat mengurangi ikon hati dalam merekomendasikan suatu konten.Medium mirip dengan Twitter dan tak sedikit blogger berbagi postingan mereka di sana.

Apakah Anda hendak memposting konten visual layaknya foto, video, dan GIF? Jika ya, Tumblr merupakan pilihan terbaik bagi Anda. Tapi seandainya Anda hendak memposting konten dalam format teks, maka Medium merupakan pilihan terbaik.

Fitur Desain
Tumblr: Anda dapat merancang tampilan blog Anda dengan memakai salah satu tema gratisan atau premium dan menyesuaikan nya dengan keinginan Anda. Jika Anda terdapat kemampuan coding, Anda dapat menciptakan pengaturan lebih jauh. Ada ribuan tema Tumblr yang disaapabilan dan dapat menciptakan blog Anda terlihat layaknya situs profesional, menyeluruh dengan sidebars, tombol media sosial, halaman khusus, kolom komentar, dan lainnya.

Baca :  Membuat komentar blog menggunakan facebook

Medium: Ciri khas Medium ialah tampilannya yang bersih dan minim dengan fitur yang terbatas. Tidak seperti Tumblr, Anda tak dapat memasang tema baru dengan sidebars, musik, atau menu untuk mengolah keseluruhan tampilan. Desain blog Medium tampak sangat terlihat seperti Twitter.

Anda dapat memasang foto profil, foto sampul, pemaparan singkat bio yang akan diperlihatkan di blog Anda, sebatas itu.Apakah Anda ingin punya blog yang punya sejumlah pilihan penyesuaian desain dan tema yang unik? Jika ya, maka Anda harus menggunakan Tumblr. Tapi seandainya Anda tak peduli seputar desain dan lebih suka tampilan blog bersih dan minimalis, maka Anda harus menggunakan Medium.

Fitur Blogging
Tumblr: Dikenal dengan jenis posting multimedia yang berbeda. Anda dapat menciptakan posting yang secara spesifik memperlihatkan teks, foto, link, dialog obrolan, file audio atau video. Tumblr baru saja mengenalkan fitur pemformatan Medium-like, yang dapat Anda akses dengan mengurangi tanda tambah (+) ketika Anda mencatat postingan, atau dengan menyorot teks apa pun. Anda dapat menyimpan draf postingan, dan mengaturnya dalam antrian guna diposkan dalam jangka waktu yang dipilih.

Medium: Dikenal dengan fitur pemformatan yang gampang dan intuitif (yang baru saja ditiru oleh Tumblr). Klik tanda tambah (+) saat menciptakan postingan baru dalam menambahkan foto, video, link atau memecah paragraf. Sorot teks apapun untuk menata gaya atau paragraf judul, tambahkan kutipan, atur alignment atau tambahkan link.Itulah pembahasan seputar Membandingkan Platform Blogging Yang Populer (Medium vs Tumblr). Semoga bermanfaat ya

You may also like