Home Provider Ini Penjelasan Arti Paket Unlimited (Internet) Yang Perlu Diketahui

Ini Penjelasan Arti Paket Unlimited (Internet) Yang Perlu Diketahui

by Erzed
Saat ini menggunakan provider seluler masih populer. Apalagi untuk HP sekarang, apabila tak ada kartu SIMnya rasanya agak kurang praktis.

Saat ini provider kartu SIM di Indonesia punya beragam paket internet yang dapat kita pilih. Dan kian berjalannya waktu, harga yang ditawarkan semakin terjangkau, dengan kapasitas data yang ditawarkan semakin besar juga.

Dan belakangan ini sepertinya Paket internet unlimited semakin kaya kita temukan. Dan ini menimbulkan pertanyaan bagi para pengguna yang masih belum paham, apa arti dari Unlimited ini.

 Saat ini menggunakan provider seluler masih populer Ini Penterangan Arti Paket Unlimited (Internet) Yang Perlu Diketahui

Walau baru terlihat kaya ditemukan belakangan ini, namun sebenarnya paket internet unlimited sudah ada sejak tahun 2010 / 2011 lalu (Kalau tak salah), bahkan cukup sudah ada di waktu-waktu sebelumnya.

Unlimited kalau diterjemahkan dari bahasa Inggris, artinya “Tidak terbatas”.. Tapi benarkah tak terbatas?

Nah, yang perlu diketahui merupakan, pengertian unlimited ini sebenarnya dibagi lagi ke sedikit. Dan disini admin ingin membahasnya, untuk Anda yang barangkali belum paham.

1. Paket Internet Unlimited Kuota

Maksud unlimited kuota disini, merupakan paket dengan kuota yang diakumulasikan ke waktu selanjutnya.

Misalnya, bulan januari Anda dapat kuota 5GB, dan apabila kuota tersebut habis, Anda tak perlu khawatir, sebab bulan berikutnya (Februari) Anda akan mendapatkan lagi kuota 5GB.

Nah, pengertian ini sebenarnya dapat benar dapat tak, tergantung darimana kita melihatnya. Secara kita masih memakai kuota reguler, namun sebab diakumulasikan, jadi dapat dibilang juga sebagai paket unlimited.

2. Paket Unlimited Dengan FUP

Ini paket yang umumnya ditemukan saat ini. Maksud FUP disini merupakan fair usage policy atau kalau diterjemahkan artinya penggunaan wajar.
Sistem FUP ini biasanya memakai kuota. Jadi paket internet dapat dibilang tak akan habis, namun ada batas tertentu, yang kalau habis, akan mengefek ke kecepatan internet.
Contoh mudahnya, misalnya admin beli paket unlimited dengan kecepatan tak dibatasi, dan FUP 10GB. Ketika FUP masih ada, kecepatan yang biasa admin dapat dapat mencapai 20Mbps. Namun setelah FUP habis, kecepatan yang admin dapat maksimal hanya 512KBps saja.

3. Paket Dengan Batasan Speed

Kalau baru saja jenisnya kuota, nah ini jenisnya speed. Jadi berbeda.
Maksud speed disini merupakan, paket yang kita dapat benar-benar unlimited tanpa batasan kuota. Namun speed yang kita dapat terbatas, misalnya hanya 3Mbps.
Paket ini biasanya batasannya hanya masa aktif saja. Misalnya 30 hari. Ketika sudah melewati masa tersebut, maka paket otomatis akan berhenti.

Baca :  Promo Paket Kuota Internet Tri 6GB Gratis Terbaru 2019

4. Paket Dengan Masa Aktif Selama Waktu Tertentu

Untuk paket dengan masa aktif yang ini, biasanya tak terikat dengan batasan speed, inginpun kuota FUP.
Untuk yang ini agak jarang ditemukan, dan biasanya hanya ada dalam periode singkat. Misalnya 1 hari, 3 hari dan seterusnya.
Untuk admin pribadi, admin cukup menyukai paket jenis ini. Karena harganya biasanya relatif murah.

5. Unlimited Situs Tertentu

Nah, dan yang terakhir ini cukup umum ditemukan. Unlimited untuk situs tertentu, misalnya Youtube, Facebook, Instagram dan lain-lain. 
Maksudnya, disini kita dapat bebas mengakses situs yang ditentukan tersebut kapanpun, tanpa batasan kuota inginpun speed.
Biasanya paket ini di-bundling sebagai paket sampingan dari paket kuota reguler, atau sebagai promo pembelian tertentu.

Adakah paket yang benar-benar Unlimited?

Kalau ditanya ada nggak, jawabannya tentu saja ada. Entah itu paket unlimited dalam konteks FUP ratusan / ribuan GB, sampai kemudian paket yang benar-benar tanpa ada batasan, baik kuota inginpun speed.
Contoh paling kerap ditemukan ada di internet fiber. Biasanya paket yang tersedia dapat dibilang benar-benar unlimited.
Dan sebab pembahasan disini merupakan Internet seluler, untuk informasi selanjutnya dapat Anda cari di situs resmi provider yang dipakai.

Penutup…

Begitulah kurang lebih pembahasan tentang arti unlimited internet. Diharapkan dengan artikel ini Anda dapat memahami jenis-jenis internet unlimited yang ada saat ini, dan dapat memberikan informasi yang bermanfaat.
Kalau ada yang perlu ditanya, kirim saja melalui kolom / kotak komentar dibawah.
Sekian.

You may also like