Home / Blog / Inilah Deretan Tools Google yang Wajib untuk Blogger

Inilah Deretan Tools Google yang Wajib untuk Blogger

Inilah Deretan Tools Google yang Wajib untuk Blogger
Inilah Deretan Tools Google yang Wajib untuk Blogger

Inilah Deretan Tools Google yang Wajib untuk Blogger – Seiring dengan semakin pesatnya para pengguna blogger, maka tak heran apabila pihak Google meluncurkan kaya tools yang dapat membantu atau memudahkan para blogger guna memanajemen serta mengembangkan blognya. Dan tentunya bermacam tools online tersebut dapat dinikmati para blogger secara gratis (walau ada juga versi berbayar nya).

Nah, penasaran ingin tahu apa saja tool yang di maksud? Nah, langsung saja silahkan baca ulasan sekompleksnya berikut ini.

1. Google Keyword Planner

Tools yang satu ini wajib digunakan oleh para blogger apabila ingin blognya berkembang. Google Keyword Planner atau yang kerap dikenal dengan GKP merupakan salah satu tools gratis yang disediakan oleh blogger untuk membantu para pengiklan blog dan para blogger untuk mencari serta menemukan keyword populer yang paling kaya dicari oleh pengguna internet.

Baca Juga: Panduan Mengmengganti Template Blog Tanpa Menurunkan Visitor Blog

Dengan memanfaatkan GKP, Anda dapat melakukan riset, topik apa saja yang lagi diminati oleh pengguna internet. Setelah mengetahui topik yang paling hits, Anda dapat menjadikannya bahan untuk menciptakan konten dengan tema yang lagi hits tersebut. Dengan demikian, blog Anda akan terus up to date.

Untuk memanfaatkan tools ini, Anda tinggal login menggunakan akun gmail Anda. Sangat mudah bukan?

2. Google Analytics

Tools yang satu ini perlu diintegrasikan dengan blog Anda. Dengan menggunakan Google Analytics, Anda dapat mengetahui seperti apa trafik pengunjung blog Anda. Informasi trafik pengunjung ini penting untuk mengetahui seberapa jauh perkembangan blog Anda. Tools dari Google ini pun sangat akurat, kompleks, dan benar-benar detail.

Baca :  Tutorial Membuat Disclaimer di Privacy Policy Online

3. Google Search Console

Google Search Console merupakan tools yang berfungsi untuk membantu para pengelola blog atau situs supaya situsnya mudah ditelusuri oleh mesin pencari Google. Dengan menggunakan tools ini, situs atau blog Anda akan mudah ditemukan oleh mesin pencari. Tools ini menjadi salah satu tools wajib bagi para pengelola blog.

Selain manfaat di atas, tools yang satu ini juga menyediakan bermacam informasi penting terkait interaksi mesin pencari terhadap blog yang Anda kelola. Informasi tersebut meliputi index mesin pencari, jumah backlink, dan masih kaya lainnya.

4. Google Plus

Fitur ini cukup sudah tak asing lagi bagi para pengguna gmail. Google+ terdapat fungsi mirip seperti facebook atau twiiter. Tools tersebut dapat digunakan untuk mempromosikan blog Anda. Melalui Google Plus, Anda pun dapat terhubung dengan orang-orang dalam lingkaran Anda.

5. Google Trends

Google Trend terdapat fungsi yang hampir sama dengan Google Keyword Planner. Tools ini mampu memberikan informasi yang akurat dengan informasi apa yang lagi populer di internet. Informasi tersebut bersumber dari mesin pencari internet. Keberadaan Google Trends ini benar-benar sangat penting untuk para blogger supaya blog mereka dapat terus berkembang dengan cara menyaapabilan artikel-artikel yang lagi booming.

6. Google Translate

Tools yang satu ini juga sudah familiar di kalangan pengguna google. Dengan memanfaatkan tools gratis bernama Google Translate, artikel dalam blog Anda dapat diterjemahkan ke bermacam bahasa sesuai dengan keinginan pengunjung. Saat blog Anda sudah mulai berkembang dan pengunjungnya sudah mencapai negara tetangga, pastikan Anda mengintegrasikan blog atau situs Anda dengan tools Google Translate.

7. Google Adsense

Untuk Anda yang ingin mendapatkan untung dari blog atau situs, maka Google Adsense merupakan salah satu jawabannya. Tools yang satu ini cukup sudah sangat populer bagi para blogger. Google Adsense merupakan tools yang bermanfaat untuk media layanan iklan. Para pengiklan dari seluruh dunia dapat mempromosikan produk mereka dengan kepada pihak google, dan kemudian pihak google bekerja sama dengan para bloger yang menjadi jaringannya guna menayangkan iklan tersebut.

Baca :  Panduan Menulis Konten Artikel Yang Baik Dan Benar

Sebagaimana yang kita tahu, google adsense mampu menjalin kerja sama dengan para blogger di seluruh dunia untuk menjadi publiser. Namun adminngnya, tak semua blog dapat ikut bergabung dalam adsense. Karena google menerapkan persyaratan yang cukup ketat untuk dapat bergabung dalam jaringan adsense.

Nah, demikian di atas 7 tools gratis google yang dapat Anda manfaatkan untuk mengelola blog atau situs Anda. Dengan begitu, blog Anda akan cepat berkembang dan Anda pun akan mendapatkan keuntungannya.

 

About Erzed