Home / Info Menarik / Dampak Positif dan Negatif Kenaikan Dolar

Dampak Positif dan Negatif Kenaikan Dolar

Dampak Positif dan Negatif Kenaikan Dolar – Akhir-akhir ini ramai diberitakan kalau kurs dolar terhadap rupiah meningkat. Setelah admin cek di google, ternyata benar saja. Nilai tukar 1 dolar meningkat hampir menyentuh angka 15 ribu rupiah.

Dampak Positif dan Negatif Kenaikan Dolar 1
Sedangkan Kurs Dolar terhadap Mata Uang Negara lain merupakan sebagai berikut : 
1. Ringgit Malaysia
Dampak Positif dan Negatif Kenaikan Dolar 2
2. Baht Thailand
Dampak Positif dan Negatif Kenaikan Dolar 3
Untuk melihat data yang lebih kompleks, silahkan anda cek sendiri di situs https://www.x-rates.com/

Melihat nilai tukar mata uang dolar berada di angka segitu, sebetulnya apa sih dampak yang ditimbulkan dari masalah ini ? Soalnya kaya banget yang keberatan soal kenaikan kurs dolar terhadap rupiah.

Sebelum lanjut membahas soal dampak dari kenaikan dolar, alangkah baiknya kita tau lebih dahulu apa yang menyebabkan dolar naik.

Penyebab Dolar Naik :

Secara umum ada 2 penyebab pasti mengapa dolar dapat naik, yaitu Faktor Internal dan Faktor Eksternal. Faktor Eksternal yang paling umum diketahui merupakan Perekonomian Amerika Serikat yang memang semakin membaik, sesampai kemudian berdampak pada perekonomian negara lain, termasuk Indonesia.

Lalu apa dampak positif dan negatif yang ditimbulkan dari naiknya nilai kurs dolar terhadap rupiah bagi perekonomian Indonesia ?

Dampak Negatif : 

  1. Harga Barang Impor Semakin Meningkat.
    Dampak yang paling menonjol ketika dolar naik merupakan meningkatnya harga barang impor.

    Kenapa dapat meningkat ? Pada umumnya untuk mengimpor suatu barang dari luar, mata uang yang dipergunakan merupakan Dolar. Jika nilai tukar dolar terhadap rupiah lagi meningkat, maka ingin tak ingin kita harus menyesuaikan uang rupiah kita dengan kurs dolar saat itu.

    Nah hal itulah yang menjadi alasan mengapa harga barang impor semakin mahal ketika dolar naik.

    Dampak Positif dan Negatif Kenaikan Dolar 4

    Agar lebih terang, silahkan baca cerita ini :

    Saya biasa membeli pupuk impor dengan harga 30 dolar, pada saat itu anggap saja nilai 1 dolar nya sama dengan 10 ribu rupiah. Sesampai kemudian admin harus mengeluarkan uang Rp. 300.000 rupiah (30 dolar x 10 ribu rupiah) untuk membeli pupuk impor tersebut.

    Dan ternyata sedikit bulan kemudian nilai tukar dolar terhadap rupiah naik, misalnya menjadi 11 ribu rupiah. Sesampai kemudian 11 ribu x 30 dolar = 330 ribu. Maka yang baru sajanya admin biasa membeli pupuk impor dengan harga 300 ribu, naik menjadi 330 ribu sebagai dampak dari naiknya dolar.

  2. Hutang Negara Semakin Berat.
    Dengan meningkatnya kurs dolar terhadap rupiah maka akibat lain yang ditimbulkan merupakan hutang negara kita akan tambah berat. Kenapa dapat begitu ? Karena biasanya hutang suatu negara itu mempergunakan mata uang dolar sebagai patokannya.
    Dampak Positif dan Negatif Kenaikan Dolar 5

    Jadi, seperti pada contoh cerita pupuk impor di atas, hutang negara pun dapat semakin berat sebab dolar naik. Karena negara harus menyesuaikan nilai rupiah dengan nilai dolar ketika akan membayar hutang.

