Home / Review / Kekurangan Asus Zenfone 3 Max ZC553KL Layar 5.5 inci

Kekurangan Asus Zenfone 3 Max ZC553KL Layar 5.5 inci

Kekurangan Asus Zenfone 3 Max ZC553KL – Mugkin sobat semua sudah melihat iklan smartphone yang tergolong phablet ini lewat brand ambasador Asus : Joe Taslim dan Bunga Citra Lestari. Nah kali kita akan coba listing dan bagikan pada pembaca perihal kelemahan dan masalah Zenfone 3 Max versi Snapdragon.

Asus memang terlihat cukup serius dengan lini Zenfone 3 Max. Ini terbukti dengan adanya peningkatakan spesifikasi yang cukup signifikan dibanding dengan versi sebelumnya.

Mulai dari ditunjuknya Snapdragon yang sebelumnya menggunakan MediaTek, peningkatan kamera, desain fisik, kembalinya tombol kapasitif yang baru sajanya menggunakan tombol virtual, digunakannya teknologi laser, dan lain-lain.

Penasaran apa saja kelemahan dari ponsel berlayar 5.5 inci ini? Mari kita bahas satu persatu!

Suara Speaker Mlempem

Hal pertama yang menjadi kekurangan dari phablet ini merupakan output audio. Jika sobat semua termasuk orang yang suka memainkan musik lewat speaker ponsel, cukup ini akan sedikit mengganggu. Sebenarnya tak ada masalah pada hasil suara yang dihasilkan apabila setelan volume yang digunakan tinggi.

 Mugkin sobat semua sudah melihat iklan smartphone yang tergolong phablet ini lewat brand ambas Kekurangan Asus Zenfone 3 Max ZC5+5+3KL Layar 5+.5+ inci

Namun apabila volumenya diturunkan sampai kemudian titik tertentu, suaranya akan seperti orang yang asmanya kumat. Hampir semua pengguna Zenfone 3 Max seri ini mengalaminya.

Entahlah ini bug dari software atau memang kualitas hardware speakernya yang jelek.

Apakah mengganggu? Jelas! Manusia normal akan cenderung memutar musik dengan volume rendah di suasana sunyi.

Perlindungan Layar Kurang Greget

Sebagaimana kita ketahui Zenfone 3 Max ZC553KL menggunakan layar 5.5 jenis IPS dengan kerapatan pixel mencapai mencapai 401 ppi. Namun sangat diadminngkan, Asus tak melapisi layarnya menggunakan Corning Gorilla Glass sebagaimana ponsel-ponsel lain.

Sangat diadminngkan apabila layarnya yang besar hanya dilapisi Oleophobic Coating. Walaupun dapat mengurangi jejak sidik jari yang cukup tertinggal di layar, namun proteksinya tentu saja jadi kurang greget.

Jadi, apabila sobat semua sudah mantap meminang smartphone ini, pastikan segera melapisinya dengan tempered glass untuk jaga-jaga dari pada menyesal nantinya. Umumnya pengmenggantian layar smartphone memerlukan biaya yang relatif mahal.

Border Hitam

Kekurangan lain pada layar tak hanya tanpa Gorilla Glass. Memang sih bezel dari Zenfone 3 Max ZC553KL terlihat tipis. Ini yang menjadikan bagian depan HP ini mempunyai nilai estetika yang bagus. Screen to body ratio nya mencapai 72.3%.

Namun sangat diadminngkan, ada kekurangan yang yah seharusnya tak perlu terjadi.

 Mugkin sobat semua sudah melihat iklan smartphone yang tergolong phablet ini lewat brand ambas Kekurangan Asus Zenfone 3 Max ZC5+5+3KL Layar 5+.5+ inci

Border / bingkai hitam di sekujur layar nya mengurangi nilai plus yang ada di atas kertas. Memang secara performa tak mengganggu, namun kembali, hal ini mengurangi desain cantik yang disandangnya. Apalagi pada warna silver, border hitam pada layar Zenfone 3 Max ZC553KL akan sangat terlihat terang.

Salah satu trik yang cukup berguna merupakan dengan membeli Zenfone ZC553KL warna Gray untuk menyiasati garis hitam yang membentang dipinggir layar. Bagian depan varian warna ini berwarna gelap jadi akan lebih tersamar.

Bagian Sisi Mudah Retak

Smartphone ini mengusung desain unibodi dengan material metal pada bagian belakang. Namun kita tak akan bahas soal bagian belakangnya. Kelemahan lain ada pada bagian sisi-sisi Zenfone 3 Max versi Snapdragon ini.

Fisiknya ternyata yang kurang prima.

 Mugkin sobat semua sudah melihat iklan smartphone yang tergolong phablet ini lewat brand ambas Kekurangan Asus Zenfone 3 Max ZC5+5+3KL Layar 5+.5+ inci

Ini terbukti dengan kayanya keluhan pengguna tentang retaknya lubang sekrup yang ada dibagian bawah, tepatnya diantara lubang charger sedikit hari setelah pembelian ( lihat gambar diatas untuk lebih terangnya – photo by Kent Ung ), padahal ponselnya tak pernah terjatuh.

Asumsi sementara ini sebab tertekan saat ditaruh di celana. Seharusnya kejadian semacam ini tak perlu terjadi apabila material atau kualitas perakitannya sudah baik.

