Cara Setting Domain Namecheap ke Blogspot Mudah dan Lengkap

By | January 4, 2019

Cara Setting Domain Namecheap ke Blogspot Mudah dan Lengkap, atau yang biasanya dikenal dengan Custom Domain Blog di Namecheap yang mudah disertai dengan video tutorial. Menggunakan blogspot atau blogger kemudian jika ingin mengganti domain menjadi Tld atau .com, .net, .me bisa menggunakan namecheap karena harga domain di Namecheap murah dan pengaturan domain ke blogspot nya juga gampang. Kelebihan namecheap lainnya adalah pembayaran bisa dilakukan lewat Paypal lho. Yuk baca tutorial setting domain blogspot di Namecheap berikut ini agar tidak salah mengatur domain kamu.

Domain blogger yang biasanya .blogspot.com itu dari segi SEO (Search Engine Optimization) kurang bagus meskipun jika nantinya ada backlink, dan optimasi lainnya dapat mendongkrak kualitas blogspot, namun menurut saya pribadi domain TLD seperti .com itu jauh lebih bagus karena nama brand akan mudah diingat oleh pengunjung. Jadi saya sarankan untuk mengganti domain blogspot ke tld ya.

Salah satu penyedia domain .com, .net yang bagus adalah Namecheap karena kemudahan pengaturan, lengkap, dan tentu saja Full Control domain. Lalu bagaimana cara menghubungkan domain namecheap ke blogspot? Caranya dengan rincian sebagai berikut ini:

Cara Setting Domain Namecheap ke Blogspot 2019

Sebelumnya, kamu harus mempersiapkan akun Namecheap dan domain yang ingin kamu pasang. Kamu hanya perlu membeli domain yang sesuai dengan keinginan kamu. Kemudian selanjutnya bisa membaca tutorial berikut ini.

1. Login ke Blogger.com dan pilih blog yang ingin kamu pasang domain ke Namecheap.

2. Pilih Menu Setting, Basic dan pilih menu + Set up a third-party URL for your blog


3. Masukkan domain yang sudah kamu beli di kolom seperti gambar berikut. Catat kode CNAME berikut ini di notepad untuk nantinya di setting di Namecheap.com

4. Catat Kode IP berikut ini di Notepad

216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

5. Selanjutnya silahkan Login ke Namecheap kalian dan klik Domain List kemudian Manage, lihat gambar

6. Setting NameServer untuk 2019 settingan blogspot pilih Namecheap BasicDNS

7. Klik menu Advanced DNS untuk mengatur Record A, CNAME blogspot ke Namecheap agar domain tld bisa terhubung ke Blogger kamu.

8. Pada bagian Host Records atur seperti gambar dibawah ini dengan keterangan sebagai berikut:

a. pilih add new record, Type A Record dengan masing masing IP 
216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21
Pada Bagian Host silahkan dengan diisi nama domain kalian tanpa www, misalkan kajian.me

9. Selanjutnya adalah Buat Record 1 CNAME dengan host domain kamu, dan Target ghs.google.com


10. Buat dua CNAME dengan kode dari blogspot yang sudah dicatat di Notepad tadi. 

Masukkan dibagian pada gambar diatas. Kode dari blogger tadi adalah kode khusus sesuai domain dan Blogspot kamu sendiri. Jadi pastikan untuk mencatatnya.

11. Apabila semua sudah klik centang Biru di sebelah kanan

12. Balik ke settingan yang ada di Blogger / Blogspot kamu dan klik Simpan. 

Jika masih ada peringatan, silahkan Refresh Halaman dan Tunggu 10-15 menit agar domain dapat terhubung ke Blogspot
Itulah artikel tentang Cara Mengatur Domain Blogspot di Namecheap 2019 semoga bisa membantu kamu mengganti domain blogspot.com ke domain .com domain .net dan domain .xyz lainnya. Tutorial ini berlaku untuk 2019 kedepan karena memang sudah ada sedikit perubahan di Namecheap jadi tutorial lama mungkin tidak bisa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *