Install ZenMotion di Asus Zenfone, Kernel Baru DT2W

Update Kernel DT2W Zenfone 5 dan Zenfone 6 – Selamat malam anda ! Sesuai dengan janji kami di komentar-komentar blog pada posting sebelumya tentang update firmware Zenfone 5 Lollipop latest version 3.24.40.87 untuk mengupload kernel baru ZenMotion yang sudah support Double Tap to Wake Up dan Double  Tap to Lock FW tersebut.

Di firmware tersebut menurut admin lebih stabil dibanding dengan firmware yang terdahulu Lollipop v3.24.40.78. Tampaknya sedikit bugs yang sebelumnya muncul sudah diperbaiki dengan baik oleh developer produsen asal Taiwan ini.

Memasang ZenMotion Zenfone 5 dan Zenfone 6

Sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama, ZenMotion pertama kali dikenalkan oleh Asus pada ajang CES 2015 di Las Vegas, United States of America (US), bersamaan dengan dikenalkannya Zenfone 2 sebagai ponsel android dengan RAM 4GB pertama yang pernah ada dan Zenfone Zoom dimana ditujukan lebih ke para penyuka photography.

komentar blog pada posting sebelumya tentang update firmware Zenfone  Install ZenMotion di Asus Zenfone, Kernel Baru DT2W

ZenMotion ini ada 2 macam yakni Motion Gesture dan Tocuh Gesture. Berikut merupakan penterangan dari keduanya :

1. Motion Gesture

Sebagai contoh, ketika kita browsing kemudian shake ata mengocok / mix neng Zeny maka system akan otomatis menyimpan halaman web yang lagi terbuka baru saja kemudian akan memasukannya ke dalam list Do It Later.

Nah anda dapat melanjutkan membacanya lain waktu dengan membuka aplikasi Do it Later yang sudah tersedia.

2. Touch Gesture

Yang ke 2 merupakan fitur Touch Gesture. Dengan fitur ini, maka mecukupkan user untuk menyalakan dan memenonaktifkan ponsel yang dalam keadaan idle hanya dengan mengetuk 2 kali pada layar. Satu lagi, kita dapat membuka aplikasi hanya dengan menulis di layar.

Misalkan kita ingin membuka browser, maka hanya dengan mengusap dan membentuk huruf ‘W‘ pada layar maka browser akan terbuka secara otomatis.

Fitur yang kedua inilah yang akan admin bahas dan bagikan ke anda , tepatnya Double Tap to Sleep dan Double Tap to Wake Up.

Sebelumnya juga sudah admin bahas tentang bagaimana cara untuk mengaktifkan kedua fitur yang ada pada ZenMotion DT2W (tap 2 kali untuk menghidupkan layar) dan DT2L (tap 2 kali untuk mengunci layar). Sobat dapat baca postingnya pada mengaktifkan Fitur Zenmotion Doube Tap To Wake Up di Zenfone 5 / 6.

Nah dipost kali ini akan lebih mudah dibanding langkah-langkah tersebut. Jika diposting tersebut kita melakukannya manual, lewat command satu-persatu, di versi (untuk firmware Lollipop 40.87) ini sudah AUTO.

Artinya anda hanya perlu menjalankan scriptnya, konfirmasi SuperSU dan dan tunggu flashing kernel baru. Selesai!

Hal yang perlu diperhatikan disini merupakan HH anda harus sudah dalam keadaan rooted dan Bootloader HH sudah di unlock. Bagaimana cara rootnya? Sudah pernah dibahas di . Silahkan baca postingan berikut cara root Zenfone 2 / 4 / 5 / 6.

Sebenarnya di dalam paket download ini juga tersedia kompleks. Diantaranya :
  • Auto Install Zenmotion
  • Unlock Bootloader
  • Relock Bootloader
  • Root dan Unroot

Extension dari file-file diatas .bat untuk Windows dan .sh untuk Apple Mac OS. Saya sudah coba .sh di GNU/Linux tak ingin jalan.

Harus mengubah souce code manual apabila ingin lewat operating system GNU/Linux seperti Debian, Ubuntu, serta keturunan dari kedua buah distro tersebut.

Untuk gambaran, ZenMotion Double tap to wake up dan Double tap to sleep dapat anda lihat pada video berikut :

Credits : Larry, XDA, Long Chivas
Thanks : Chandra Bintang dan Handiks

Tambahan

Sesuai dengan  saran yang ditulis Kang Chandra Bintang pada kolom komentar dibawah, pada paket download ini sudah dibuat untuk jalan otomatis. Yang anda perlu lakukan hanya :
  1. Download paket –ada di bawah post
  2. Extract paket download baru saja di PC anda
  3. Jalankan file blabla.bat untuk mengeksekusi script yang ada sesuai dengan apa yang dipilih. Misalkan: admin ingin unlock bootloader, tinggal pilih saja UBL87.bat.
  4. Tunggu dan berdoa
  5. Selesai

Sekian saja yang dapat admin tulis tentang update kernel DT2W ZenMotion untuk Double Tap To Wake dan Double Tap To Lock. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More