Home / Aplikasi / Jangan Install UC Browser Jika Masih Peduli Dengan Privacy

Jangan Install UC Browser Jika Masih Peduli Dengan Privacy

UC Browser tracking users search queries are sent without encryption – Teman-teman pasti tahu tentang browser satu ini. Adalah UC Browser besutan negeri China, satu dari sekian kaya browser populer yang tersedia untuk Android.

UC Browser merupakan browser yang dibuat oleh UCWeb yang sebelumnya bernama UC Mobile. UC Browser dirilis dan didirikan di Beijing tepat pada bulan April 2004 dalam format aplikasi Java oleh tim UC mobile LTD yang di nahodai Yu Yongfu yang merupakan CEO UCWeb.

Browser ini mengklaim mempunyai kecepatan diatas rata-rata dan meredusi / mengkompres penggunaan data saat kita browsing.

Keunggulan lain yang biasanya jadi pamungkas merupakan untuk urusan donlot konten di internet, biasa disebut smart downloading.

Pengiriman Data Tanpa Encryption?

Kan kaya + enak tuh donlot file cepet gan. Terus mengapa UC Browser sangat buruk gan? Baik, melihat dari fitur yang ditawarkan bolehlah.

UC Browser tracking users search queries are sent without encryption  Jangan Install UC Browser Jika Masih Peduli Dengan Privacy

Tapi tahukah Kamu?, UC Browser melakukan tracking pada user, dalam hal ini kita sebagai pengguna. Mereka melakukan

Tracking users search queries are sent without encryption to Yahoo India and Google, IMEI number, Android ID, and Wi-Fi MAC address are sent without encryption to Umeng (an Alibaba analytics tool), and users’ geolocation data (including longitude/latitude and street name) is transmitted without encryption to AMAP (an Alibaba mapping tool).

Jika kita terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia maka maksundya seperti ini :

Mereka melakukan pelacakan pada permintaan pencarian ke Yahoo, dan Google, nomor IMEI device kita, android ID, dan alamat fisik Wi-Fi, data Geo lokasi seperti longitude, latitude dan nama jalan. Semua itu dikirim TANPA ENKRIPSI!, kemudian mengirimnya ke Umeng (nama tool analitik dari Alibaba ).

Untuk user yang sangat sensitif terhadap masalah privacy and security on the internet, ini merupakan masalah yang sangat serius.

Penahkan teman-teman mendapati peringatan “Ponsel Anda terinfeksi virus”, “Awas! Android anda terinfeksi trojan, bla bla bla”. Kami yakin pernah!. Lihat screenshot berikut :

UC Browser tracking users search queries are sent without encryption  Jangan Install UC Browser Jika Masih Peduli Dengan Privacy

Kami ambil salah satu komentar di Android Autority, tentang kampanye hitam yang dilakukan pihak aplikasi Android seperti UC Browser dan sedikit pihak lainnya (umumya perbisnisan asal China).

Alasan Lain Kenapa Berhenti Menggunakan UC Browser?

1. Running di Background

Saya paling males kalo ada aplikasi yang running di background. Ngeberatin ponsel, borosin baterai doang. Oleh sebab itu, admin sangat pilih-pilih saat menginstall aplikasi.

Kecuali memang aplikasi yang penting seperti email, admin supayakan running di background.

2. Feeds Engga Penting

Di halaman utama UC Browser, kita akan melihat kaya sekali bookmark kemudian feed yang tak penting untuk admin. Misalnya berita-berita politik, hot, game bla bla bla.

Dan itu reload dan update terus setiap waktu. Hasilnya? Tentunya kuota internet kita jalan terus dibackground.

3. Tidak Bisa Full Clear Data

Nah ini juga yang buat admin males. Jika di aplikasi lain, clear data dapat langsung bersih. Artinya memang benar-benar nol seperti fresh install. Contoh, admin akan clear data aplikasi Youtube, maka setelah clear, maka cache dan data langsung 0.

UC Browser tracking users search queries are sent without encryption  Jangan Install UC Browser Jika Masih Peduli Dengan Privacy

Berbeda dengan UC Browser, yang malah akan keluar dengan popup seperti dibawah ini :

UC Browser tracking users search queries are sent without encryption  Jangan Install UC Browser Jika Masih Peduli Dengan Privacy

Walaupun sudah di ceklis semua, tetap saja akan ada sisa. Silahkan teman-teman dapat  coba mempraktekannya sendiri.

Oleh sebab itu, kita juga sudah pernah menciptakankan artikel daftar Aplikasi Android yang sebaiknya di uninstall.

Bagaimana Solusinya?

Apa yang harus kita lakukan sebagai menggantinya? FIrefox dan Chrome merupakan pilihan tepat untuk mengmenggantian UC Browser. Walaupun sedikit orang terdapat kekhawatiran tentang masalah privasi di sana juga.

Bagaimana? Apakah masih tetap ingin menggunakan UC Browser? Jika memang teman-teman merupakan orang yang cukup kritis untuk masalah privacy dan security pasti akan tahu jawabannya. Oke, itu saja yang dapat kami tulis. Semoga bermanfaat!

About Erzed

Check Also

Mengubah Android ke Mode Malam dengan Gampang 4

Mengubah Android ke Mode Malam dengan Gampang

Terlalu cerah disaat kita memainkan handphone pada malam hari itu sangatlah mengganggu orang yang sekamar …