Cloud Storage : Teknologi Penyimpanan Online Beserta Benefits-nya

Cloud Storage advantages and disadvantages – Tidak terasa setiap hari yang kita lewati perlahan namun pasti kita mulai menuju era cloud storage. Dengan datangnya teknologi ini, maka kita akan semakin dimudahkan.

Karena Cloud mecukupkan kita access, share, dan save file seperti : Image, Photo, Document, dan sebagainya dimanapun, dari manapun dan kapanpun.

Sebenarnya apa itu cloud storage?
Apa pentingnya teknologi ini?
Apa manfaat menggunakan cloud service?
Apa kekurangannnya?

Apa Yang Dimaksud Cloud Storage?

Mungkin ada yang ketika mendengar kata Cloud, dan itu berhubungan dengan dunia cuaca. Namun bukan itu! Cloud Storage merupakan merupakan sebuah media penyimpanan online, di mana kita dapat menyimpan data pada server virtual yang tersedia.

Karena sifatnya online maka pengaksesannya memerlukan jaringan Internet. Namun Tentu saja filenya berada di komputer dimana kita harus menciptakan akun cloud storage terlebih dahulu.

Cloud Storage advantages and disadvantages  Cloud Storage : Teknologi Penyimpanan Online Beserta Benefits-nya

Sebenarnya, teknologi ini sudah mulai diperkenalkan mulai tahun 1960an oleh John McCarthy, seorang insinyur teknik komputer dari MIT. Hanya saja saat itu belum diterapkan pada jaringan internet seperti sekarang.

Pada tahun 2000an, Amazon sebagai perbisnisan raksasa eCommerce menjadi salah satu yang mempelopori penggunaan Cloud System sebagai jembatan dari layanan eCommerse seperti Amazon Web service.

Di era Android sekarang, sistem Komputasi Awan semakin berkembang. Contohnya Google lewat salah satu servicenya Google Drive.

Benefits of Cloud Computing

Semakin lama semakin kaya data yang kita miliki. Semakin kaya data kita, semakin kaya pula ruang penyimpanan yang kita butuhkan. Itulah yang menjadi persoalan pengguna tablet, komputer dan internet saat ini.

Untuk itu, disinilah pentingnya Cloud Computing. Dengan adanya Cloud Storage, kita tak perlu lagi menyimpan data pada hard drive, CD, Flash Disk ataupun hardware lainnya.

Kita cukup menyimpan data kita pada remote database yang disediakan oleh pihak ketiga, kemudian untuk mengaksesnya menggunaka koneksi internet seperti yang admin katakan diatas.

Contoh sederhanya bebeginilah,

Misalkan seorang yang akan meeting denga client. Nilai proyek yang apabila goal merupakan 8.2 Milyar. Dia sudah meyiapkan presentasi yang akan dibawa ke pertemuan tersebut.

Namun sampainya di hari-H, berkas penting yang seharusnya dibawa untuk presentasi ketinggalan. Dan apa hasilnya? Zonk!

Akan beda cerita apabila berkas tersebut disimpan di Cloud Storage Service. Walaupun berkasnya ketinggalan, dia hanya perlu device yang terkoneksi internet lalu mengambilnya di Cloud Account yang dia miliki. Sangat praktis bukan?

Cloud Storage advantages

Secara garis besar, menggunakan Cloud Storage sebagai media penyimpanan data akan memberikan kita sedikit keuntungan, di antaranya :

1. Convenience

Dengan ini, kita akan dengan mudah mengakses data Kita yang tersimpan pada Cloud Storage dari manapun dan kapanpun. Termasuk di dalamnya mengunduh, membuka, serta editing file.

2. Fast and Efficient

Karena sifatnya yang fleksibel, kita tak perlu repot-repot membawa kaya CD atau membawa hard disk eksternal, sebab data Kita tersimpan pada database virtual.

3. Backup

Keuntungan yang ketiga, dengan kita menggunakan Cloud, kita dapat memanfaatkannya sebagai media backup. Jadi tak perlu kawatir apabila sewaktu-waktu kopmuter, notebook atau device kita bermasalah.

4. Collaboration

Apa artinya? Jadi bila diperlukan, kita dapat berbagi data / share yang tersimpan pada Cloud Storage dengan mudah tentunya dengan permission seperti access, view, dan modify document yang sudah diset sebelumnya.

Keuntungan dan penterangan yang lain dapat juga dibaca pada cara Backup yang baik dan benar.

Disadvantages of Cloud Storage

Meskipun kaya keuntungan yang dapat kita dapatkan, Cloud Storage juga terdapat kekurangan. Apa saja? Beberapa diatantanya sebagai berikut :

1. Security breaches

Contoh nyatanya ketika data di akun dikata dicuri oleh hacker. Atau dapat juga apabila ada kopromi dari pihak server dimana data kita disimpan dengan pihak ketiga yang ingin meminta data-data kita ini menjadi salah satu faktor yang menakutkan. 

Contohnya seperti kasus FBI dan Apple yang belum lama terjadi. Sekompleksnya silahkan dapat googling sendiri.

2. Outages

Kekurangan yang kedua merupakan sisi Cloud Provider itu sendiri. Misalnya saat kita dihadapkan pada kondisi penting, namun server down. Kejadian tersebut dapat saja menjadi mala petaka untuk kita.

3. Storage Limits

Mungkin ketika hard drive lokal pada devices kita hanya dapat menampung sekitar 500GB atau lebih, namun Cloud (biasanya) hanya dapat menampung sekita 5GB.

Aplikasi Cloud Terbaik Untuk Android

Berhubung kita merupakan pengguna perangkat Android, adakah aplikasi yang tersedia untuk cloud? Tentu saja ada, kita sudah buatkan postingnya. Sobat dapat baca pada aplikasi Cloud terbaik Android.

Cloud Storage Video

Jika kita menginginkan lebih, kita harus membayar pada penyedia jasa Cloud tersebut. Tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan. Saya sertakan video berikut untuk referensi agar lebih terdapat gambaran dan memahami Cloud Storage :

Nah itu saja yang dapat kami terangkan tentang Cloud Storage sebagai teknologi digital penyimpanan online masa kini, beserta advantages and disadvantages of cloud computing. Semoga bermanfaat dan berkah!
Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More