Home Android Cara Paling Ampuh Untuk Mengatasi Lemot di Android

Cara Paling Ampuh Untuk Mengatasi Lemot di Android

by Erzed
Cara Paling Ampuh Untuk Mengatasi Lemot di Android
Cara Paling Ampuh Untuk Mengatasi Lemot di Android

Cara Paling Ampuh Untuk Mengatasi Lemot di Android – Smartphone terasa sangat cepat saat pertama kali dibeli. Namun seiring berjalannya waktu, performa smartphone mulai menurun. Kekurangan seperti ini sangat wajar apabila di alami pengguna smartphone kecuali smartphone flagship,sebab smartphone lemot dapat di sebabkan oleh kaya faktor,tergantung dari pengguna smartphone itu sendiri.

Namun kamu tak perlu repot lagi tentang masalah smartphone lemot,di artikel kali ini akan di berikan tips ampuh supaya smartphone yang kamu gunakan tak akan lemot lagi.

Sebelum kamu memulai langkah-langkahnya,alangkah lebih baik kamu ketahui terlebih dahulu dari mana sumber masalah tersebut terjadi.

Baca juga: Tips Mudah Merawat Sensor Fingerprint Scanner Pada Smartphone, Agar Tetap Awet

Biasanya masalah smartphone lemot dapat berasal dari aplikasi dan juga bukan dari aplikasi.Kalau kamu tak tahu masalah tersebut terjadi,kamu dapat menggunakan pendeteksi masalah smartphone yaitu aplikasi “Trepn profiler” buatan tim Qualcomm.

Aplikasi ini terdapat kelebihan yang luar biasa,seperti mendeteksi masalah smartphone hanya dengan 1 kali klik,kemudian akan muncul penterangannya dengan rinci.Contohnya menampilkan hasil penggunaan CPU,penggunaan RAM,dan masih kaya lagi fitur lainnya.

Bukan hanya itu saja yang akan kamu ketahui,tenamun Trepn Profiler ini dapat menampilkan aplikasi apa saja yang menjadi penyebab smartphone kamu terasa berat.

Apabila kamu sudah dapat mengetahui sumber masalah tersebut terjadi,maka kamu dapat melihat solusi-solusi berikut ini.

1. Bersihkan bagian sampah stronge

Kebiasan yang kerap terjadi yaitu kerap menginstall aplikasi berkapasitas besar,padahal kebiasaan seperti ini lambat laun akan mengurangi perforna smartphone kamu.

Baca :  Tutorial Mengatasi Update Gagal AoV Error Code: 556793874

Bukan hanya smartphone yang lemot,tenamun dapat juga menyebabkan lebih panas dari sebelumnya,hal ini disebabkan terlalu kekayaan aplikasi yang berjalan.

Untuk cara mudah mengatasinya kamu cukup masuk ke bagian pengatutan>penyimpanan,setelah itu apabila terlihat aplikasi yang menampilkan boros stronge maka hapus saja.

Namun cara ini sangat berbeda pada smartphone lain,contohnya ada yang menggunakan sistem cache,bagi yang tak tahu cache.

Cache merupakan sisa/sampah bekas kamu browsingan,apabila disupayakan menumpuk smartphone dapat teserang lemot.Saran admin hapus cache itu semua pada penyimpanan browsing.

2. Kurangi widget

Cara yang kedua ini kerap di lupakan,mereka kerap memsupayakan widget mereka terpampang pada layar utama smartphone mereka.Semakin kaya widget maka secara otomatis RAM kamu juga akan berkurang.

Sekarang jangan terlalu kerap menginstall widget,kurangilah penggunaan tersebut demi smartphone kamu untuk jangka yang lebih panjang.

3. “Paksa berhenti” aplikasi yang tak terpakai

Memang benar sebelumnya sudah admin katakan,kalau semakin kaya aplikasi yang berjalan maka kinerja smartphone juga akan fulltime.Hal ini biasanya yang dapat mengurangi performa smartphone

Jangan terlalu kaya jalankan aplikasi kalau tak ingin smartphone kamu lemot,contohnya menonaktifkan saja GPS atau lokasi pendeteksi google otomatis

Sedangkan untuk memberhentikan aplikasi sangat mudah sekali,pertama kamu harus masuk ke pengaturan lalu tap manager aplikasi,setelah itu akan terlihat “paksa berhenti” maka tap saja bar seperti itu.

4. Paksa smartphone untuk di RESET

Kalau cara di atas masih gagal atau masih terasa lemot,berarti kamu harus mereset smartphone kamu,hal ini di sebabkan adanya virus yang menyerang atau melekat di smartphone kamu

Solusinya yaitu RESET…
sebelum ngereset smartphone kamu,backup dahulu semua data penting tersebut,kemudian simpan di SD CARD,jangan lupa untuk di cabut.

Baca :  Tutorial Menghapus Semua Foto di Instagram Secara Cepat

Pertama masuk ke pengaturan,pilih cadangkan dan reset,kemudian ikuti saja semua arahan yang di beriakan sesuai spesifikasi smartphone kamu.

Setelah tahap reset berhasil maka smartphone kamu akan terlihat lebih baru lagi dan terhindar dari lemot.

Itulah cara paling ampuh untuk dapat mengatasi lemot di android,semoga bermanfaat.

 

You may also like