Home / Komputer / Inilah Berbagai Penyebab Layar Laptop Blank serta Cara Terbaik Mengatasinya

Inilah Berbagai Penyebab Layar Laptop Blank serta Cara Terbaik Mengatasinya

Inilah Berbagai Penyebab Layar Laptop Blank serta Cara Terbaik Mengatasinya 1

Inilah Berbagai Penyebab Layar Laptop Blank serta Cara Terbaik Mengatasinya – Pada era digitalisasi seperti saat ini, laptop/noetbook tak lagi menjadi barang yang sangat istimewa dan juga berharga. Meskipun demikian, laptop merupakan salah satu barang penting yang terus eksis dan tentunya terdapat peminat yang sangat kaya, sebab memang kaya fungsi/manfaat bagi kehidupan manusia.

Walaupun laptop terdapat kaya kelebihan seperti contohnya mudah digunakan kapan saja dan dimana saja, tenamun juga tak menutup kecukupan kalau laptop juga terdapat kaya kelemahan. Salah satu hal yang menjadi kelemahan laptop pada umumnya yaitu layar LCD-nya yang sangat rentan rusak/blank.

Baca juga: Motherboard – Fungsi, Bagian-Bagiannya dan Cara Merawatnya Agar Awet serta Berfungsi Maksimal

Penyebab Layar Laptop Blank

Dan tentunya, ada kaya hal yang dapat menyebabkan layar laptop menjadi rusak atau blank, yang mana di antaranya merupakan:

1.Adanya masalah pada display driver
Display driver dapat jadi menjadi salah satu hal yang menyebabkan layar laptop Anda blank. Salah satu masalahnya yaitu terjadinya kesalahan teknis pada display driver laptop Anda. Display driver terdapat peran penting untuk menampilkan output pada layar LCD laptop Anda.

Apabila terjadi kesalahan atau gangguan teknis pada display driver, maka tentu saja akan mengakibatkan layar LCD laptop Anda blank seketika. Alhasil, Anda tak akan dapat melihat apapun kecuali warna hitam.

2.Layar LCD laptop Anda mengalami kerusakan
Penyebab berikutnya yaitu layar LCD laptop Anda memang sudah rusak. Adanya kaya hal yang dapat menyebabkan hal tersebut terjadi, salah satunya yaitu pengguna yang tak menjaga laptopnya dengan baik.

Baca :  Cara Mengaktifkan Hibernate di Windows 8/8.1 dan 10

Ini kerap terjadi, pengguna biasanya secara tak sengaja menggoreskan sesuatu pada layar LCD laptop atau menjatuhkan laptop tanpa sengaja sampai kemudian menciptakan LCDnya rusak dan lain sebagainya. Jika hal semacam itu terjadi, maka hanya tinggal menunggu tanda layar LCD laptop Anda blank.

3.Menggunakan program aplikasi yang tak kompatibel dengan laptop
Penyebab berikutnya ditimbulkan melalui program aplikasi pada laptop Anda. Hal ini kerap kali terabaikan oleh para pengguna. Tidak mengetahui benar bagaimana spesifikasi laptopnya, tenamun sudah pasang program aplikasi apa saja sesuai keinginannya. Padahal, program aplikasi tersebut dapat saja tak kompatibel dengan graphic card laptop Anda.

Perlu diketahui, pada saat menjalankan proram aplikasi yang tak kompatibel dengan spesifikasi laptop Anda akan menyebabkan aplikasi tersebut mengalami eror lalu akan menciptakan sistem operasi mengalami crash. Selanjutnya akan sangat berpotensi untuk mengakibatkan laptop Anda eror yang dapat dilihat melalui layar LCD laptop yang tiba-tiba menjadi blank.

Tips Mengatasi Layar Laptop yang Blank

Tiga hal diatas merupakan penyebab layar LCD laptop Anda menjadi blank. Untuk mengatasi layar LCD laptop Anda yang mengalami blank, maka langkah-langkah berikut ini dapat Anda lakukan. Adapun langkah-langkahnya yaitu :

1.Melakukan pengecekkan arus
Tujuan melakukan pengecekkan arus merupakan untuk memastikan penyebab dari layar LCD laptop Anda yang blank. Apabila arus pada laptop Anda baik-baik saja, maka lanjut ke langkah berikutnya.

2.Melakukan pengosongan arus pada laptop
Langkah berikutnya yang harus Anda lakukan yaitu melakukan pengosongan arus pada laptop. Langkah ini dapat dilakukan dengan cara mencabut colokan baterai lapto sambil menekan tombol power yang ditahan selama 30 detik.

Setelah itu, cobalah kembali untuk menyolok lagi baterai laptop Anda, pada kekayaan kasus layar LCD laptop blank, biasanya dapat diatasi dengan menerapkan langkah ini.

Baca :  Tips Mengatasi Hasil Printer Bergaris dengan Cepat

3.Memperbaiki VGA card
VGA card dapat di perbaiki dengan cara mengmengganti chipsetnya dengan memblowernya menggunakan hot gun atau cukup melakukan pengmenggantian bola-bola pin yang terdapat pada dudukan chipset, agar penyambungannya dapat diperbaiki ulang.

Sekedar informasi, biasanya bola-bola pin chipset yang lebih tahan lama yaitu yang menggunakan jenis bahan leaded soldering. Sedangkan untuk jenis bahan free soldering, bola-bola pin chipsetnya lebih mudah mengalami kerusakkan.

Nah, semoga informasi di atas bermanfaat…

About Erzed