Inilah 8 Fungsi Command Prompt pada Komputer yang Harus Anda Tahu

By | May 12, 2019
Inilah 8 Fungsi Command Prompt pada Komputer yang Harus Anda Tahu
Inilah 8 Fungsi Command Prompt pada Komputer yang Harus Anda Tahu – CMD atau biasa disebut Command Prompt merupakan sebuah perintah dos

Inilah 8 Fungsi Command Prompt pada Komputer yang Harus Anda Tahu – CMD atau biasa disebut Command Prompt merupakan sebuah perintah dos yang terdapat di sistem operasi Windows. CMD dibuat untuk memudahkan pengguna untuk lebih mudah mengakses sistem operasi windows, baik itu online ataupun offline.
Kekayaan pengguna, biasanya hanya mengetahui bahwa fungsi aplikasi ini sebatas melakukan pengecekan koneksi saja.

Namun faktanya command prompt ini terdapat segudang fungsi. Nah, ingin tahu fungsi apa saja dari software ini? Berikut jawabnnya.

Fungsi dari Comand Prompt / CMD

1. Dapat digunakan untuk mengecek hardisk
Menggunakan aplikasi CMD dapat dilakukan pengecekkan terhadap kondisi hardisk Anda apakah dalam keadaan baik atau bad sector. Tentu saja agar dapat mengecek hardisk menggunakan CMD maka Anda harus mengetahui perintah yang akan tuliskan pada Command Prompt. Adapun perintah yang dapat Anda tuliskan untuk dapat mencek hardisk Anda yaitu wmic diskdrive get status.

Baca juga:  Inilah Berbagai Penyebab Layar Laptop Blank serta Cara Terbaik Mengatasinya

2. Dapat digunakan untuk melakukan perbaikan bad sector pada hardisk
Cara ini dapat Anda lakukan, apabila dalam pencekkan hardisk yang sebelumnya ditemukan adanya bad sector pada hardisk Anda. Masih dengan menggunakan aplikasi CMD, maka Anda dapat memperbaiki hardisk Anda menjadi seperti semula. Perintah yang dapat Anda jalankan pada CMD untuk memperbaiki bad sector pada hardisk Anda yaitu chdsk /r/f e:.

3. Dapat digunakan untuk mencek status aktivasi windows
Banyaknya jumlah pengguna windows mecukupkan windows yang Anda gunakan belum teraktivasi. Nah, untuk melakukan pengecekkan status aktivasi windows, Anda dapat menggunakan aplikasi CMD. Anda hanya tinggal menuliskan perintah slmgr /dlv pada aplikasi Command Prompt. Tunggulah sedikit saat sampai menu popup yang memberikan informasi seputar windows Anda apakah sudah diaktivasi atau belum.

4. Dapat digunakan untuk menyembunyikan file
Seorang pengguna, tentu saja sangat ingin menjaga privacy miliknya. Tentu saja akan sangat wajar, apabila tak semua file tak diperbolehkan dilihat oleh pengguna lainnya. Nah, untuk menyembunyikan file milik Anda yang tak ingin diketahui oleh orang lain, Anda dapat gunakan aplikasi CMD.

Melalui aplikasi ini, file yang ingin Anda lindungi tersebut tak akan dapat dilihat oleh orang lain. Untuk menyembunyikan file, maka Anda hanya tinggal menuliskan perintah ini pada CMD attrib  +s   +h   E:/CAPCOM.

5. Dapat digunakan untuk memenonaktifkan komputer
Memenonaktifkan komputer tentu bukan lagi hal yang asing bagi Anda. Hanya tinggal mengklik start kemudian pilih shut down, komputer Anda pasti mati. Namun bagaimana apabila memenonaktifkan komputer Anda menggunakan Command Prompt? Sudah pernah coba belum? Kalau memang belum pernah coba, Anda dapat mencobanya sekarang dengan menggunakan CMD.

Untuk mulai mencoba memenonaktifkan atau me-restart komputer Anda dengan menggunakan CMD, maka pastikan jaringan atau koneksi Anda baik. Apabila koneksi jaringan Anda baik, maka Anda tinggal menuliskan perintah slmgr /dlv pada aplikasi Command Prompt.

6. Dapat digunakan untuk memeriksa baterai laptop
Aplikasi Command Prompt juga dapat digunakan untuk memeriksa kondisi terkini baterai laptop Anda. Untuk mengetahui informasi seputar ketahanan baterai Anda dan lain sebagainya, maka tuliskan perintah powercfg energy pada Command Prompt. Dengan begitu, segala informasi yang dibutuhkan seputar baterai laptop Anda dapat diketahui semuanya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Keyboard Laptop Terkena Air

7. Dapat digunakan untuk menjadikan laptop sebagai wifi tanpa perantara software
Laptop tak hanya berfungsi untuk menjalankan wifi saja, namun laptop ternyata juga dapat dijadikan sebagai wifi. Kekayaan orang tak mengetahui hal ini. Kalau pun semisalnya tahu, pasti dengan menggunakan software. Padahal tanpa menggunakan software sekalipun, laptop dapat dijadikan sebagai pemancar wifi.

Caranya mudah saja, Anda hanya tinggal menggunakan aplikasi CMD.
Ketikkan saja perintah berikut ini  netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=namassidanda key=passwordanda pada aplikasi CMD.

8. Dapat digunakan untuk menghentikan aplikasi secara paksa
Tentu saja tak semua aplikasi yang Anda mainkan sesuai dengan selera. Namun meskipun ingin menonaktifkan aplikasi tersebut, terkadang kaya kendala yang harus Anda alami, sesampai kemudian ingin tak ingin harus menghentikan aplikasi tersebut secara paksa.

Dengan menggunakan Command Prompt, Anda dapat menghentikan aplikasi yang tak dibutuhkan tersebut dengan cara paksa.

Ketikkan perintah tasklist untuk memberhentikan aplikasi menggunakan CMD. Memberhentikan aplikasi secara paksa juga dapat dilakukan menggunakan task manager. Namun dengan syarat, task manager Anda tak ter-disable.

Demikianlah pembahasan artikel saat ini tentang 8 Fungsi Command Prompt pada Komputer yang Harus Anda Tahu semoga bermanfaat.