  3. Penjual Barang Impor di Indonesia Mengalami Kerugian
    Para penjual barang impor biasanya membeli barang bukan di Indonesia melainkan dari luar negeri. Sebagaimana yang kita tau kalau ingin mengimpor suatu barang dari luar itu biasanya mata uang yang dipergunakan merupakan mata uang dolar. Jadi ingin tak ingin uang rupiahnya harus ditukar dahulu ke uang dolar menyesuaikan kurs mata uang saat itu.
    Dampak Positif dan Negatif Kenaikan Dolar 6

    Misalnya, Seorang penjual hp biasa mengimpor hp dari China dengan harga 200 dolar perdus. Kita anggap saja nilai tukar dolarnya merupakan 10.000 rupiah, sesampai kemudian harga beli hp tersebut dalam kurs rupiah merupakan Rp 2 juta.

    Lalu, Si Penjual hp ini ingin mendapat untung 10% dari setiap penjualan hp tersebut. Berarti dia menjualnya dengan harga 2 juta x 10% = Rp. 2.200.000.

    Ketika nilai dolar naik maka penjual hp ini pun otomatis akan menaikan harga jual hp tersebut menyesuaikan harga ketika dia membeli hp tersebut menggunakan dolar. Tenamun, ketika harga hp nya dinaikan ternyata hp tersebut tak laku dipasaran sebab dianggap terlalu mahal !.

    Nah apabila sudah seperti itu maka penjual ini akan merugi. 

Dampak Positif :

Tidak selamanya peristiwa naiknya kurs dolar terhadap rupiah berdampak negatif, berikut merupakan dampak positif ketika dolar naik bagi ekonomi Indonesia.
  1. Para Pemilik Dolar akan Untung
    Ketika nilai tukar dolar terhadap rupiah menguat, maka para pemilik dolar biasanya akan berlomba-lomba menukarkan uang dolar miliknya ke mata uang rupiah. Kenapa ditukar ? Karena agar uangnya menjadi berlipat ganda.

    Ini dapat juga disebut sebagai Investasi Dolar.

    Biasanya para pemilik dolar itu merupakan dari kalangan pengbisnis dan juga para Internet Marketer yang di mana mata uang yang digunakan merupakan dolar.

  2. Barang Lokal Akan Laku di Pasaran
    Jika kurs dolar menguat maka dampak positifnya merupakan barang lokal kita akan laku di negara kita. Karena, masyarakat akan cenderung lebih memilih untuk membeli barang lokal yang harganya lebih murah, daripada membeli barang impor yang harganya harus menyesuaikan kurs dolar yang lagi naik.
  3. Para Pelaku Ekspor akan Mengalami Keuntungan
    Berbeda dengan pelaku import yang mengalami kerugian ketika kurs dolar naik, para Pelaku Ekspor justru malah mendapat keuntungan lebih apabila mereka melakukan ekspor barang ke luar negeri saat dolar lagi tinggi-tingginya. Karena harga jualnya akan berlipat-lipat dari biaya produksi barang yang diekspor tersebut.

Nah seperti itulah kira-kira dampak yang akan ditimbulkan apabila kurs mata uang dolar meningkat. 

Mohon maaf apabila kata-kata yang digunakan kurang terang atau susah dimengerti, maklum baru belajar menulis :3. Apabila ada kesalahan informasi, tolong dikoreksi melalui komentar di bawah 🙂
Referensi : 
http://scdc.binus.ac.id/himme/2019/04/dampak-kenaikan-dolar/
https://www.carajadikaya.com/dampak-kenaikan-dolar/
https://www.boombastis.com/keuntungan-dolar-melejit/37798
Baca :  7 Aplikasi Android Teraneh dan Tidak Berfaedah yang Ada di Playstore

About Erzed