Hati-Hati, Inilah Penyebab Layar Laptop Blank yang Harus Di Waspadai

Hati-Hati, Inilah Penyebab Layar Laptop Blank yang Harus Di Waspadai
Hati-Hati, Inilah Penyebab Layar Laptop Blank yang Harus Di Waspadai

Hati-Hati, Inilah Penyebab Layar Laptop Blank yang Harus Di Waspadai – Di zaman modern ini,  laptop bukanlah menjadi barang yang asing dan mewah lagi. Mulai dari anak sekolah sampai kemudian pekerja kantoran, semuanya hampir mempunyai benda pintar ini. Jika dahulu lebih di dominasi oleh komputer atau PC rumahan, namun di saat ini, di zaman yang menuntut kaya hal dapat di mobilisasi menciptakan laptop semakin eksis dan begitu diminati.

Namun, di balik segala kelebihannya, seperti kekayaan yang terjadi pada alat elektronik lainnya, laptop juga terdapat potensi tinggi dan rentan mengalami masalah atau kerusakan. Salah satu hal yang kerap terjadi, dan dapat berakibat fatal, merupakan saat layar atau LCD nya blank.

Layar laptop blank merupakan keadaan dimana layar laptop tak ada tampilan namun start/lampu pada tombol tombol laptop menyala. Keadaan tersebut memang kerap  terjadi. Kekayaan orang akan panik apabila laptopnya mengalami layar laptop blank. Sebaiknya jangan panik. Walaupun dapat saja kejadian tersebut dampaknya fatal, tenamun terkadang hal tersebut hanya sebab masalah sepele.

Penyebab Layar Laptop Blank

 

1.Terjadi kerusakan pada VGA

Kerusakan pada chipset VGA biasannya dialami oleh VGA laptop yang dedicated, misalnya dari nvidia atau Ati. Umumnya sangat jarang terjadi kerusakan VGA dari Chipset integrated. Kerusakan yang terjadi pada VGA dan juga Graphic vards dapat menjadi penyebab layar laptop anda menjadi blank atau bahkan tak dapat digunakan lagi. Kerusakan pada VGA dapat saja terjadi sebab kesalahan saat menggunakan laptop, atau dapat disebabkan sebab kualitas hardware yang jelek.

2.Ketak sesuaian versi display driver pada laptop anda

Penyebab layar laptop anda mengalami balnk lainnya selain sebab terjadi  kerusakan teknis pada driber display laptop. Hal ini juga dapat terjadi sebab kecukupan display driver yang ada pada laptop anda terdapat versi yang berbeda atau tak sesuai serta tak kompatibel dengan spesifikasi komputer dan juga sistem operasi yang laptop anda miliki.

Baca Juga: Inilah Pengertian dan Perbedaan HDD IDE , ATA ,SATA , dan SSD

Hal ini dapat terjadi sebab memang disebabkan oleh driver display anda terdapat versi yang sudah terlalu lama, dapat juga sebab memang hal ini disebabkan sebab anda salah dalam menginstall display driver yang tak kompatibe dengan sistem operasi dan juga spesifikasi dari laptop  yang anda miliki

3.Menjalankan program/aplikasi tak sesuai dengan spek

Salah satu penyebab layar laptop blank lainnya yaitu sebab menjalankan program/aplikasi yang tidan sesuai dengan spek, misalnya terlalu tingginya atu terlalu rendahnya serta tak kompatibel dengan graphic card. Umumnya, saat anda menjalan program yang tak kompatibel, maka program tersebut dapat bias dan mengalami error, serta dapat menyebabkan system operasi anda menjadi crash.

Jika system operasi sudah mengalami keadaan crash maka dapat berpotensi menyebabkan laptop anda akan hang dan juga error, biasanya terlihat dari layar laptop yang mendadak blank.

4. LCD atau LED laptop anda telah mengalami kerusakan pada hardware

Penyebab lainnya laptop anda mengalami blank atau tak ada tampilannya sama sekali yaitu sebab LCD atau LED laptop anda telah mengalami kerusakan pada hardware.Layar LCD atauled dapat menjadi blank serta mengalami kerusakan hardware sebab kecerobohan yang dilakukan oleh user, saat user tak sengaja menggores serta merusak bagian Lcd dan juga LED laptopnya.

Baca Juga: Pengertian dari 32-bit dan 64-bit pada Windows serta Kelemahan dan Kelebihannya

Hal ini pun juga dapat terjadi saat laptop anda terlalu tertekan oleh benda yag berat, jadi benda tersebut dapat menyebabkan LED atau LCD laptop anda mengalamikerusakan sesampai kemudian akan memunculkan tanda-tanda layar laptop anda menjadi blank.

5.Telah terjadi kerusakan atau masalah pada kabel elastis atu fleksibel pada laptop anda

Layar laptop menjadi blank dapat puladisebabkan sebab adannya kerusakan pada bagian fleksibel alias kabel elastis pada laptop anda. Anda perlu mengetahui, agar layar aptop dapat dibuka tutup dibutuhkan sebuah kabel yang dapat menahan beban yang lumayan besar.

Sesampai kemudian dibuatlah kabel elastis atau fleksibel yang dapat digerakkan dan dapat mendukung laptop yang dapat dibuka tutup seperti saat ini. Namun anda cukup kurang hati-hati sesampai kemudian menyebabkan pada bagian ini terjadi kerusakan dan menyebabkan layar laptop anda hang atau blank.

6. Terjadi Corrupt atau adanya masalah pada file explorer.exe di laptop anda

Selain penyebab diatas, terjadinya corrupt atau adanya masalah pada file explorer.exe di laptop anda juga dapat menyebabkan layar laptop anda menjadi blank. Untuk memunculkan windows explor dan juga dekstop biasanya Anda dapat menggunakan File explorer.

Baca Juga: Perbedaan Antara Laptop, Netbook Dan Notebook

Umumnya, saat laptop anda mengalami corrupt atau juga masalah pada file explorer ini, maka laptop anda akan bermasalah pada layarnya serta terkadang tak akan muncul menu apapun pada layar. Dan salah satu penyebab dari kejadian ini, biasanya disebabkan oleh virus.. Untuk itu sebaiknya, serahkan kepada mereka yang ahli untuk mengatasi masalah ini

7. Terjadi kesalahan teknis pada display driver

Kecukupan lainnya, selain yang di kemukakan di atas, yang juga merupakan penyebab layar laptop anda blank yaitu display driver pada laptop anda mengalami gangguan secara teknis. Display driver  berperan penting dalam menampilkan hasil pemrosesan informasi ke dalam output, salah satunya menampilkan hasil output ke layar laptop anda.

Jika display driver mengalami masalah teknis dan kesalahan, maka hal ini dapat menyebabkan layar laptop menjadi blank, dan anda akan tak dapat melihat apapun di layar laptop anda.

Hal-hal diatas merupakan sedikit penyebab terjadinya layar laptop blank, pada saat lagi menggunakan lapto. Jadi sebaiknya selalu berhati-hati, agar kejadian buruk di atas tak terjadi pada laptop anda. Semoga informasi di atas, dapat bermanfaat.

 

Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More