Home / Tutorial Xiaomi / Cara Pasang TWRP Semua Merk Xiaomi

Cara Pasang TWRP Semua Merk Xiaomi

Apa Itu TWRP?

TWRP merupakan kependekan kata dari Team Win Recovery Project. Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya, TWRP merupakan alternatif custom recovery untuk para pengguna perangkat Android yang tersedia dalam lisensi terbuka.

Berbeda dengan stock recovery, custom recovery dikembangkan oleh pihak ketiga dengan menawarkan kemampuan yang lebih kompleks. Tidak hanya terbatas menghapus data dan memperbarui sistem, custom recovery biasanya diprogram agar terdapat fungsi pencadangan dan pemulihan sistem, pilihan dalam menghapus data supaya tak menghapus seluruh data, dan menginstal paket pembaruan sistem yang berasal dari pihak ketiga.

Dan secara khusus, custom recovery TWRP menawarkan dukungan penggunaan layar sentuh dalam pengoprasiannya, yang mana di stock recovery dan kekayaan custom recovery lain masih menggunakan tombol fisik dalam pengoprasiannya.

Di perangkat Xiaomi, MiFans dapat memasang recovery TWRP apabila perangkat yang digunakan dalam kondisi unlock bootloader. Dan setelah terpasang, pengguna dapat masuk ke mode tersebut dengan menggunakan cara yang sama untuk masuk ke stock recovery.

Untuk Memasang TWRP, DI butuhkan Unlock BootLoader Terlebih Dahulu
Dapat anda cek dalam Postingan admin lainnya.

Apa Saja Kelebihan TWRP Di Banding CWM?

  1. Mendukung Touch Screen – Dengan adanya fitur ini, pengguna tak perlu lagi menggunakan tombol volume untuk menuju menu yang diinginkan dan cukup menekan layaknya telah ada pada beranda ponsel. 
  2. Mendukung File Manager – Apabila pengguna saat ini mengalami bootloop akibat sistem yang hilang, dan untungnya telah terdapat backupan yang ada di SDCard, pengguna cukup memindahkan file backupan baru saja ke sistem melalui File Manager ini. 
  3. Memiliki Beberapa Pilihan Selain Reboot – Jika diperhatikan pada CWM ketika pengguna telah selesai melakukan segalanya, maka step terakhir merupakan klik menu Reboot, lagikan apabila pada TWRP terdapat pilihan dari sebuah Reboot, yang mana pengguna dapat melakukan Power Off dan lain-lain. 
  4. Memiliki Pengaturan Tambahan – Pada TWRP, pengguna akan melihat sebuah icon gear, dan apabila diklik akan menuju sebuah pengaturan tersendiri dari TWRP tersebut. Disiru pengguna dapat mengatur segalanya, salah satunya mengecilkan brightness, dan lain sebagainya. 
  5. Mendukung Kunci Layar – Walaupun ini hanya sekedar recovery, namun telah mendukung kunci layar juga dan pengguna dapat mengatur seberapa lama kunci layar akan dilakukan pada menu pengaturan. 
  6. Mendukung Custom Backup dan Restore – Jadi apabila melakukan backup melalui CWM, pengguna hanya akan dapat melakukan backup semuanya atau dengan maksud merupakan Full Backup, akan tenamun apabila pada TWRP, pengguna dapat melakukan pemilihan backup, sebagai contoh hanya ingin melakukan backup pad data saja dan tak untuk sistem. Begitupula dengan mekanisme restore, pengguna akan disuruh untuk memilih apa saja yang akan direstore.

Cara Memasang TWRP

Cara Pasang TWRP Semua Merk Xiaomi 1
  • Pastikan HP Xiaomi sobat semua sudah Ter-Unlock Bootloadernya
  • Download File Adb TWRP nya Sesuai HP masing masing, Bisa sobat semua download di blog ini, atau di google
  • Taruh File ADB tersebut ke Laptop/Komputer Anda
  • Pastikan Driver Xiaomi anda sudah terinstall di Laptop Anda agar Ter-Detect
  • Masuk Mode FastBoot pada HP sobat semua(Power+Volume Bawah)
  • Colokkan Kabel USB sobat semua dari HP ke PC
  • Buka Folder ADB baru saja, Dan buka file yang Berekstensi/Format .BAT atau Windows Batch File > Contohnya Flash-Redmi 4A TWRP.bat
  • Lalu Kalian Hanya Perlu Tekan Enter Enter saja
  • Maka HP sobat semua akan otomatis di alihkan ke TWRP
Terima Kasih Sudah Berkunjung…

Baca :  Cara Memasang Tema Pihak Ketiga Pada MIUI 9

About Erzed