Home Komputer Inilah Pengertian dan Perbedaan HDD IDE , ATA ,SATA , dan SSD

Inilah Pengertian dan Perbedaan HDD IDE , ATA ,SATA , dan SSD

by Erzed
Inilah Pengertian dan Perbedaan HDD IDE , ATA ,SATA , dan SSD
Inilah Pengertian dan Perbedaan HDD IDE , ATA ,SATA , dan SSD

Inilah Pengertian dan Perbedaan HDD IDE , ATA ,SATA , dan SSD – Sebagaimana yang kita tahu, suatu komputer atau laptop, tersusun dari bermacam komponen yang mendukung, jadi apabila ada salah satu perangkat yang tak berfungsi normal, maka sangat cukup komputer tersebut tak dapat berfungsi secara maksimal. Dan salah satu komponen atau perangkat tersebut, yang perannya dapat di bilang vital merupakan Hardisk.

Apa itu hardisk?
Nah, sebelum membahas lebih jauh tentang hardisk, tentunya anda harus tahu dahulu kan apa itu hardisk. Dapat diartikan bahwa Hardisk merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan , baik berupa data umum inginpun data sistem yang sifat penyimpanan nya permanen selama perangkat tersebut tak rusak.Jadi, seluruh kegiatan sistem inginpun data dijalankan di Hardisk.

Tipe atau jenis hardisk yang biasa tersemat dalam suatu komputer/laptop

1.IDE ( Integrated Drive Electronics )

Adalah standar interface antara bus data motherboard komputer dengan disk storage. Tipe ini dib uat oleh/BM PC Industry Standart Architecture (ISA) 16-bit bus dan juga merupakan interface storage devices yang biasa di integrasi untuk disk atau CD-ROM Drive. Namun kekayaan orang kaya menggunakan istilah IDE ini untuk merujuk kepada tipe ATA.

Baca Juga: Cara Mudah Bersihkan Debu Di Keyboard Laptop

2.ATA ( Advanced Technology Attachment )

Drive ini merupakan tipe yang biasa dipakai oleh pengguna komputer. Dibuat pada tahun 1986, dengan 16-bit paralel dan terus berinovasi dalam penambahan kecepatan transfer inginpun ukuran disk drive. ATA telah digunakan sebagai standar dan dipercaya selama lebih dari 18 tahun untuk mengontrol peralatan komputer. Kelemahan nya merupakan tipe ini beroperasi pada kecepatan yang jauh lebih rendah.

Baca :  Cara Mempercepat dan Menstabilkan Koneksi Internet

Kabelnya juga terbatas untuk standar sebab hanya berkisar 46 cm. Di sisi lain harga ATA termasuk dalam kategori yang terjangkau dan terdapat kapasitas memori yang besar. Namun adminngnya, untuk saat ini sistem ATA sudah kaya di tinggalkan dalam industri komputer.

3.SATA ( Serial Advanced Technology Attachment )

SATA dikembangkan sebagai desain baru untuk mengmenggantikan ATA secara total. Tipe ini menggunakan 15 pin kabel power 240 mv , yang tentunya membutuhkan penggunaan daya lebih. Meski begitu SATA terdapat kecepatan sebesar 150 MB/sec.Dengan ini Anda dapat memenonaktifkan dan menyalakan komputer tanpa perlu melakukan shut down sebab kemampuan hot-swap nya.

Tapi SATA juga terdapat kelemahan dalam intalasinya sebab tak semua sistem operasi mengenalnya seperti Windows 95 atau 98. Dibutuhkan driver khusus seperti Windows XP. Namun tentunya untuk saat ini tak bakalan ada masalah dengan SATA. Karena tak cukup ada yang masih menggunakan windoss 85 atau 98, di tengah kemajuan teknologi saat ini.

4.SSD (Solid State Disk)

Jika selama ini hardisk yang biasa digunakan terdapat bagian mekanik di dalamnya , maka SSD sudah dibekali teknologi seperti USB Drive atau memory komputer.Tipe ini mulai merambah ke pasaran saat SSD Intel bekerja sama dengan Kingston pabrik asal Taiwan. Diprediksi, bahwa ke depan masyarakat akan lebih kaya menggunakan tipe ini mengingat kaya keunggulan yang dimilikinya.

SSD terdapat keunggulan bobotnya yang ringan , sebab hanya sekitar 50 persen dari bobot hardisk. SSD juga tak memakan daya baterai yang terlalu besar sebab hanya membutuhkan 10 persen dari daya Hardisk. Selain itu, untuk pencarian inginpun transfer file sangat cepat tanpa indexing.

Di samping keunggulan nya, SSD terbilang mahal sebab harga per byte nya mencapai 10 kali harga per byte Hardisk. Kapasitas memori nya juga cukup sedikit. Ini sangat diadminngkan mengingat keberadaan SSD sangat di butuhkan kaya kalangan.

Baca :  Penjelasan Mengenai Program Files (x86) di Windows 64bit

Nah, itulah di atas ulasan yang dapat kami sampaikan untuk menterangkan pengertian ke empat jenis hardisk Dan Perbedaan HDD IDE , ATA ,SATA , dan SSD di atas. Semoga bermanfaat.

You may also like