Sensor Cahaya Labil

Sensor cahaya berguna untuk mengatur pencahayaan otomatis. Jadi ketika kita di area dengan kondisi terang, maka layar akan otomatis meningkatkan kecerahan layarnya. Begitupun sebaliknya, apabila kondisi minim cahaya.

Namun ternyata kemampuan ini tak bekerja dengan semestinya. Ketika opsi kecerahan otomatis dihidupkan, Zenfone 3 Max ZC553KL dapat berubah sendiri. Kadang dapat cerah sendiri, kadang dapat redup sendiri. Sebagai tambahan saja, kekurangan ini juga terjadi pada Zenfone 3 Laser.

Bagaimana solusinya? Atur manual. Caranya :
  • Masuk ke menu Settings
  • Pilih Display
  • Pilih Brightness Level
  • Disable dengan menghilangkan checklist pada Automatic Brightness
Baca :  Jadi Penulis di UC News dan Dapatkan Berbagai Keuntungan!

Atau apabila ingin cara yang lebih simpel lagi dari home screen, sobat semua dapat swipe ke bawah notifikasi panel, lalu disable tombol Auto yang ada di sebelah kiri layar. Selesai!

Belum Support Fast Charging

Selipan nama Max pada Zenfone 3 ini menandakan baterai besar yang diusungnya. Dengan kapasitas baterai 4100mAh pada Zenfone 3 Max ZC553KL ditujukan untuk menyasar pengguna yang mendambakan ponsel Android baterai awet.

Baca juga :

Apakah Zenfone 3 Max versi Snapdragon support fast charging? Sayangya tak! Padahal Snapdragon 430 sudah mendukung Quick Charge 3.0 yang konon dapat mengisi baterai lebih cepat sampai kemudian 3x lipat.

Kalian dapat simpulkan sendiri kan? Ya, dengan kata lain untuk mengisi baterai sampai kemudian 100%, pengguna akan membutuhkan waktu yang cukup lama, setaknya sekitar 3 jam.

Tidak Ada Backlight

Nampaknya Asus masih mempertahankan kekurangan ini. Dari Zenfone generasi pertama ( zenfone 4 / 5 / 6 ) masih berlanjut sampai kemudian generasi ketiga. Backlight yang dapat sangat membantu ketika smartphone digunakan di kondisi yang gelap nyatanya belum ada.

Bagi pengguna smartphone Asus yang sudah cukup lama cukup tak akan kesulitan untuk menekannya sebab sudah biasa dengan keadaan ini. Namun tentunya cukup akan berbeda cerita pada pengguna Zenfone baru yang perlu menyesuaikan.

Bahkan untuk Zenfone 3 tipe ZE520 dan ZE552KL pun yang dibanderol dengan harga yang cukup tinggi belum terdapat backlight pada tombol kapasitifnya. Cukup diadminngkan memang, kebiasaan ini masih berlanjut sampai sekarang.

Tidak Ada Earphone

Lagi-lagi ini kebiasaan lama Asus. Tidak jauh berbeda dengan kekurangan sebelumnya. Untuk pasar Indonesia, Asus masih enggan memberikan eaephone bawaan di paket penjualan. Jadi ingin tak ingin sobat semua perlu menggunakan earphone sendiri.

 Mugkin sobat semua sudah melihat iklan smartphone yang tergolong phablet ini lewat brand ambas Kekurangan Asus Zenfone 3 Max ZC5+5+3KL Layar 5+.5+ inci

Sebenarnya perbisnisan asal Taiwan ini telah mengeluarkan ZenEar, sebuah earphone keren buatan Asus. Namun sekali lagi, sobat semua mesti membelinya sendiri. Harganya sekitar RP. 130 ribuan. Kalian dapat membaca review Asus ZenEar, earphone stylish performa keren.

Tapi sobat semua perlu waspada sebab kaya earphone Asus palsu yang beredar di luar sana. Jadi telitilah dalam membeli barang, alih-alih harganya lebih murah, eh ternyata KW.

Bloatware Melimpah

Bloatware merupakan aplikasi bawaan yang sudah terinstall secara default ( bawaan pabrik ) pada sebuah perangkat atau device termasuk smartphone Android dimana aplikasi ini cenderung kurang / tak berguna bagi penggunanya.

Biasanya bloatware diikutkan oleh produsen sebagai kontrak dengan pihak-pihak yang mempunyai kepentingan dengan vendor tersebut.

Memang sih Bloatware di Android dapat kita hapus atau uninstall. Namun tak semuanya, sedikit aplikasi tersebut dikategorikan sebagai aplikasi sistem. Akibatnya kita sebagai pengguna tak dapat menghapusnya begitu saja. Yah paling mentok di disable app saja.

Saran kita sih buat yang ingin beli ini HP ditunda dahulu. kaya sekali kekurangan dan keluhan dari para pengguna seri ini dan menunggu Asus Zenfone 4 Max Terbaru sebab spesifikasinya lebih tinggi dengan harga yang tak jauh beda.

Kekurangan Lain?

Sementara, ini saja kekurangan Zenfone 3 Max ZC553KL yang dapat kita share. Apabila sobat semua mempunyai kekurangan lain, jangan ragu untuk berbagi lewat komentar dibawah untuk pengetahuan kita semua. Akhir kata, semoga bermanfaat dan berkah. Aaamin!

About Erzed